Thursday, March 13, 2014

(mommies journal) Terbaik untuk Anak, atau untuk Siapa?

Nah, sekarang giliran kita yang jadi orangtua. Kita pernah pernah merasakan nggak enaknya jadi anak, kalau diatur . Kita pernah merasakan nggak enaknya dilarang -larang, padahal kita suka kegiatan itu . Kita pernah mengalami dipaksa suruh les ina itu, padahal kita nggak suka . Dan lain- lain. Mungkin saat ini ada beberapa dari kita yang masih ingat rasanya dipaksa untuk mengikuti kemauan orangtua.
(source: mommiesdaily.com/2014/03/11/mom-knows-best/)


Baca artikel di mommiesdaily.com berjudul Mom Knows Best (link tersebut) dan sempat merasa makjleb sebentar. Ya, Na sekarang memang masih kecil dan mungkin keinginannya lebih gampang 'disetir' saat ini, tapi gimana dengan 2-3-4-5 dst. tahun nanti ya? Bagaimana cara saya menentukan mana pilihan terbaik yang tentunya terbaik buat dia.

Kemudian saya teringat,.kebetulan saya dan Mas dibesarkan dengan cara berbeda oleh ibu kami. Misalnya saja soal tata-ruang. Ibu saya paling disiplin urusan penataan ruangan, termasuk kamar tidur saya. Gak boleh kotor. Gak boleh berantakan. Harus rapi. Pun kalau saya ingin memajang foto abstrak ala abege di dinding pun pasti dikomen Ibu seperti sudut mana yang cocok, foto apa aja yang pantas dipasang, dll. Tapi ya dasar abege, kadang di waktu tertentu saya merasa jengkel, merasa semua harus serba rapi, resmi dan diatur. Dongkol kala bingkai-bingkai foto yang uda saya pasang di dinding ditata ulang Ibu saya sewaktu saya lagi di sekolah.
Lain dengan Ibu mertua saya. Kata Mas, Mas sih bebas banget nata kamarnya. Bahkan kalau misalnya males ngerapiin dan berantakan banget pun Ibu gak pernah marah. Paling menasehati saja. Yang pasti Mas bebas mau nempelin stiker atau coret-coret apa aja di dinding. Kamar menjadi area privat yang tanggungjawabnya diberikan sepenuhnya ke pemilik, ya walaupun saat-saat tertentu kalau kotor banget pasti Mas disuruh bersihin juga sih, hehe...

Apa yang kemudian terjadi pada kami? Saya tumbuh terbiasa di ruangan rapi. Saya gak bakal bisa belajar/ kerja/ tidur di tempat berantakan. Jadi jaman kerja hampir tiap pulang/ datang saya pastiin dulu meja saya rapi dan baru konsen kerja. Masuk kamar pun, ngeliat sprei miring aja biarpun udah ngantuk banget gak bakal bisa tidur kalo gak ngerapiin sprei.
Kalau Mas? Urusan tidur kebetulan hal yang gampang buat Mas. Mau sprei miring, bantal berceceran juga kalo ngantuk ya langsung merem #bakat. Tapi untungnya urusan kerja Mas rapi. Mas juga suka heboh ngajak saya rapiin atau bersihin rumah kalau ada yang gak oke di matanya.

Saya rasa walaupun caranya berbeda Ibu dan Ibu mertua saya sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk anak. Menanamkan kedisiplinan. Mengajarkan tanggung jawab. Ya, walau mungkin dulu saya kurang komunikasi jadi sering jengkel, haha,.namun saya sekarang bangga bisa menata barang dengan rapi jali.

Sekarang posisi saya yang jadi Ibu. Entah pola seperti apa yang akan saya pakai dalam mengasuh Na (dan adik-adiknya) kelak. Saya hanya berharap saya dan anak-anak saya bisa memiliki komunikasi yang bagus sehingga dalam memilih sesuatu saya bisa memahami apa yang membuatnya nyaman dan tak egois dalam memberinya pilihan. Serta anak saya juga bisa mengerti apa saja yang dia butuhkan walaupun tampak tak menyenangkan untuknya. Memberi ruang untuk kebebasan berekspresi dan kreatif, tapi tetap disiplin dan bertanggung jawab. *Visi-misi gua keren yak?!


Ah, ck ck ck...tugas jadi orang tua seperti tak ada akhirnya ya?


Wah harus super pede dulu sebelum bisa bilang ini:

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template