Sunday, August 11, 2013

(random note - nostalgia) Permainan Anak Masa Lalu

Lebaran...Lebaran... Salah satu acara saya tentunya adalah mudik ke rumah Budhe saya di sebuah desa di Jombang. Budhe ini adalah kakak tertua ibu saya, jadi saat lebaran biasanya adik-adiknya (beserta suami dan anak-anaknya) semua kumpul di situ. Karena sekarang budhe saya ini sudah menjadi 'nenek' (anak dan keponakannya sudah berkeluarga juga), maka rumah menjadi full anak kecil. Termasuk tahun ini, anak-anak kecil berlarian di rumah dengan ramainya.

Waktu saya datang, saya melihat banyak tablet dan hp tergeletak. Oh, rupanya mainan anak-anak sekarang adalah gadget. Hampir semua doyan main game. Memang sih mereka juga main lari-lari juga. Tapi yang membuat saya jadi terkenang adalah saya ingat kalau saya saja baru pegang tablet umur 23 tahun (hahaha). Ya memang sih yang mereka pegang bukan tablet merk premium seperti Galaxy Tab atau iPad, tapi tetap saja itu namanya gadget. Masih umur 3 tahun bo'. Saya jadi merasa 'kehilangan' sesuatu...

Jaman saya kecil (yang saya ingat umur SD), permainan saya adalah mainan tradisional dengan anak-anak tetangga Budhe saya. Ya, saya punya banyak teman masa kecil di desa Budhe saya. Permainan saya, kalau pagi naik sepeda keliling desa. Rasanya amat senang melihat embun di dedaunan nan hijau. Kalau ada teman perempuan saya biasanya diajak main lompat tali (biasanya pakai karet gelang yang dirangkai), petak umpet, gobak sodor, congklak, atau pasaran (pura-pura masak). Sementara kalau saya ngekor kakak sepupu saya yang lelaki, biasanya saya menemani atau melihat mereka main layangan, kelereng atau memancing ikan. Sungguh amat beda sensasinya dibanding sekedar main game.

Permainan tradisional kala saya kecil membuat saya belajar bersosialisasi dengan anak lain, membuat saya berolahraga (loncat, lari, bersepeda). Juga membuat saya lebih mencintai alam karena melihat pemandangan desa yang masih alami amat membuat hati tenteram.
Ah...saya merasa ada yang hilang...

Sumber gambar: permata-nusantara.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template