Thursday, October 30, 2014

(mommies jornal) Pelanggaran Teorema Parenting

Ibu-ibu baru jaman sekarang udah lebih berkembang dalam bidang pengasuhan anak lho. Mengasuh anak yang dulu dianggap alamiah dan dibiarkan mengalir begitu saja (atau hanya niru metode warisan orang tua), sekarang diperdalam lagi dengan berbagai keilmuan parenting. Lihat aja banyak banget forum, milis, web, seminar atau buku yang membahas tentang parenting. Dan ini dibuktikan dengan makin banyaknya orang tua, terutama ibu-ibu muda yang bergabung di dalamnya. Kini pengasuhan anak pun jadi ada ilmu yang harus dipelajari secara teori, bukan sekedar otodidak atau menurut metode kakek-nenek saja. Kalau saya sih yang paling sering saya sambangin ada dua, Mommiesdaily sama The Urban Mama. Setelah 'berguru' pada keilmuan parenting secara teoritis, ternyata pun dalam prakteknya tetep aja ada beberapa yang melanggar teori, hehe.



Beberapa contoh yang saya ingat kaya gini nih,

1. Pamitan ke Anak Sebelum Pergi
Ini yang paling sering kejadian. Kalo saya mau keluar rumah karena urusan tertentu, maka Na saya titipkan ke nenek atau asisten kan. Tapi tetep aja, semua pada ngelarang saya pamitan ke Na kalo mau pergi. Hehe, bahkan nongolin wajah sebelum pergi aja gak dibolehin. Katanya ntar malah ribet soalnya Na bakal rewel gak mau ditinggal pergi. Alhasil sampe sekarang kalo mau keluar rumah saya sering ngendap-endap dulu ke garasi. Posisi 'aman', baru deh cabuut. Hmm, padahal sih teorinya sebisa mungkin anak diajarin bahwa memang ibunya akan pergi untuk sementara dan nanti akan kembali lagi. Wajibnya sih harus bilang ke anak kalo mau ditinggal ya?

2. Menyalahkan Benda Mati
Ini juga 'warisan budaya' yang salah kaprah. Kalo anak jatuh yang disalahin lantainya, anak kebentur yang disalahin mejanya. Padahal katanya bikin anak terbiasa menyalahkan pihak.lain, bukannya malah mengajarkan anak untuk lebih berhati-hati. Tapi teteeeup ya kadang kalo saya gak di samping Na dan pas Na nangis, kejadian "mukulin lantai atau meja" sering terjadi. Malah si Mas bilang, "Gapapa deh biar anaknya seneng ngerasa dibelain, hahaha." Giliran istri serius eh suami malah becandain ~___~

3. Menghentikan Tangisan Anak Terlalu Cepat
Kata teori sih kalau anak nangis, beri dia kesempatan beberapa menit dulu untuk mengekspresikan diri akibat sakit, marah atau kecewa dengan menangis. Setelah itu baru kita dekati, tenangkan dan ajak bicara untuk meredakan tangisnya. Kalo enggak malah tuman, si kecil bisa kebiasaan nangis untuk manja. Dan lebih gawat lagi di masa depan dia menganggap menangis itu dilarang sehingga membuatnya memendam perasaan sedih atau sakit sendirian. Kasian kan. Tapi ya gitu, hehe, aplikasinya juga susah ini. Secara baru beberapa detik liat Na baru nangis aja orang lain udah gak sabar pengen segera bikin Na berhenti menangis dengan berbagai upaya. Padahal belum pada tau kadang si Na itu..."drama queen" bo, hanya saya yang tau itu. Pssst!

Itu aja sih tiga point yang saya inget. Jangan salah, aplikasi teori yang gagal juga bisa kejadian sama ibu yang stay di rumah. Lha biarpun saya di rumah kan tetap aja ada kalanya Na harus sama orang lain (nenek, kakek, asisten, om, tante, tetangga atau teman mainnya) saat saya harus mandi, sholat atau mengerjakan pekerjaan rumah yang lain. Dan kadangkala orang lain punya pola pengasuhan sendiri yang kadang berbeda sama kita jadi 'pelanggaran' tsb ada aja yang terjadi. Pendapat saya sih sepanjang belum terlalu prinsipil atau merugikan secara fisik, ya mau gak mau memang kita yang harus kompromi. Toleransi. Toh kejadiannya gak terjadi setiap hari. Tapi boleh juga lho kita sharing sedikit-sedikit teori apa yang pernah kita baca dan ingin diaplikasikan. Soalnya terkadang banyak juga yang open minded sama ilmu. Kalo ketemu yang macem begini sih ya Alhamdulillah. Kalo enggak? Ya tetap saja saya harus berterima kasih pada mereka yang sempat saya titipin Na main kalo saya lagi ada urusan. Hmm, karena 'dititipin' balita yang lagi aktif juga gak mudah lho! :)

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template