Tuesday, October 08, 2013

(random note - edisi gemes) Finish Your Meal!

Soal makan-memakan ini, saya lagi gemes. Ceritanya kan saya heran tiap adek saya, Yusuf makan di rumah, pasti selalu nyisa satu sendok nasi di piringnya. Gak pernah dia habisin makanannya. Lalu saya tanya kenapa harus begitu. Jawabnya, "kata Guru di sekolah kalau orang Jawa makannya harus disisain sedikit di piring."
So what? Lah ini guru pagimane sih. First, mestinya dia tau kalau hal semacem itu cuma mitos atau tradisi. Second, ya mau dia percaya ato engga sama tuh mitos, okelah saya maklumin itu hak pribadi dia. Tapi ya mbok muridnya ga usah pake dicekoki mitos yang dia percaya juga lah yaa...

Dan saya termasuk aliran yang gak setuju sama mitos tersebut. Soalnya saya gak nemu jawaban logis dari yang saya tanya, kenapa makan harus disisain? Setau saya jawaban yang saya dapat ada 2 nih.

1, katanya supaya inget anak-cucu, ntar biar kelak anak-cucu gak kelaperan (gak Joko Sembung kayaknya deh).
2, biar inget orang lain yang belum makan (nah ini yang kemudian bikin saya pengeeen debat panjang).
Kalau niatnya supaya ingat orang lain lapar, ya kata saya enggak gitu dong caranya. Misalkan nih di suatu keluarga ada 7 orang. Tiap orang berujung makan nyisain 1-2 sendok nasi, nah kan kalo dikumpulin dapat dong sepiring nasi. Trus masak nasi bekas sisa gitu mau dikasih ke orang laper? (emang situ mau nasi bekas?) Nah berarti kalau niat mau sedekah, ya dari awal doong. Sebelum nyendokin nasi dari bakul/ magic com ke piring langsung aja kurangin porsimu sendiri. Jadi kamu bisa berhenti makan sebelum kenyang. Nah nanti sisa nasi du bakul/ magic com tadi bungkus (tambahin lauk lah ya) baru deh bisa disedekahin ke orang lain yang membutuhkan. All right tujuan amal tercapai kan? Atau jaman baheula dulu yang dimaksud narasumber mitos ini kayak yang saya maksud kali ye tapi si pendengarnya kagak ngeh dan menyebarkannya turun-temurun...

Gimana coba gak gemes, kalau liat semua orang nyisain nasinya, kan berujung hanya dibuang ke tempat sampah? Masa orang kelaperan disuruh ngais? Ada juga yang berargumen, nasinya bisa dijemur, jadi nasi karak (bahasa Jawa, red.) Kata saya sebaiknya biar ayam saja yang makan itu. Kalau kita masi sanggup berbagi nasi yang enak, kenapa harus berbagi yang gak enak? Kita juga kalau di posisi mereka akan ingin seperti itu kan?

Alasan terakhir saya sebagai wanita, soal sisa-menyisa nasi ini. Males nyuci piringnya cyiiin kalo nasi belepotan di piring! Soalnya dari kecil saya selalu ngabisin makanan saya kok. Dan saya juga gak pelit ke orang. *somse* Malah banyak juga teman yang jalanin mitos ini pelitnya ampun-ampunan. *gini ini tau mitos gak tau esensi* (ups malah ngegosip, gak ding).

Ya sudah demikian kegemesan saya pagi ini. Bagi saya sih apapun yang dibuang itu mubadzir. Jadi sebisa mungkin dihindari deh yang mubadzir. (dilirik Suami : hayo jangan boros skincare! Hehehe).

Yang setuju monggo, yang enggak setuju juga monggo. Saya gak maksa semua orang setuju kok. Di balik mitos ini, saya hanya mencoba mengingatkan, apapun itu, selalu cobalah berbagi makanan dengan orang lain. Dan jangan berlebih-lebihan atau membuang-buang makananmu....karena banyak saudara kita di luar sana yang mungkin seharian belum makan. T_T
:)

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template