Friday, October 11, 2013

(mommies journal - learning) Belajar dari Ibu, *lope my Mommy! (01)

Pernah baca quote ini:
You will know how your parent love you, when you raise your children.

Iya sih bener banget waktu saya jadi orang tua gini saya baru tahu gimana beratnya jadi orang tua. Karena mengasuh dan mendidik anak sama sekali gak mudah. Perlu banyak belajar, banyak belajar.

Salah satunya yang saya pelajari dari Ibu saya. Saya baru menyadari betapa memang mau berterima kasih sebanyak apa ke Ibu rasanya tak akan cukup. Mungkin baru sekarang ya saya sadar, eh ternyata hamil, melahirkan, menyusui itu gak gampang (bahkan dulu saya kira nyusuin bayi itu gampang). Bahwa menggendong dan menimang bayi juga butuh skill khusus. Dan parahnya saya ini karena saya masuk ke kategori cewek-cuek-sama-bayi. Jaman remaja dulu biarpun ada bayi seliweran (termasuk ponakan) saya belum ada naluri untuk sekedar nyentuh atau ngajak main cilukba! Jadi mungkin jaman sekarang Kakak ipar saya akan bilang, "Nah tuh rasain makanya belajar gendong ponakan!" hihihi....

Dan bagian yang lebih susah lagi adalah perihal soft skill. Gimana belajar menyanyi bersama bayi, ngajak ngobrol bayi, main cilukba, tepuk tangan, joged. (gak mungkin kan bayi kite cuma tongkrongin doang?) Dan bagian mendidik ini yang penting banget soalnya kemampuan motorik, verbal, apalah itu harus diasah dan distimulus sejak bayi (tapi bukan maksa mereka langsung can do everything ya). That's important thing to stimulate your baby, makes her/ she learning everything from their first school, you, as a parent.

Dan kala saya tinggal di rumah Ibu, jadi banyak mommies talk antara kami. Bagaimana Ibu menceritakan perbedaan karakter saya dan adik-adik. Bagaimana saya jaman kecil yang terlalu doyan apa aja (saya makan dengan porsi lebih besar dari mangkok Pigeon yang common itu, pake sendok ukuran toddler padahal saya masih infant. Gimana saya doyan apapun makanan mau instan maupun rumahan. *maruk dari bayi! Bahkan saya kebal sufor merk apapun, tanpa diare maupun alergi)

Selain itu Ibu juga mengajari bagaimana mestinya saya tetap sabar menyuapin baby Na (iye, Ibu saya heran cucunya kalo makan cuma seipriiit!), ngajarin nimang bayi rewel, ngebersihin muka bayi yang belepotan dan ngajarin saya sering-sering ganti baju baby Na kalau keringetan.

Satu poin penting bagi saya di sini, sewaktu Ibu saya bilang, "Untuk mengerti rasanya bayi samakan saja dengan apa yang kamu rasa. Hawa panas gini, kan kamu gak akan nyaman pakai baju panjang, jadi pakaikan baju dan celana pendek ke bayimu. Kalau dingin, ganti celananya, kasih topi atau kaos kaki. Kalau misalkan dia makan dan belepotan, ya kamu tetap harus bersihkan yang belepotan. Emang nyaman kalau muka kamu belepotan? Bayi juga pengen merasa nyaman. Jadi jangan ajarkan bayi jorok."

*jadi merasa bersalah kadang baby Na saltum gak sesuai cuaca atau kalau kurang cepet bersihin muka baby Na yang belepotan*

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template