Thursday, October 23, 2014

(healthy life) Si Keren Lemon & Jeruk Nipis

Ayo hidup sehat hidup sehat...! Siapa sih yang pengen sakit? Karena saya juga pengen gak sakit, maka saya lagi berusaha cari cara menjaga kesehatan nih. Dan ternyata salah satu cara menjaga kesehatan terpenting adalah : menjaga pola makan. Iya, makan itu penting dijaga karena apa yang kita makan 'kan selanjutnya bakal menjadi komponen tubuh kita yang masuk dalam sistem tubuh.

Trus berhubung soal apa yang kita makan, saya jadi pengen share dikit soal buah yang lagi beken beberapa tahun belakangan. Antara lemon dan jeruk nipis. Tenyata mereka punya peran penting dan baik lho buat tubuh.

Dulu jaman saya sekolah, jaman saya nawaitu banget pengen langsiiiing, saya jadi hobi cari ilmu soal jenis diet, hahaha #ngebetKurus. Salah satu yang pernah saya baca adalah Diet Detoksifikasi Lemon. Salah satu konsepnya adalah meminum jus atau perasan lemon setiap pagi atau sebelum makan pagi. Tujuannya sih detoksifikasi racun dalam tubuh. Nah jaman itu karena saya pikir lemon adalah buah mahal, maka saya belum pernah merealisasi ilmu detox tadi.



Trus taun ganti taun dan saya nemu lagi pola hidup sehat, yaitu Food Combining. Salah satu juklaknya pun mirip, setelah bangun tidur saat perut kosong, kita harus minum satu perasan lemon untuk tonik liver. Dan ternyata ada alternatif buat pengganti lemon yang mahal dan rada jarang nemu di desa ya, yaitu jeruk nipis! Karena itu istilah jeniper adalah beken di kalangan FC-ers. Singkatan jeruk nipis peras.



Gak hanya aliran FC yang pake lemon dalam konsepnya. Ada lagi hastag yang rame di Instagram, yaitu #onehoneylemonshot. Intinya juga sama, setiap pagi setengah jam sebelum sarapan, peras lemon sekitar 1 sdm lalu aduk dengan 1 sdm madu. Menurut pencetusnya fungsinya juga sama, detox dan meningkatkan daya tahan tubuh.



Nah, saya sendiri sih baru 2 hari coba. Tapi saya pakenya jeruk nipis aja karena murah dan mudah dapatnya. Pagi bangun tidur minum peresan jeruk nipis. Dan bener lho, biarpun pola makan saya belum sempurna sehat, ternyata 'proses pembuangan' badan saya berjalan lancar. Padahal baru nyoba 2 hari. Dan biarpun sering orang bilang, "Ih kan bikin sakit maag makan asem pagi-pagi." Ternyata enggak kok, soalnya biarpun rasanya asem konon si jeruk nipis ini sifatnya malah basa. Jadi gak bakal bikin maag.

Masih takut ato parno sama mereka yang asem ini? Hmm ada lagi alternatif buat yang mau "latihan" kenalan sama lemon, yaitu Infused Water. Jadi iris lemon, cemplungin ke botol isi air, taruh kulkas 3 jam, trus minum deh kaya minum air. Ini juga lagi populer banget di Instagram beberapa bulan lalu, hehe. Jadi life style gitu.



Masih kurang gak contohnya? Inget salah satu resep tradisional yang beken buat ngilangin batuk? Jeruk nipis diperes campur madu (atau kecap manis). Terkenal ampuh kan? Selain itu ada juga minuman tradisional yang bagus diminum saat cuaca dingin atau sedang flu, yaitu Wedang Jeruk Nipis. Hmm, bikin badan jadi enakan kalo minum si wedang.



Tuh banyak cara kan buat dapat manfaat dari lemon ato jeruk nipis. Cobain yuk!

2 komentar:

  1. terima kasih infonya ya mbak. ini berguna sekali buat saya, terlebih lemon harganya mahal :)

    ReplyDelete
  2. iyaaa lemon harganya memang gak nahan hehee...selamat mencoba

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template