Saturday, August 17, 2013

(mommies journal) Kisah MPASI baby Na dua minggu ini

Karena saya sekarang tinggal di kampung halaman, kadang di rumah ortu kadang di rumah mertua, jadi saya bisa agak konsen masak MPASI buat baby Na walopun kendala tetap saja ada.
Kali ini mau sharing aja apa yang baby Na coba selama dua minggu terakhir.
1. Pisang (as always, emergency food!)
Ini menu paling mudah untuk mpasi. Apalagi waktu kakeknya abis beli pisang setandan gedhe. Pisang raja. Jadi cukup potek satu, serut pake sendok, langsung deh suapin! Menu pisang ini juga coco untuk dibawa saat bepergian, sangat praktis.
2. Kentang & Ubi (rebus)
Ini juga menu praktis yang lain. Awalnya baby Na amat suka kentang (saya biasanya beli potato baby organics). Namun karena bosan, setelah itu baby Na lebih suka ubi rebus (apalagi kalau Ubi Cilembu). Biasanya cukup di-mashed aja dan baby Na langsung kunyah-kunyah. Nampaknya dia udah gak suka lagi bubur yang terlalu encer, lebih suka ala perkedel aja.
3. Nasi tim saring halus + Sayuran
Ini juga pertama saya cobain makan nasi (nasi saya rebus sampe empuk lalu disaring) dan sayur,dan ternyata baby Na suka loh. Sayur yang pernah saya coba (ganti-ganti) antara lain: bayam, buncis, brokoli, sawi putih, wortel. Ternyata paling suka bayam dan paling gak suka wortel!
4. Oat (merk Quaker Oat)
Ini juga dibikin kalo ga keburu ngerebus nasi, hehe. Dan untuk oat ini, baby Na gak suka dicampur sayur. Maunya oat polos-los.
5. Alpukat
Sempat hampir dua hari baby Na mogok makan per-bubur-an. Si Mas bilang supaya saya kasih alpukat saja (insting seorang Ayah kali ya?) Dan ternyata baby Na akhirnya mengakhiri GTM-nya (Gerakan Tutup Mulut) dan mau menerima suapan alpukat dari saya. Bosen bubur nasi dia!
6. Jeruk
Ini sih atas usulan ibu mertua. Jadi jeruk dicobain, langsung dikenyot ke mulut bayi. Aduh... mungkin karena baby Na berasa ada sesuatu empuk manis seger gitu,dia langsung semangat banget ngenyot. Sampe si Mas kewalahan ngupas kulit jeruknya. Sekali makan abis 3-5 kepingan jeruk. (note : pastikan lambung bayi sehat dan jeruknya manis)
7. Bubur Cerelac (u/ 8months, dengan Oat & Prune)
Akhirnya setelah maju-mundur, dan atas desakan ibu saya akhirnya baby Na saya belikan juga makanan pabrikan (hiks, moga aman deh, jaman saya bayi konon juga saya uda menghabiskan puluhan dus bubur Pabrik hehe). Saya pilih rasa buah dan yang pake gandum. 1, biar mirip bubur oat murni 2, nyari yang manis jadi rasa buah aja. Eh eh dan ternyata baby Na cukup lahap makannya.
Itulah beberapa MPASI yang diincipi baby Na selama dua minggu terakhir. Yah, buat yang baca, ini bukan rekomendasi dari saya (soalnya kalau ngikut saklek buku dan apdet info sebenernya sih ada beberapa yang katanya belum boleh dimakan/ gak bagus dimakan bayi... Tapi secara praktikal susah sekali menerapkannya hehee). Ini hanya sekedar sharing dari saya.
:))
.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template