Friday, October 11, 2013

(mommies journal - learning) Belajar dari Ibu, *lope my Mommy! (02)

Selain itu saya juga belajar ingin mewarisi sifat Ibu yang paling nge-hits dibanding sodara-sodaranya yang lain. Soal kebersihan, kerapian dan kerajinan. Ibu saya te-o-pe banget soal ini. Dimanapun rumah Ibu (keluarga saya pindahan ada kali ya 5 kali hehe), mau rumah kecil ato besar, tinggal di desa ato kota, rumahnya selalu bersih dan rapi-jali. Gak ada debu nempel. Semua perabot tersusun rapi dan enak diliat.
Urusan zero-dust ini, ternyata rahasianya telaten saat nyapu. Kalo nyapu wajib bawa sapu, kemoceng dan lap sekaligis! *malu ih inget rumah saya yang debuan, udah gitu yang disalahin jalanan depan rumah lagi! Hehee....ampuuun Mas!

Padahal di antara temen kost sama temen kerja itungannya kamar ato meja saya uda dibilang cukup rapi lho. Walo emang jeleknya saya mood-mood-an, suatu waktu meja atau kamar berantakan, tapi sekalinya rapi maka pasti jadi cling! Tapi itupun masih di bawah standar kerapian Ibu saya, hehe. Ibu mah gak percaya kalau sebenernya di darah saya mengalir gen kerapiannya, hanya sayang tekadnya masih KW2.

Ibu selalu mengajarkan ke saya untuk mengembalikan barang yang selesai dipakai ke tempatnya. Itu salah satu kunci menjaga perabotan yang dimiliki. Kalau yang pernah main ke rumah saya pasti bisa lihat gimana rapinya hasil kerapian Ibu (with or wiyhout ART ya). Isi lemari tersusun rapi, lantai bersih, kamar wangi, dll. Bahkan naruh barang yang jarang/ gak kepake aja rapi loh!

Ibu juga primpen dalam menyimpan barang. Semua barang yang jarang dipakai akan dibersihkan, dibungkus lalu disimpan ke gudang atau diberikan ke orang lain. Karena amat primpen ini, saya bahkan masih bisa melihay tas boneka saya jaman TK, mainan boneka saya dari SD~SMA, foto saya dari jaman bayi sampe nikah, dan beberapa barang memorable bagi saya sejak SD (diary, penghapus koleksi, gantungan kunci kesayangan, dll). Aiih....saya mbayangin saya juga jadi pengen nyimpen beberapa barang baby Na yang sentimentil hihihi.
Trus satu lagi, Ibu saya juga jago memanfaatkan barang tak terpakai untuk hal lain, tapi gak bikin barang itu kaya barang bekas. Nih misalnya kembang plastik jaman mobil nikahan dipake buat hiasan meja rias atau isi vas. Dompet bulu wadah hp yang dulu sempet beken-nya Nokai, jadi tempat perhiasan. Sarung (dulu pernah dapat entah puluhan lusin dari pabrik mitra Bapak, udah dibagi ke banyak orang masih sisa juga) dijadiin sprei kasur, bantal, guling sampe....celana pendek! Toples biskuit (yang non-kaleng) jadi wadah bebek karet kuning (itu loh, temen bayi mandi hehe). Banyak deh gak mungkin saya tulis semua di sini.

#hosh hosh, pegel nulis (soalnya ngetik ulang gegara ilang 80% tulisan saya T.T)

Intinya, i wish i could be like my mom sehingga rumah saya bisa menjadi home sweet home bagi keluarga saya nantinya! Dan kerapian-kebersihan juga penting lho, bagian dari iman, right? Juga bagian menjaga amanah suami (perabotan kan juga aset yang harus dijaga istri).
Mom, so proud to have you!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template