Thursday, October 02, 2014

(random note) Kelas "Unggulan" di Sekolah

Bahas-bahas tentang pendidikan ah. Kali ini soal kelas unggulan. Kalau di kota saya ini, kelas unggulan diartikan kelas yang berisi anak-anak terpilih yang biasanya sih...lebih pintar gitu deh bahasa awamnya. Jadi intinya murid yang masuk kelas unggulan biasanya mendapat perlakuan 'istimewa', misalnya bimbel tambahan, target nilai raport, dll...pokoknya 'wajib-jadi-anak-jenius'. Itu teorinya, gimana prakteknya?

Sebelum tinggal di Bojonegoro, saya tinggal di Jombang. Setau saya kala itu (saya SD dengan kurikulum 1994 bu, hehe) di Jombang saya jarang nemu istilah kelas unggulan. Semua kelas sama, jaman SD murid dibagi rata aja, kelas A sama kelas B dengan treatment yang sama. Trus jangankan memfokuskan sama nilai eksak, di sekolah saya (SD Kepanjen 2) malah lebih mendorong murid menyukai dunia seni di samping pendidikan. Saya lebih sering ke sekolah sore untuk ekskul main alat musik (mulai dari gitar, keyboard, angklung) ketimbang bimbel Matematika. Seinget saya sih bimbel wajib pelajaran eksak baru dimulai kelas 6, maklum mau Ebtanas, hehe... Meskipun sampe tua gede gini saya tetep gak ahli main alat musik, saya punya kenangan menyenangkan betapa asyiknya yang namanya mencoba dan belajar alat musik. Makasih pak Kasmin! *masih inget nama guru seni saya nih, hehe...

Kemudian saat SMP, saya pindah ke Bojonegoro. Di SMPN 1. Ternyata saya masuk ke kelas unggulan, kelas E. Kalau gak salah karena nilai Ebtanas saya masih masuk dalam ambang batas atas syarat kelas unggulan. Karena gak terlalu ngeh ama dunia kelas unggulan, saya sih iya-iya aja dimasukin kelas E tersebut. Sebenernya penasaran apa bedanya kelas unggulan sama kelas biasa.

Nah, setelah masuk...baru deh kerasa...gak enaknya! Haha. Sebagai anak baru, jujur saya merasa terasing ada di kelas tsb. Secara ternyata kebanyakan isinya adalah mereka dari lulusan SD yang sama, dari kelas yang sama pula. Sama gimana? Iya, sama-sama dari kelas unggulan di sebuah SD favorit gitu. Jadi "geng" secara otomatis terbentuk dan saya jadi lebih susah rasanya mencari teman baru. Ditambah saya yang dianggap asing karena pindahan luar kota. Haha, merana... Apalagi namanya geng bocah ya, ada aja yang belagu, hihihi. Mana saya kan anak alim pendiem #lemparSendal, ck ck ck, jadilah saya murid cupu di kelas.

Gimana rasanya ikut kelas unggulan di SMP? Jujur jaman itu sih saya gak ngerasa bedanya ada. Karena sarana prasarana yang didapat sih kayaknya sama aja dengan kelas lain (gak tau deh ya kalo angkatan lain). Palingan cuma menang predikat aja walopun gak ada beda apa-apa sih. Hmm, mungkin yang bikin riweuh adalah tiap bagi raport. Soalnya ada nilai minimum yang wajib didapat murid kelas unggulan. Saat murid mendapat nilai di bawah minimum tsb, siap-siap deh pindah kelas dan digantikan 'murid pintar' dari kelas lain. Kalo inget itu, kayaknya yang repot wali kelas deh...secara nomer absen geser terus, hihihi.

Lanjut pengalaman lagi ke SMA. Kali ini ke SMAN 1. Ternyata masih juga menganut aliran 'kelas unggulan'. Passing grade-nya bukan cuma nilai UNAS, tapi juga ada test tulis tambahan. Dan apa yang terjadi? Mirip kaya SMP, ujung-ujungnya kebanyakan yang masuk kelas unggulan juga teman-teman yang sama dari kelas unggulan SMP saya. Soalnya kebanyakan anak SMP 1 pada daftar ke SMA 1, hehe. Kalau gak salah inget hampir 2/3 teman saya ya itu-itu lagi. Sisanya baru deh murid SMP lain. Jadi jangan heran kalo di kota saya bisa aja ada orang yang sekelas sejak SD sampe SMA. Ck ck ck...

