Wednesday, March 05, 2014

(mommies journal) Breastfeeding Experience in 1 Year (part.2)

...lanjutannya yaa...


10. Hebatnya baby Na, selama saya bekerja dia tidak pernah mengalami 'bingung puting', media dot ataupun menyusu langsung tetap membuatnya doyan ASI.

11. Menjelang saya resign, mendadak baby Na malas minum ASIP dari dot! Maunya nyusu langsung karena saya sempat ambil cuti saat pengasuh baby Na mendadak tidak datang. Akhirnya, hal ini makin menambah list alasan mengapa saya memilih resign dan menjadi FTM di rumah. Sejak menjadi FTM, mood saya memompa sudah enggak ada lagi. Saya kembali harus mengatasi mood akibat perubahan kondisi saya ditambah lagi saya berpikir percuma pumping toh baby Na nggak doyan ASIP lagi.

12. Sampai sekarang, Na masih aktif sekali menyusu. Bahkan posisi makanan padatnya belum sanggup mencapai 50% asupan harian Na karena Na masih sering malas makan (kapan-kapan deh sharing soal GTM ini). Karena tentunya masih lapar, teteuuup aja Na doyan menyusu.

13. Eh ada yang kelewat ya? Fase growth spurt (pernah saya bahas juga di blog ini), fase lompatan pertumbuhan yang membuat Na menyusu bisa 3-4 jam non-stop! Kalo uda kena fase ini, sabar semangat aja deh pesan saya :D Seingat saya, sampai usia segini Na ngalamin antara 2-3 kali deh...

14. Awalnya saya cuma bisa nyusuin pake PD kiri, tapi lama-kelamaan bisa ahli keduanya. Eh tapi belakangan lebih kebiasaan pake PD kanan.

15. Kalo gigi Na tumbuh, jangan ditanya deh rasanya ngasih ASI gimana...beuuh! lagi-lagi, belanja stok sabar aja deh.

16. Makanan peningkat ASI saya adalah kacang-kacangan, sayuran.hijau dan habbatussauda.

17. Bener deh kata ibu-ibu, umur 10 bulan keatas, pose bayi saat menyusu bener-bener ajaib. Ilustrasi di bawah ini emang kebanyakan terjadi deh kayaknya.


Jaman remaja, rasanya gak bakal percaya kalau ngasi ASI ke bayi bakal penuh episode ya. Eh sekarang baru tau, ternyata rempong juga cyiin! Seneng sih saya bisa membuat baby Na full ASI selama setahun. Tapi pusing juga kalo umur setahun lebih gini dia masih gak doyan UHT, hehehe...aliasnya masa perjuangan saya masih panjang kaya coklat pasta Choki-Choki.


Teruntuk para ibu yang menyusui anaknya : Ikhlas ya mommies, walopun capek dan (kadang) jenuh, karena ASI sangat penting untuk 2 tahun pertama anak. Justru bergembiralah karena memberi yang terbaik untuk anak sendiri. ASI lebih baik dari sufor semahal apapun!
Jangan lupa, selalu makan bergizi ya buat ibu busui. Happy mom, happy kids!

1 komentar:

  1. aduuuuh mba, bener bgt. Saat menyadari makin besar bayi makin banyak gaya yang diexplorenya. Big hug:)

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template