Thursday, October 17, 2013

(random note - opinion) Prahara Tinggal Bareng

Sebenarnya males sih posting soal beginian di blog, hehe soalnya judulnya mbahas orang lain (mana kenal dekat pula), tapi niatnya mau buat pelajaran diri aja sih.
Oke pakai inisial seperti biasa.
A, ibu muda, umur 21-22 gitu deh. Punya anak masih bayi umur 8 bulan, dan juga maih menyandang status mahasiswa semester 5.
B, adik ipar A, umur hampir sama dan juga mahasiswa semester 5.

Karena keduanya kuliah di kota yang sama, mereka tinggal serumah sekarang. Ngontrak rumah gitu deh. Kakak B atau suami A gak bisa nemenin mereka karena bekerja di kota berbeda. Hanya menjenguk A (serta si bayi) dan B setiap dua minggu sekali. Tapi lumayan banget bo' kata gw secara liburnya seminggu, lumayiiiin banget toh?!

Nah dan namanya perempuan, uda saya tebak (dari beberapa bulan sebelum mereka tinggal bareng ini), bakal akan ada konflik (gw sesepuh urusan masalah 'tinggal-bersama' macem gini soalnya). Dan memang mereka ini baru sebulan dua bulan lah tinggal bersama. Awalnya B kost sendiri, sedangkan A abis cuti panjang karena melahirkan. Nah untuk kepentingan kebersamaan ini lah dicapai kesepakatan keluarga besar untuk mengontrak rumah yang bisa ditinggali bersama.

Yang saya denger konsep awal : A dalam mengasuh bayi dibantu kerabat yang sekaligus kebetulan tetangga, jadi pas kuliah bisa dititipin. Walau kerabat tetep digaji secara yang pasti dititipi bayi seminggu 3-4 kali kalau A ngampus. Termasuk saat A diwajibkan memasak dan membersihkan rumah. B bertugas membantu mengasuh anak A misalkan si kerabat ini tidak ada di rumahnya.

Beberapa kondisi yang saya tau:
A cenderung dinilai orang 'semau gw' kadang. Nitip bayi ke B kadang terlalu lama karena nyantai ngerjain tugas rumahan sambil hepi-hepi gitu.
B punya kebiasaan tidak suka bangun pagi, tidak suka bersih-bersih rumah dan tugas dapur. Terbiasa makan apa-apa hangat dan baru dimasak (maklum kebiasaan bawaan dari rumah dan ada pembantu yang siap masak 24jam)

Itu sih kelemahan mereka yang saya anggap pemicu konflik. Kalau ditanya kelebihan saya juga tahu gak sedikit sih sebenernya. A misalnya. Dia cukup dewasa menjadi ibu muda, gak semenye-menye saya ini. Dia cukup handal dalam menggendong bayi, mengajak main bayi, nyuapin...di usia semuda itu. Dibanding saya yang uda stres duluan kali anak nakal (padahal umur saya lebih tuwir haha). B juga, hebat karena tulus membantu orang lain dan handal mengendalikan bayi (padahal jadi ibu aja belum). B dikenal lebih dewasa dalam bersikap bahkan dibanding A yang biasanya ngalem (manja).

Masalah yang 'konon-katanya' timbul.
1. A terlalu lama nitipin B untuk jaga bayinya saat melakukan kegiatan rumah tangga. Katanya A sering misalnya nyapu sambil apdet status.
2. A tidak mau masak makanan di rumah karena katanya B pemilih makanan yang merepotkan.
3. B merasa sering kelaparan karena A tidak masak apapun (bahkan sekedar masak nasi di magic com)
4. B merasa dititipi bayi terlalu lama sementara dia juga ada kesibukan
Dan sederet masalah lain yang terjadi karena A menganggap B cuek dan tak mau mendukungnya sementara B menganggap A terlalu memberdayakan kedekatannya dengan bayi.

Hoahem....saya sih ndengerin aja keluarga besar yang sibuk dengan ini. Kalo kata saya, ya selama ada tali darah masih agak susah objektif 100% mana masalah perempuan itu lebih ribet lho cyyn....apalagi perempuan masih muda belia gini. Dulu nih, jaman saya denger bakalan A dan B ngontrak rumah bareng, saya uda nyaranin, "sekalian cari ART nginep, yang bisa masak, bersih-bersih rumah dan jaga bayi pas keduanya repot (bayangkan kalo uda skripsi)" Soalnya keduanya saya uda baca kelemahannya, bakal ribet urusan rumah tangga dan perut! Sayangnya sih keluarga besar gak setuju.

Atau opini kedua saya sih, mestinya kalau A diwajibkan mengerjakan semua urusan rumah tangga, kerabat tadi diberdayakan seoptimal mungkin untuk dititipi bayi. Tapi ya repot wong namanya bukan 'pure ART' ya? Jadi B merasa tidak diberdayakan terus-menerus....kasian juga B tidak konsen urusan kampus karena jadi baby sitter dadakan. Tapi kalo ga ada yang bantu A juga keteteran ngerjain semua urusan. Atau opsinya mungkin kerjaan rumah dibagi rata. Saya rasa B juga bisa memilih mengurangi bantuannya menjaga bayi asalkan dia mau masak sendiri. Toh tak ada salahnya perempuan belajar masak walaupun gak bisa.

Tapi ya gitu....biar disini saya tulis panjang lebar kalau ada diskusi ngebahas A dan B saya gak berani nimbrung. Bukan ranah saya dan saya tahu, sulit semua pihak memahami kelemahan dan kelebihan A dan B secara objektif. Ya, kadang hampir bisa. Tapi masih ada sekian persen yang terlewat ;)
Salam!

1 komentar:

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template