Gimana kehidupan saya selanjutnya di kelas unggulan jaman SMA? Nah kalo yang ini baru kerasa dikit ada beda. Ternyata ada subsidi dari Pemda. Jadi murid di kelas unggulan tiap semester mendapat buku diktat gratis dan tambahan uang saku. Buku diktatnya ini yang bikin ngiler secara kalo beli sendiri harganya mahal, penerbit Erl*ngga gitu loh (apa kabar Bob Foster di buku Fisika? hihi). Trus tiap bulan dapat uang saku, jumlahnya kalo gak salah Rp 90.000. Walaupun akhirnya di tahun ketiga sih program uang saku ini dihapuskan, haha. Namanya bocah, tentu saja dong saya hepi bener masuk kelas unggulan *mental-gratisan-sejak-dini*.

Tapi apakah seindah itu dunia kelas unggulan. Menurut saya tidak juga. Banyak hal yang gak saya suka dari kelas unggulan. Terutama dari masalah psikologis anak. Apalagi SD atau SMP dimana pikiran belum dewasa banget ya. Tanpa dibarengi ajaran "ilmu padi", adanya kelas unggulan malah membuat beberapa murid menjadi bermental sombong karena merasa lebih tinggi dari murid kelas biasa. Padahal mental seperti ini bener-bener gak bagus untuk diajarkan ke anak-anak. Belum lagi perlakuan guru yang seolah terlihat 'pilih kasih' juga rasanya menimbulkan kesenjangan dengan murid lain.

Bicara masalah kesenjangan juga makin nambah pas jaman SMA dulu. Dengan fasilitas 'berbeda' yang kalau dirupiahkan jumlahnya lumayan, tentu menurut saya bisa menimbulkan iri dari kelas lain (walaupun sebagian murid kelas lain bersyukur karena gak perlu mendapat buku 'Bank Soal Fisika', 'Bank Soal Kimia' dan 'Bank Soal Matematika' sih, hahaha). Ditambah lagi kebetulan saat SMA posisi kelas unggulan berada terisolasi dari kelas lain. Karena murid kelas unggulan kelas 1, 2 dan IPA ada letaknya bersebelahan di lantai 2 yang tangganya terpisah dari kelas lain. Jadi kalau kelas lain bersebelahan (misal 1-2 sebelahan dengan 1-3, 1-4; kelas IPA 2 sebelahan dengan IPA 3), maka kami malah sebelahan dengan kakak / adik kelas. Padahal kebutuhan sosialisasi dengan murid setingkat juga perlu kan, eh malah ruangan kelasnya jauhan... Akibatnya murid kelas unggulan jadi malah jarang bertegur sapa dengan murid seangkatan (yang saya maksud jarang artinya gak seikrib mereka yang kelasnya sebelahan ya). Dan menurut teman saya dari kelas lain, membuat murid kelas unggulan tampak sombong karena 'seolah' punya komunitas sendiri. Padahal belum tentu muridnya sombong, kaya saya yang ramah kaya ibu peri ini.

Begitulah sudut pandang saya soal kelas unggulan ini. Sebenernya menurut saya sih kelas unggulan ini bisa dibilang perlu-gak perlu juga ya. Kalau emang diniatin jadi kelas akselerasi sekalian ya gakpapa (seperti di kota besar, kalau ikut akselerasi mah sekalian...biaya mandiri oleh orang tua masing-masing lebih gede, fasilitas lebih, walo emang pressure lumayan). Tapi kalo nanggung kaya jaman saya dulu SMP kok rada gimana gitu. Walaupun dari segi sosialisasi, kayaknya lebih baik kalau kelas disamaratakan saja deh. Gak perlu bikin perbedaan semacam ini apalagi di level SD (anak SD gitu loh...menurut saya bermain sambil belajar lebih penting ketimbang 'dipaksa belajar', hihihi).

Betewe, katanya sih sekarang model kelas unggulan di SMP dan SMA saya udah beda gak kaya jaman saya lagi. Jadi pendapat ini hanya berlaku buat pengalaman jaman saya aja loh ya, hehehe *jaman 10 taon lalu. Hanya saja, saya merasa beruntung satu hal dengan kelas unggulan terutama masa SMA. Saya mendapat 30 teman terbaik yang tidak terpisahkan sejak kelas 1, 2, 3 dan sampai sekarang :)

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template