Friday, July 12, 2013

(old day memories) Taraweh yuuuuks!

Sholat teraweh adalah salah satu ibadah special, karena hanya ada di bulan Ramadan saja. Namun, di sini saya gak akan membahas mengenai aspek agamanya *maapkeun karna kurang kompeten, mengenai serba-serbinya saya masi belajar ke suami dan sumber lain*, tapi saya sekedar mengenang pengalaman saya selama menjalankan teraweh ini.

Semasa di Surabaya, *umur saya sekitar kelas 2 SD, saya sudah terbiasa teraweh. Semangat setiap berangkat membawa sajadah dan mukena. Saya lantas ingat pernah sholat teraweh di sebuah masjid yang besar di sekitar Ngagel (saya lupa namanya). Nah, waktu di tangga, saya kesenggol sama seorang lelaki (remaja kalo ga salah). Saking takut wudhu saya batal, saya langsung ngibrit ambil wudhu lagi. Hmm, padahal kala itu saya juga belum baligh, trus katanya juga sih kalau hanya tersentuh tidak sengaja tanpa maksud nafsu sih wudhu gak batal.

Kelas 3 SD ke atas, saya tinggal di Jombang. Teraweh rutin di sebuah masjid kompleks perumahan. Namanya masjid Al Jannah. Masjid ini sudah amat familiar sama saya karena sebelum puasa saya udah rutin belajar ngaji di sini tiap sore. Beberapa imam teaweh dan pengurus masjid adalah ustadz dan ustadzah guru ngaji saya. Nah, di sini ada yang bikin saya makin semangat teraweh. Soalnya masjid menampung donatur yang bersedia menyumbang snack untuk jamaah teraweh (bukan takjil loh ya), dan walaupun gak setiap hari, lumayan lah saya sering dapat snack-nya. Eh, dan ada 2 snack yang ingatannya masih melekat di saya. Pertama lumpia, karena saya pertama tahu packaging lumpia yang diplastikin dan ada sausnya (*norak, hehe). Kedua, dapat Sprit & Coca Cola, karena waktu itu sampai ada mobil box agennya (yang warna merah itu lho). Kepada donatur yang saya enggak tau siapa orangnya, sampai saat ini rasanya saya masih ingin berterimakasih telah mengedukasi saya supaya semangat ke masjid #eh.

Selain itu, saya juga ingat mengenai cara pelipatan mukena dan sajadah. Saya hobi memperhatikan cara wanita lain seusai sholat. Mulai yang ngelipat biasa ditumpuk sama sajadah yang dilipat juga, yang dilipat ala lumpia (sajadah sebagai 'kulit lumpia', mukena dilipat rapi lalu menjadi 'isi lumpia'), sampai amazing sama tas mukena yang bisa berfungsi sebagai sajadah dan pembungkus mukena usai dipakai (*lagi-lagi lugu). Kesukaan saya, lipat ala lumpia karna bagi saya asyik!

Selanjutnya saat mudik ke kampung Budhe saya di sebuah desa di Jombang. Kali ini sholatnya di sebuah langgar. Dindingnya perpaduan tembok dan kayu. Lantainya dari mozaik keramik bekas (saya dulu heran karna kok bisa keramiknya warna-warni dan berbentuk pecah-pecah, setelah dewasa saya baru ngeh kalau dana-nya terbatas kala itu). Walopun kecil, langgar ini ramai. Banyak jamaan anak kecil sebaya saya. Oh ya, saya juga baru itu tahu kalau tempat sholat bisa dipisah menjadi kanan-kiri untuk jamaah wanita dan pria. Karna di masjid biasa saya sholat, jamaah pria di depan, wanita di belakangnya.

Saya cukup terkenang dengan sholat di langgar tadi. Karena baru kali itu saya bisa sholat teraweh (+witir) 23 raka'at tapi pulang jam setengah 8. Sedangkan di masjid besar yang sholat teraweh (+witir) 11 rakaat saja pulang jam 8. Kaget, karena si pak imam melakukan bacaan dengan kilat sekilat-kilatnya. Sampai saya ikut buru-buru membaca. Baru sujud dan membaca, "Subhana robb..." eh pak imam sudah bilang, "Allahu akbar!". Wow... saya yang belum ngeh kala itu malah merasa seperti diajak senam saja, malah lupa esensi sholatnya! #maklum masih bocah.

Makin beranjak besar, saya makin paham memang ada dua macam raka'at teraweh, 11 dan 23. Bagi saya, semua baik, asalkan sholatnya benar dan khusyuk. Logikanya sederhana saja, kita bercakap dengan orang saja harus pakai intonasi benar, kalau kita nyerocos bla-bla-bla, bagaimana lawan bicara mengerti? apalagi ini dengan Sang Pencipta. Tapi, tidak sok suci juga sih jaman kecil (sampe ABG alay ding), saya senaaang bener kalo nemu sholat yang kilat ini, alesannya simpel : biar cepet pulang dan nonton tv! *gak penting. Alasan lain : keburu ngantuk kalo kelamaan, malah gak.khusyuk *cari pembenaran.
Kadang saya juga nyesel, waktu mulai dewasa, saya kurang optimal dalam menjalankan teraweh. Waktu itu jaman kuliah, pernah saya merasa ogah sholat berjamaan teraweh di masjid dan memilih teraweh sendirian di kost. Nyesel kalau ingat.

Kemudian, saat saya udah pacaran sama si Mas, teraweh saya menjadi cukup disiplin. Sampai nikah, si Mas rajin menjemput (pas pacaran), lalu berangkat bareng ke masjid yang nyaman untuk sholat. Untuk urusan milih tempat, si Mas cukup selektif, biasanya ngehindarin yang jenis sholat cepet-cepetan dan mencari tahu mana Imam yang bacaannya bener, tajwid bener (abis si Mas hafal juz-30 sih). Jadi, sejak saya tinggal di Cikarang gak ada cerita saya sholat ala 'aerobik' lagi. *nyengir kuda.

Namun, semua tetap menyenangkan untuk dikenang, terutama yang masa kecil. Saya masih teringat suasana ala desa di langgar yang amat bersahabat. Semua saling menyapa, para anak-anak semua rajin mengaji sampai tidur di mushola untuk bangunin orang sahur. Entah pemandangan yang mungkin mulai langka. Teringat juga pernah sholat di sebuah masjid kota besar. Rapi dan disiplin managemennya. Mulai shaf yang diisi rapat dari depan ke belakang (sampai dilarang pakai sajadah supaya bisa rapat), dan tentu saja Imam di sana berkualitas. Sayangnya karna bukan warga situ saya merasa hampa di nuansa kekeluargaannya. Ah, kenangan memang tak ada habisnya...

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template