Sunday, March 02, 2014

(mommies journal) Gagap jadi Ibu

Suatu hari di pusat perbelanjaan
Temen : "Ih dedeknya lucu banget!", (sambil mendekat ke sebuah trolley bayi)
Saya : "?" (cuek, lebih sibuk liat-liat rak toko)
Teman : "Lucu tau Ar, liat deh." (sambil toel pipi bayi)
Saya: "Huss anak orang jangan asal colek." (berbisik sambil nyeret temen saya untuk pergi)
Teman : "Dadaah dedek..." (asyik melambai ke bayi sambil pergi) "Lucu tauk Ar anak kecil itu. Gak tertarik lu?"
Saya : "Enggak..."


Itulah saya jaman duduk di bangku SMA, kuliah sampai kerja. Hmm, 10 tahun yang lalu #tuaaa. Yang kenal saya pasti tau deh kalo saya gak gampang gemes sama anak kecil. Bahkan lebih dikenal judes sama bocah. Adik saya (yang sekarang kelas 4SD) kala TK pernah bilang saya galak kaya Kak Ros di serial Upin Ipin itu :D

Saya juga gampang kesel banget ngeliat ada balita berisik atau nangis. Pasti dalem hati mbatin, "Duh ibunya gimana sih kok anak rewel dibiarin..." Kepada keponakan yang masih kecil-kecil pun saya cuek, biasa aja melihat mereka lari-larian atau main di halaman jaman ngumpul Lebaran. Jangankan tau gimana cara mandiin bayi atau sekedar pasang diapers, saya aja baru ngajak main ato pegang adik saya waktu umurnya sekitar 2tahun. Hahaaa, sadis saya yah!

Kalau diinget-inget saya jadi merasa bersalah sama istri kakak-kakak sepupu saya, abis mana pernah saya gendong mereka atau sekedar mbantuin kakak saya yang kewalahan masang diapers. Saya malah sibuk sendiri dengan masa abegeh saya. Dibandingkan posisi saya waktu punya baby Na, seringkali adik ipar saya dan adik saya bantuin nungguin Na mainan di babywalker saat saya pergi mandi. Bahkan adik saya yang kecil aja tertarik dan bisa gendong Na. ***aw aw aw jadi malu sendiri

Kadang saya juga heran, kenapa mata batin saya selama ini tertutup melihat wajah polos malaikat-malaikat lucu ini? #ceileBahasane Hihihihi...Baru waktu sekarang jadi Ibu perasaan saya rada lunak gak sesadis jaman gadis. Eh jaman hamil ding. Saya inget pas pacaran si Mas juga udah suka liat anak kecil lewat. Sementara setelah (nikah lalu) hamil saya baru tertarik sama bayi usia 6 bulan yang pake jumper lewat. Baru sadar kalo mereka cute bangeet! Ciyus?

Namun hal ini gak sekedar ketertarikan pada keunyuan bayi, tapi juga merembet ke skill saya sebagai seorang ibu. Makanya abis ngelairin saya gagap banget. Bingung! Liat baby Na masih newborn dan asik tidur saya malah mikir, "Ini diapain ya si Na?"

Pertama ganti popok juga saya diajarin pengasuh baby Na. Kemudian diajarin cara mandiin sama Budhe, lalu diajarin gendong bayi sama perawat RS. Hehehe, saya inget jaman latihan pasang bedong di RS aja si bonekanya kebulet bedong gak karuan! Dan saat pertama nyoba gendong baby Na pun saya ketakutan setengah mati takut dia tergelincir...(ending-nya tereak manggil suster)

Nah akhirnya setelah lama berlatih, saya mulai bisa mandiin baby Na sendiri waktu dia berumur semingguan sampe sekarang. Ini juga berkat si Mas yang mau ngecontohin (walo kata dia masih keren dia dalam hal mandiin bayi, wekeke). But i am proud with him! He's so gentleman. Gak semua ayah di dunia ini yang berani dan mau mandiin newborn baby. Tapi urusan gendong (apalagi pake kain jarik), saya masih angkat tangan deh. Malangnya baby Na yang jarang saya gendong pake kain, hehe...(padahal kata ibu saya bagi bayi gendongan kain itu paling pewe). Mentok kalo baby Na lagi ga enak badan dan butuh dimanja lebih akhirnya saya gendong pake kain tapi yang masang kainnya sih orang lain. Huhu. Kalo jalan-jalan dulu palingan yang saya pake ya baby carrier model ransel aja :D

Itu baru urusan skill fisik. Dari uraian saya di atas jelas saya juga sama sekali gak punya skill menimang bayi, menyanyi untuk bayi, menenangkan bayi menangis atau sekedar mengajak bayi bercanda! What the...ibu macam ape gue yak? hehe. Tapi ya udah deh, terlanjur punya anak masa anaknya mau didiemin aja *wekekeke... Maka sok pede-lah saya ngajak baby Na ngobrol, nyanyi, dll. Lah tuntutan profesi ini namanya. Katanya bayi wajib diberi stimulasi sih, ya moga aja dengan treatment seadanya dari saya uda bener ya. Khawatir dong sama yang namanya tumbuh kembang anak? Amanah dari Allah rek...

Jadi, beginilah saya. Sampai sekarang pun masih 'gagap' jadi ibu. I'd give all of my thumb for other women which had more 'mother-skill' than me... Termasuk para baby sitter belia yang luar biasa sabar ngadepin dan ngurus anak orang lain! Kalian luar biasa!!! *trus nyanyi lagunyaNoah.

Buat para ibu baru yang masih khawatir atau parno ngadepin anak, just think if...you don't need any skill to grow up your baby, you just need one essential thing called love.


0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template