Wednesday, July 24, 2013

(mommies journal) : Hore! Baby Na Lahaap

Hari ini sukses bikin baby Na makan 3 kali sehari. Walopun biasanya bayi katanya makan 2 kal sehari, saya bikin 3 kali soalnya porsi makan baby Na yang kecil sekali makan. Jadi saya tambah jadwalnya aja kaya orang gede, dengan harapan mpasi baby Na tercukupi (aaamiiien). Oh ya, ciri baby Na kalo lapar mirip saya waktu masih bayi...jadi caranya tinggal colekin jari di sekitar bibirnya. Kalau dia 'ngejar' ke arah jari berarti lagi mau disuapin (jaman full asix itu juga berarti uda haus, hehe).
\
Menu baby Na hari ini:
Pagi - puree baby potato (imut ukurannya) 1 kentang mini + asip
Siang - puree alpukat (abis sepertiga)
Sore - puree baby potato (bikin dari 1 kentang tapi gak habis, dan.pas malam jadi kaya rada lapar lagi si baby Na, *soalnya dia tiba-tiba pengen makan risol yang saya makan*

Pelajaran :
Semestinya saya waktu sore menyuapi sampai habis seporsi, hiks maaf gara-gara buru-buru mandi T_T

Informasi tambahan, just for sharing :

Bagi ibu yang akan melalui fase mpasi, ternyata mpasi butuh kesabaran ekstra karena kadang bayi tidak mood makan walaupun sebenarnya mereka lapar. Karna kalau lagi mood bayi akan dengan 'ikhlas'-nya membuka mulut dan tampak excited waktu disuapin! (sumpah bakalan syeneeng banget kalau baby uda semangat menerima suapan! berasa lega). Kalau baby Na, biasanya sambil makan harus diajak ngobrol, berdoa dulu (versi lengkap, dia jadi lebih semangat mendengar doa yang saya bacakan *Alhamdulillah ya Robb), sambil dipegangi mainan kesukaan (bisa balon, kantong plastik #eh, sendok atau piring bayi) jadi kadang karena asyik main baby Na tidak sadar akan mangap dengan ikhlas (puas!!!).

Intinya membangun suasana menyenangkan saat bayi makan sangatlah penting. Dan mommies juga harus siap menerima kenyataan kalau ada sesi di mana bayi mulai mogok makan dan melakukan aksi kunci mulut rapat-rapat (kadang bisa karena uda kekenyangan, bisa juga dia hanya butuh jeda menelan makanan atau membangun mood lagi). Nah, kalau bayi lagi kunci mulut begini juga jangan gampang menyerah menyuapi, beri jeda sesaat, ajak dia gembira kembali, lalu coba suap sampai dipastikan dia sudah kenyang (ngomong sama kaca ini saya, hehehe). Sepertinya sifat telaten amat dibutuhkan wanita memang!

Satu lagi, apabila bayi mogok disuapin juga para ibu harus mencoba mencari penyebabnya (tapi kalau baby Na ternyata sang ayah yang lebih ahli deteksi). Misal puree yang dibuat kurang halus, atau yang pernah terjadi waktu itu baby Na ngambek sama sendok plastik yang keras!

Semangat untuk para ibu yang sedang 'merintis' mpasi yaaa!!! *ganbatte -tenggak teh hijau-*

Ini nih foto pas baby Na sarapan... si kumis kentang! Ternyata biarpun cemong dan baju berantakan kotor, asal bayi lahap tidak masalah lho ;)


0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template