Monday, October 20, 2014

(random note) Pilih-pilih Acara TV : Gara-gara Mahabarata

Mbahas iki maneh, hihihi. Gapapa ah lagi gatel nulis. Beberapa waktu belakangan ini ada pro-kontra di fesbuk. Ada yang pada ngefans abis sama sinetron yang dari India itu, Mahabarata. Ada yang suka karena aktornya ganteng (mostly cewek lah ya ini). Ada yang suka karena ceritanya (salah satunya sih dosen saya dulu, beliau pria, jadi pastinya suka karena jalan ceritanya). Kalo saya, jujur sih awalnya penasaran gara-gara kayaknya heboh gitu. Emang aktornya beneran ganteng apa? Lagian saya mah dari sekolah juga uda suka cerita wayang. Jangankan bentuk visual film, lah yang bentuk tulisan di buku-buku cerita atau buku pelajaran Bahasa Jawa aja kalo ada cerita tentang wayang atau kerajaan saya doyan banget. Makanya penasaran kenapa kok kali ini pada heboh liat Mahabarata di tv. Selain itu saya juga pengen liat apakah tokoh-tokoh yang saya suka (seperti Srikandi) bakal diperankan artis kaya gimana sih? Ya walopun jujur aja sih gak semua tokoh saya puas sama aktor yang meranin ya (salah satunya kecewa sama pemeranan Yudistira yang gak kaya ekspektasi saya), ya tapi mau gimana lagi saya bukan produsernya, hehehe.

Kemudian belakangan ini juga keluar gerakan 'Anti Mahabarata' dikarenakan khawatir dengan rusaknya akidah (terutama umat Islam) karena ya you know lah cerita mitologi isinya pasti tentang animisme, dinamisme, kepercayaan pada Dewa, dll. Hmm, kemudian opini saya gimana?

Menurut saya sih pada dasarnya emang semua tergantung yang ngeliat sih ya. Kalau udah dewasa dan beriman pada agamanya masing-masing tentu sinetron semacam ini jadi sekedar hiburan saja atau ya, sekedar tontonan sebelum tidur (bagi saya sih). Lha gimana, acara lainnya dangdutan dengan goyang gak jelas, acara lain sinetron (yang katanya Islami) tapi kok ceritanya makin lama gak tau mana Islaminya... Namun memang perlu digarisbawahi kalau yang nonton anak kecil ya, sebaiknya memang tidak menonton karena bikin bingung otak anak-anak yang masih dalam proses mempelajari agamanya sendiri. Jadi perlu orang tua masing-masing untuk memfilter acara apa yang ditonton. Kalopun gak menonton Mahabarata, ya jangan juga diajak nonton sinetron cinta-cintaan, atau film action penuh adegan kekerasan. Ya sami mawon rek...

Lagian menurut saya untungnya sih si Mahabarata ini tayangnya lumayan malem jadi kan Na uda bobo kalo pas saya pengen iseng nonton (lagian saya nontonnya juga gak tiap hari), hehehe. Jadi jam segitu juga kalopun saya mau nonton drama Korea romantis juga gapapa kan yang liat saya doang hehe. Kalo ada Na (liat tv sore misalnya) ya liatnya acara anak-anak. Itu juga saya hindari kartun yang 'aneh' macam Spongebob, kartun dengan adegan pukul-pukulan kaya Tom & Jerry, dll yang potensi bikin Na mikir yang enggak-enggak lah ya *ini juga PR saya sih soalnya kan Na suka Masha & the Bear, padahal polah Masha lumayan geje tuh.

Oh ya BTW, tapi si stasiun tv juga rada kebangetan sih sekarang ini. Mentang-mentang Mahabarata ratingnya tinggi, kok sekarang semua jam mau dibanjirin cerita-cerita sejenis (liat iklannya aja udah setumpuk entah mau nayangin mitologi yang mana lagi ya itu, ada Mahadewa, Ramayana, Khrisna, entahlah apa lagi... *jangan heran saya apal iklan di tv itu, lha tiap hari Na ngajakin nonton Masha & the Bear). Tapi eh tapi, di dalam negeri ini setau saya dulu ada juga lho cerita Pandawa versi Islam yang dibuat Sunan Kalijaga. Malah kelima Pandawa digambarkan lima rukun Islam. Hmm, kapan versi ini jadi film beneran?



Last Note :
Memang sih dari sekian banyak tayangan tv lebih banyak yang jelek daripada yang bagus (setuju gak?). Jadi emang PR kalo udah punya anak gini 'terpaksa' milah-milah acara apa yang bisa diliat bareng anak. Ya walopun udah penasaran banget liat lanjutan drama Korea, tapi kalo ada anak ya cancel dulu deh, hihihi... Salam untuk bunda-bunda Indonesia Jaya!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template