Sunday, August 18, 2013

(random note - renungan) tidak perlu Judes

Suatu ketika saya pernah ngomel saat mendapat pelayanan tidak ramah dari seorang resepsionis RSUD kota saya. Bayangkan, tugas resepsionis kan melayani pertanyaan tamu, masa malah jutek sama orang nanya. Namun Mas yang mendengar omelan saya berkata, "Trus apa bedanya sama kamu kalau kamu juga ngomel? sama judesnya kan?"

Pernah juga saya miris waktu melihat ibu tetangga depan rumah yang sangat gampang memarahi anaknya. Anaknya memang lumayan hiperaktif dan bikin cape sih. Tapi kuping rasanya gatel aja ndengerin orang yang seolah kerjanya hanya marah dan ngomel saja kan?

Lalu tadi baru saja saya marah sama adik saya. Adik saya laki-laki, masih kelas 4 SD. Lumayan bandel sih, sering manja juga karena anak bontot. Tapi kalau dipikir ngapain juga saya marah seperti itu menghadapi kenakalannya? Mestinya saya harus tenang dan justru menasehati atau mengajarinya dengan cara yang lebih baik bukan? Trus apa bedanya dong sama ibu depan rumah tadi?

Ibu saya pernah bilang supaya saya gak terlalu galak sama adik saya. Karena makin dimarahi malah bikin adik saya makin nakal. Dan uniknya mau saya judes kaya apa dia tetap sayang sama saya (juga sama Mas dan baby Na). Buktinya setengah jam setelah saya omelin aja dia uda minta bobo di kamar yang sama dengan baby Na.

Duh, jadi malu saya. Anak kecil bandel saja bisa menjadi pemaaf. Kenapa saya yang lebih dewasa tidak bisa ya? Karena itu saya teringat lagi nasehat Mas supaya berpikir dulu sebelum berucap, supaya jangan sampai mengucapkan hal yang tak perlu atau tak pantas. Juga nasehat Mas yang selalu mengingatkan saya untuk lebih calm dan elegan menghadapi sesuatu tanpa sekedar marah yang tak jelas.
Maafkan kakak ya dek  :)

NB :
Out of topic
Saya jadi terharu saat ingat ini. Kala itu saya masih baru lulus kuliah dan adik saya masih kelas 2 SD. Saat saya pulang ke rumah, adik saya mengajak saya keliling gang kampung naik sepeda (kebiasaan kami saat saya SMA dan belum merantau). Namun saya nyeletuk bilang kalau takut ntar kulit saya makin gosong kena panas. Tapi saya tetep iya-kan ajakannya naik sepeda. Eh sepanjang perjalanan adik saya memilih melewati pinggir jalanan yang terkena bayangan pohon. Katanya, "Ayok mbak lewat pinggir sini aja biar gak item."

Hiks. Mewek seketika.
Terima kasih ya dek.
Buat adikku : Yusuf Ali Wirayuda, jangan bandel-bandel mlulu yah!
.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template