Saturday, August 17, 2013

(old day memories) Agustus-an Semasa Kecil

Hari ini saya tidak terlalu merasakan nuansa kemerdekaan. Mungkin karena pikiran saya terlalu dipenuhi oleh masalah pribadi jadi aura perayaan kemerdekaan tidak terlalu terasa. Sangat lain di masa kanak-kanak.
Mari kita ingat kembali sejenak...
1. Upacara Bendera
Saat saya masih kecil, hampir tiap tahun saya tidak melewatkan tayangan upacara bendera (baik pengibaran maupun penurunan) di TV (itu loh yang dari Istana Merdeka). Dan membayangkan sa bisa berjalan sekeren mbak-mbak paskibraka, bahkan sesekal berkhayal jadi si petugas pembawa bendera atau pembawa baki (hehe...sayangnya gak kesampaian). Dan selama sekolah sebagai murid akan selalu dipaksa untuk upacara bendera di sekolah atau alun-alun jam 07.00 pagi (walaupun jaman dulu adalah paksaan, tapi saat ini upacara sungguh menjadi sesuatu yang dirindukan).
2. Karnaval
Selain itu, hal rutin Agustusan adalah karnaval atau pawai. Nah, untuk yang ini saya sudah merasakan jadi peserta ataupun penonton. Menjadi peserta sih kayaknya uda dari jaman TK (saya inget dapat juara peserta tingkat RT hehehe). Beberapa kostum karnaval yang saya pernah pakai adalah ala Kalimantan, Bali, Riau...(yang lain lupa). Pernah juga jadi peserta Marching Band, saya di bagian Colourguard (a.k.a pemain bendera). Mungkin ini yang bagi saya paling seru karena sepanjang jalan tidak hanya jalan 'doang' tapi tangan gerak mainin tongkat bendera warna-warni (ahay, jaman itu ngerasa keren sekali hihihi). Jadi peserta mungkin gak enaknya di sisi pegel dan dandaaan-nya! Gila bisa dandan dari pagi buta terus dipaksa jalan berkilo-kilo sampe kerigetan dan make up belepotan. Walau diselipi bangga karena menjadi bagian dari karnaval yang dilihat warga satu kot. Sedangkan hal yang menyenangkan menjadi penonton adalah kalau kita menonton ramai-ramai dengan teman, dan melihat penampilan teman kita sendiri.
3. Lomba Agustusan
Ini nih menu favorit anak-anak. Lomba Agustusan. Udah dari jaman SD saya jadi peserta, biasanya yang ramai adalah lomba di kampung bersama anak sebaya. Berbagai lomba pernah saya cobain (hehe saya bersyukur sempat mencicipi masa kanak-kanak dengan lomba Agustusan ini). Mulai lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, lari sambil bawa sendok kelereng, memasukkan paku ke botol, pukul plastik air dengan mata tertutup,...*apa lagi ya?* kayaknya yang saya gak ikutan cuma panjat pinang aja deh!
Tahun ini saya masih merasa ada yang kurang dengan perayaan Agustusan. Tapi semoga perasaan kebangsaan saya tidak akan pernah luntur.
Dirgahayu negeriku Indonesia!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template