Friday, January 17, 2014

(mommies journal) What's Your 'ASI booster' Mom?

Yuhuu...bahas ASI (Air Susu Ibu) lagi yuk, biarpun little Na uda gak ASI eksklusif karena uda makan segala macem makanan, tapi susu yang diminum teteeup ASI dong *duta ASI.

Nah, di usia anak yang sudah setahun, tentu frekuensi ASI makin berkurang. Secara emang kebutuhan ASI pada anak juga makin berkurang dan digantikan makanan solid. Tapi pasti dong saya masih inget jaman di mana anak susah makan (masih belajaran MPASI -sampe sekarang juga kadang susah makan sih-), sehingga bikin hati ketar-ketir. "Wah, kalau anak gak mau makan gini, dia dapat nutrisi dari mana dong? berarti ngandalin ASI aja ya?" gitu pikir saya. Padahal produksi ASI di usia anak 1 tahun dan anak umur 6 bulan pasti beda banget. Jaman baby Na masih 6 bulanan mah saya pede abis aja kasih ASI eksklusif. ASI banyak ini. Saking banyaknya jangan tanya berapa kali saya ribet ganti baju atau atasan. Bahkan jaman saya kerja pun, level ASIP di kulkas kantor pun cukup memadai dan bisa dapat rangking 3 besar deh kalo mau dilombain sesama ibu-ibu kantor #sombong. Hehe...

Dan sekarang saya mau nostalgia soal ASI booster yang saya pernah konsumsi dan lumayan ngefek. Check this out,

1. Kacang

Sejak baru lairan, saya uda dibeliin Mas kacang kulit Garuda ukuran sekilo. Demi memperlancar ASI di hari-hari awal yang konon katanya biasanya seret. Dan kebetulan karena saya emang doyan sama kacang dari dulu, maka sampai sekarang pun saya tetep aja doyan nyemil kacang. Gak selalu berbentuk kacang kulit Garuda sih, kadang juga Dua Kelinci #apasih. Maksudnya, bisa juga kacang atom, kacang telur, kacang rebus, kacang asin, dll. Saya emang cinta kacang sih.
NB : Saya gak percaya kacang bikin jerawatan, karena selama saya makan kacang teratur, jerawat gak nongol tuh.

2. Daun Katuk

Ini juga udah beken sebagai pelancar ASI. Waktu lairan Mas sampe bela-belain ke pasar mbeliin daun katuk ini. Kemudian budhe masakin ini (dimasak sayur bening) dan saya dipaksa makan ini sehari satu panci. Hadeh, hadeh...demi dah!
NB :  Kemudian saya pernah baca artikel, katanya sih gak harus daun katuk yang bisa dipake buat ASI booster, karena semua sayur hehijauan bagus untuk ASI. Hehe, jadinya sayur bayam pun bisa aja buat nambah ASI. *tenang, saya juga pecinta sayur bayam #dandanPopeye


3. Jagung
Alhamdulillah lagi. Saya juga doyan jagung. Jadi kalau dulu budhe masakin sayur daun katuk, pasti di dalamnya juga dicampur potongan jagung rebus. Hehe...
Kalau sekarang sih, saya juga masih sering makan jagung. Kadang direbus (kalau jagung manis), kadang dimakan dalam bentuk olahan perkedel jagung (buatan ibu saya mah lovely banget ini). Selain itu saya juga suka beli dalam bentuk cemilan kripik tortila jagung (saya beli yang olahan UKM lokal, rasanya enak dan tidak terlalu banyak perasa seperti buatan pabrik) atau dalam bentuk pop corn. Still yummy!

4. Kacang Hijau

Selain sehat katanya sih ini juga bagus buat ASI. Kalau kacang hijau sih entah kenapa saya lebih suka beli jadi dalam bentuk bubur kacang hijau. Soalnya kalau bikin sendiri atau buatan rumahan kok taste-nya ada yang beda gitu menurut saya... Nah karena ini biasa beli, saya gak terlalu sering amat sih dibanding ASI booster nomer 1,2,3 tadi.

Nah yang di atas kan ASI booster dalam bentuk makanan. Selain itu saya juga akhir-akhir ini minum yang dalam bentuk suplemen. Soalnya makin ke belakang makin gak pede ngeliat hasil produksi ASI. Suplemen yang saya minum ada dua macam:

1. Habbatussauda cap Kurma Ajwa
Jangan nanya kenapa beli merk ini, hehe...soalnya pas beli di toko kebetulan adanya yang merk ini aja. Dulu saya beli harganya Rp 75.000, isi 120 kapsul. Di kemasan tertulis 100% Habbatussauda (Nigelia Sativa) dalam 600mg kapsul.

2. Asifit
Ini juga salah satu jamu populer buat nambah ASI. Diproduksi Kimia Farma. Harga Rp 50.000 isi 30 kaplet. Mengandung : Dry Leaves of Sauropus 114 mg, Vitamin B12 20 mcg, Vitamin B6 15 mg, Vitamin B2 25 mg, Vitamin B1 10 mg.


Saya minum suplemen nomor 1 dan 2 tidak terlalu teratur sih. Kadang tiap hari, kadang (kalo males) dua hari sekali. Saya rada rajin pas Na mendekati umur setaunan ini sih. Kadang saya minum 2 kapsul Habbatussauda + 1 kaplet Asifit. Kadang minum 1 kapsul Habbatussauda + 1 kaplet Asifit. Sesuai mood aja. Kenapa saya minum Habbatussauda lebih banyak? iya, soalnya biar habisnya barengan sebotol itu, kan isi Asifit lebih dikit, hehe...
JamanASI tipis gini, Alhamdulillah ternyata kombinasi dua suplemen itu lumayan membantu. Walaupun saya sebenernya lebih suka makan makanan langsung daripada suplemen begini. Tapi, ya sudah lah, namanya juga mencoba cara cepat. Demi deh!

Sekian sharing dari saya. Semoga semakin banyak para ibu memilih menyusui bayinya dengan ASI ketimbang susu hewan ya ^^

Oh iya, ada foto Na lagi bantu saya bikin sayur bayam nih. Dia bagian metik daunnya. Serius banget kan bantuin saya?!



1 komentar:

  1. Mkm sebenarnya booster asi alami dengan suplemen itu bagusan mana sih kalo dilihat dari segi kandungannya ?

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template