Wednesday, March 26, 2014

(Giveaway) Romantisme Dongeng Anak

Mungkin banyak yang sudah tahu ya, betapa banyak manfaat mendongeng untuk anak. Berikut ini beberapa manfaat mendongeng untuk anak:
sumber : Majalah ayahbunda



Sayangnya saat kecil saya tidak terlalu sering mendapat dongeng dari orang tua saya, hehehe. Kebetulan memang orang tua saya kurang ekspresif untuk mendongeng. Kalo istilah jaman sekarang mungkin kurang romantis gitu. Tapi untungnya jaman dulu ada acara tv yang menayangkan dongeng atau cerita rakyat daerah (inget gak cerita Pangeran Palasara dari iklan susu D*ncow?). Juga terkadang masih nguping siaran dongeng di radio biarpun gak sering-sering amat. Dan Alhamdulillah-nya kok saya itu hobi banget baca. Mulai bacaan anak seperti Bobo dan Mentari. Koleksi perpustakaan di sekolah seperti Cerita Rakyat Nusantara dari berbagai provinsi Indonesia keluaran Balai Pustaka (masih inget banget jaman itu bukunya ada 27 seri, soalnya jumlah provinsi negara ini saat itu 27). Juga buku-buku kumpulan cerita anak dari negara Asia Tenggara. Bagi saya, pengetahuan cerita anak ini amat membekas di hati dan pikiran lho sampai sekarang! Sungguh romantis cerita anak bagi seorang anak kecil.

Nah, lain lubuk lain ladang. Beda banget sama keluarga suami. Mas sering banget didongengin sama orang tua yang keduanya adalah guru. Hampir semua jenis cerita Mas tahu, mulai dari cerita rakyat lokal sampai kisah teladan Nabi dan Rasulullah. Mertua saya sempat bercerita, kadang saking tiap harinya anak-anaknya minta didongengin, maka koleksi cerita mereka sampai habis. Semua dongeng si Mas dan sodara-sodaranya udah hapal. Tak habis akal, mengarang cerita secara langsung-lah Bapak mertua saya. Apa aja jadi bahan cerita. Kebanyakan sih akhirnya keseharian si Mas dan sodara-sodaranya sendiri, api 'disamarkan' pakai nama lain. Begitu sadar kalau dongengnya adalah kisah mereka sendiri, ramailah mereka ketawa-ketawa bersama. Romantis sekali kata si Mas suasana menjelang tidur di keluarga mereka. Tapi ya tapi, kata si Mas sebenarnya suasana itu tercipta juga karena keadaan. Di desa mereka kala itu tidak ada tv, bahkan listrik pun masih jarang. Jadi hiburan yang paling memungkinkan ya dongeng pengantar tidur itu. Nyahahaha...

Trus gimana efeknya di kehidupan kami sekarang? Beda memang antara Mas dan saya (walaupun perbedaan ini semata-mata bukan hanya karena pemberian dongeng tadi sih). Mas lebih piawai membacakan dongeng untuk Na. Sedangkan saya, rada kikuk kalau disuruh bacain buku dongeng (padahal cuma baca doang, gimana kalo disuruh ngarang dongeng ya?). Tapi, sampe seumur gini, saya masih nyimpen hobi masa lalu saya, demen baca dongeng anak. Makanya di lemari buku saya, koleksi buku anaknya lumayan-lah ya. Yang pasti baru saya sadari, saya dan Mas memiliki sisi romantisme masing-masing dari dongeng anak. Dongeng membawa kenangan di hati kami walaupun dengan cara yang berbeda. Itulah mengapa saya percaya dongeng memang salah satu hal yang penting untuk anak.

Trus, apakah kami rutin mendongeng untuk Na? Sayangnya tidak. Kami malah rutin membacakan cerita untuknya kala Na berumur 5-7 bulanan. Soalnya masih manut dianya. Kalau sekarang, menjelang tidur, saya sama Mas aja gak boleh berisik, gak boleh ngobrol. Hmm...#mikir

Semoga ke depannya kami bisa mentradisikan lagi dongeng untuk anak. Cari cara supaya Na excited lagi sama dongeng sebelum tidur. Atau cari cara supaya kelak Na juga suka baca buku, termasuk buku dongeng anak.



***)

Tulisan ini dibuat untuk Giveaway Semua Tentang Dongeng Anak dari Hastira Soekardi. Beliau ini salah satu penulis cerita anak lho! Ini buku karangan dari beliau yang bikin saya mupeng dan penasaran. I wish someday I can be a writer too...

.

4 komentar:

  1. mendongeng utk anak memang banyak manfaatnya ya...

    ReplyDelete
  2. Betul mak, tos dulu dong, buat kita yg ngak pernah dapat cerita dari orangtua ,, T_T ,, malah putri kecilku usia segitu udah muter kemana-mana,, dan usia 8 bulan kemarin saya belikan buku cerita bantal, dan hasilnya sukksess suka dalam sekejap dan menghilang dalam sekejap, hahahahha,, lihat bonekanya aja,, kalau suruh duduk diam,,,uuhh nggak mau krikrikrikrik,,, salam kenal mak _jabat tangan

    ReplyDelete
  3. hahaa....iya anakku juga 'suka sekejap' aja sama buku cerita yang soft book itu. nyahahaha...ckckck...moga gedenya tetep suka baca ya anak-anak. salam kenal juga ya mak!

    ReplyDelete
  4. mak Santi: iya mak...bener banget kalo itu. apalagi kalo cerita dongengnya pas terkenang di hati

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template