Wednesday, March 05, 2014

(mommies journal) Breastfeeding Experience in 1 Year (part.1)

Breastfeeding is the feeding of an infant or young child with breast milk directly from female human breasts (i.e., via lactation) rather than using infant formula. Babies have a sucking reflex that enables them to suck and swallow milk. Experts recommend that children be breastfed within one hour of birth, exclusively breastfed for the first six months, and then breastfed until age two with age-appropriate, nutritionally adequate and safe complementary foods (http://en.wikipedia.org/wiki/Breastfeeding)

Menyusui itu spesial lho buibu. Tahu kenapa? karena ASI adalah yang terbaik untuk bayi, udah diformulasikan oleh Allah SWT sedemikian hingga menjadi asupan terbaik dengan gizi yang tepat untuk bayi.


Walaupun akhir-akhir ini kampanye ASI sedang giat, sebenarnya menyusui adalah salah satu fitrah manusia. Jadi, anggaplah menyusui sebagai hal yang lumrah untuk dilakukan seorang ibu kepada anaknya tanpa merasa berat, walaupun emang kadang menyusui banyak tantangannya loh!

Na sudah mendapatkan hak ASI-nya selama setahun. Namun itu belum membuat saya merasa istimewa soalnya PR jadi ibu masih numpuk, hahaha. Tapi kali ini saya mau sharing pengalaman menyusui selama setahun ini aja deh. Soalnya menyusui adalah salah satu precious & unique moment dalam hidup saya loh. Berikut uraian saya:

1. Saya dan Na gagal IMD. Hehe, saya gak ngeh kalo IMD itu butuh waktu sejam buat bayi belajar menyusu sesaat setelah lahir. Abis malah geli aja Na yang masih ngantuk-ngantuk gitu didekepin ke saya. Mana si ibu dokter juga cuma naruh Na 10 menitan aja buat IMD soalnya katanya Na mau dibersihin. Ck ck ck, berarti kesalahan gak cuma di saya doang kan ya? *cari pembelaan. Belakangan saya baru tahu IMD cukup penting untuk merangsang bayi mencari ASI hehehe

2. Pertama menyusui Na di ruangan bayi (gara-gara gak bisa rooming in) beberapa jam setelah lairan, lagi-lagi saya gagal nyuruh Na nyusu. Wong dia asyik bobo cantik doang, hehehe. Yang janggal, kan ada tuh ibu barengan saya yang juga berusaha nyusuin anaknya sambil ngobrol (lama banget ngajak ngobrolnya, calon ibu telaten deh), eh masa si suster malah bilang, "Ayuk ibu bayinya cepet diajak nyusuin, jangan dibiarin tidur aja." Lah gimane sih, mana bisa bayi baru lair diajak cepet pinter nyusu (sementara saya yakin pasti IMD si ibu juga gak sempurna kaya saya tadi).
Pesan sponsor: semoga tidak terulang lagi di RS Mitr* Keluarga Cikarang.

3. Dua hari baby Na masih belum mau diajak nyusu karena ngantuk mlulu, seorang dokter anak dan perawat udah membujuk rayu suami saya buat tanda tangan persetujuan sufor! Pemahaman kami yang kurang baik soal ASI (bahwa gak masalah dua hari bayi newborn puasa) ditambah ditakut-takutin tenaga medis kalau bayi bisa tinggi bilirubin-nya dan menyebabkan gangguan otak bayi, membuat kami menyetujui pemberian sufor tadi. Ealah pak bu, pengen dagangannya saya beli? mbok ga usah pake bikin cerita horor segala. Pelajaran : jangan langsung percaya kalimat tenaga medis, terutama yang hanya bermaksud mencari keuntungan terselubung.

4. Selama sehari baby Na diberi sufor, tapi tidak membuat kami putus asa. Suami mencarikan berbagai makanan yang dikenal sebagai ASI booster untuk saya. Karena gak bisa menyusu langsung, ASI saya pompa dan saya serahkan ke perawat untuk selanjutnya diberikan melalui botol dot. Awalnya hanya menghasilkan 10ml saja saat sekali pumping hari kedua, namun terus meningkat sampai hari keempat ASI udah mencapai 70~100ml sekali pumping. Dan agak jengkel juga kalo inget jaman saya setor ASI 10ml ke suster waktu itu, kata dia, "Bu, gak bisa nambah lagi, kok dikit banget. Kalau bisa 30ml ya." *entah ini suster udah pernah ngelairin ato belum, mana bisa hari pertama lairan langsung melimpah ASI-nya sekali pompa? Dan lagi, biarpun 10ml itu ASI yang berharga banget karena itu isinya colostrum mbak!
Pelajaran (lagi) : sedih ya kalo inget tenaga medis non-educated begitu?

5. Saya uda lupa pastinya...yang jelas umur 6-7 hari baby Na uda jago banget nyusu. Yang bikin si ibu baru ini shocked, karena sekitar 2-3 jam sekali minta susu, di malam hari, yang bikin saya sukses belajar begadang! Rasanya nightmare banget malam harus begadang kemudian pagi masih ngantuk berat, bener-bener adaptasi besar buat tubuh saya yang emang jarang begadang apalagi selama hamil. Sampai seringkali saya hampir tertidur saat memangku sambil menyusuin baby Na. Bahaya banget kan!? Akhirnya waktu itu saya pakai metode mencari hiburan alternatif biar gak ngantuk. Tengah malam saya jadi doyan nonton FTV (apalagi kalo yang main bagus aktingnya, haha) sama buka Femaledaily dari android! Stay melek jam 11 sampai menjelang Subuh.

6. Suami saya gak pernah gabung milist AyahASI tapi sungguh kasih sayangnya luar biasa sama saya. Walopun masih capek abis ngantor, tengah malam Mas sering ikutan bangun dan membantu memberikan ASIP lewat dot untuk baby Na kala tahu saya udah ngantuk kecapean. Uhuhuhu..super lovely Papa deh!

7. Sehabis lahiran dan cuti hamil, saya rajin mompa loh. Hasil ASIP saya cukup banyak, karena sekali pompa bisa dapat 2 botol exUC ituh. Saking banyaknya, ASIP banyak yang kebuang soalnya saya pake metode LIFO (Last In First Out) buat baby Na. Pikir saya bagusan yang fresh. Lagipula baby Na emang hanya minum ASIP kalo saya bener-bener kecapean aja sih, selebihnya nyusu langsung.

8. Masa-masa awal kembali bekerja, saya masih kipas-kipas karena ASIP masih berjaya. Hmm, saya inget banget konon kata pengawas kulkas ASIP, jumlah ASIP yang saya pulang rekor nomer 2 disitu (dibanding rekan pumping lain) #sombong. Jumlah sekali pumping berapa ya? lupa saya, sekitar 1,5 botol exUC, sementara saya pumping sekitar 4 kali di kantor.

9. Pernah juga hampir kejar setoran soal ASIP. Perkaranya gara-gara mati listrik cukup lama dan pindahan rumah yang bikin saya meragukan kualitas ASIP saya. Pas ngebuang ASIP yang saya anggap 'jelek', nyesek rasanya inget perjuangan mompa yang aduhai (harus buru-buru dalam waktu 15-20menit saja dan menempuh jarak meja kerja dan ruang laktasi yang lumayan). Hiks!

...bersambung ke postingan selanjutnya yaa...

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template