Friday, October 04, 2013

(our family story) Legenda Ular Naga

Tau ngga lagu permainan anak jaman dulu?
Ular naga panjangnya bukan kepalang
Berjalan-jalan selalu riang kemari
Umpama lezat inilah yang dicari
Itu dianya yang dibelakang

Nah ngomong soal ular naga, kemarin saya dan baby Na diajak Mas maen ke desa kelahirannya. Salah satu desa di kecamatan Soko, Tuban. Mas bercerita kalau jaman dia kecil desanya masih tradisional sekali. Banyak sekali mitos dari orang jaman dulu. Kemudian kami melewati suatu sungai yang lumayan dalam tapi airnya sedikit. Nah si Mas bilang gini, "Eh Dek, dulu di sini nih ada legenda. Jadi sungai kering ini sebenarnya adalah ekor dari siluman naga. Nah kepala siluman naganya di puncak gunung itu." sambil menunjuk ke gunung di kejauhan.
Ya, memang ada gunung di kejauhan di desa sebelah yang terhubung dengan sungai tadi.
"Wah jaman aku kecil dulu sih kita semua percaya ada naga gitu. Jadi ketakuan banget kalau malam berangkat ngaji ngelewatin jalan dekat sungai ini. Mbayangin naga yang gede banget. Kalo jaman kita kaya mbayangin Godzila kali ya?" lanjut Mas bercerita.

Saya spontan ngakak mbayangin Godzila versi pedesaan Indonesia. Tapi saya seketika mendengar mas cerita di awal, sempat merinding dikit. Ikutan mbayangin buntut naga juga! Ya, bukannya percaya mitos sih. Mana ada siluman naga? tapi karena seketika saya berimajinasi sendiri ikut membayangkan seandainya saya masih kecil dan ditakut-takuti seperti si Mas. Hehe, pasti saya juga lari kalau lewat sungainya!

Trus saya mbayangin, yah, kalo jaman sekarang anak kecil diceritain kaya gitu masih percaya gak ya? soalnya jaman sekarang semua serba realistis. Bahkan anak kecil mungkin tahunya naga cuma di games gadget mereka. Cuma menurut saya dan Mas (jadi diskusi soal dunia anak ceritanya), kok ada yang 'hilang' ya rasanya tanpa dunia anak yang polos. Memang dari satu sisi ada jeleknya, menakuti anak dengan hal yang tidak ada, bahkan bisa juga jadi mendekati syirik ya? (cmiiw) Tapi ada sisi menarik kala saya kecil. Imajinasi yang luar biasa. Saling melemparkan cerita imajinasi bersama teman-teman sebaya. Dan pikiran yang kaya akan dongeng, mitos, legenda....membuat kenangan masa kecil jadi manis saat dikenang sewaktu dewasa.  (buktinya saking terlalu terbawa kenangan saya sampe sempat merinding mbayangin buntut naga tadi, haha).

Baby Na, moga suatu saat nanti (bentar lagi ding), kami bisa ceritakan banyak dongeng untukmu ya! Jadi yang kamu tahu bukan cuma Angry Bird doang :D

PS : udah tau kan betapa banyak manfaat dongeng untuk anak? gak saya bahas sekarang ah. kapan-kapan aja
.
.

1 komentar:

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template