Monday, October 06, 2014

(old day memories) kuliner : Tahu Tek / Tahu Lontong

Kepanjangan judulnya, hehehe. Pokoknya mau bahas si tahu tek ini gegara kebetulan kok saya lagi doyan. Nah pas tadi beli jadi nostalgia sama makanan yang satu ini...



Seinget saya, pertama kali kenal makanan yang namanya tahu tek ini jaman masih SD. Waktu itu saya tinggal di Ngagel. Nah penjualnya suka keliling tiap malam. Saat-saat tertentu ibu saya suka beliin saya sama adek saya si tahu tek ini. Kalo gak salah inget sih karena saya sama adek masih bocah dan biasanya sore uda makan nasi, maka tahu tek ini jadi makanan cemilan. Sepiring berdua uda kenyang, hehehe. Yang seru kala itu adalah nyegat si tukang tahu tek di teras rumah sambil ngerumpi sama tetangga.

Kemudian hampir beberapa taun saya uda jarang banget makan tahu tek lagi. Sejak pindah ke Bojonegoro gak ada tukang tahu tek yang keliling lagi sih. Sampai kemudian saya kost di Surabaya. Ahaiii, tahu tek berkeliaran dimana-mana, baik yang warung maupun yang keliling *ya iyalah kan tahu tek emang makanan aseli Surabaya :D

Sewaktu kuliah, si tahu tek ini sering jadi penyelamat di malam hari. Hehe, jaman kost sebelahan sama sahabat saya, Gesty, kita berdua hobi bener beli tahu tek saat warung nasi langganan uda tutup ato keabisan lauk. Kebetulan juga sih deket sama kost. Apalagi warung tahu tek ini rata-rata buka tiap hari walopun ujan malam-malam. Jadi gak khawatir deh kelaparan. Harga tahu tek di gang kost saya juga terjangkau. Kalopun kepepet bokek sih biasanya tinggal minta tahunya ga usa dibungkus telor deh, hihi *ngirit seribu perak. Bersama jeng Gesty, partner-in-crime saya ini juga kita sering joinan beli tahu tek. Iya, soalnya sebenernya kita uda makan malam/ sore, eh gak taunya jam 8 malam laper lagi, hahaha. Akhirnya beli sebungkus dimakan berdua buat ganjel perut sekalian diet dan hemat. Karna jaman dulu kalo ga salah harga per bungkusnya Rp 4.000, kalo pas makan berdua kita genepin deh minta porsi Rp 5.000 biar banyakan dikit lontongnya, haha. Jadi inget si ibu penjualnya, hmm...

Kemudian jaman tahun terakhir kuliah saya sempat pindah kost jauh dari Gesty. Untungnya ya biarpun jauh dari warung tahu tek ternyata ada tukang tahu tek keliling. Dan istimewanya si bapak ini lewat kost saya di atas jam 9 alias malem banget. Namun ternyata ada untungnya lho. Namanya juga mahasiswa kan sering banget begadang ngerjain tugas-tugas. Nah saya yang gampang laper tengah malem ini jadi punya 'dewa penolong' deh, hahaha. Aman lah gak harus ngandelin Indomie kalo laper malem-malem.

Kemudian saya kerja di Cikarang. Pikir saya kalau di Jawa Barat sih ga mungkin ada tahu tek, palingan yang mirip ketoprak doang. Eh ternyata di ruko daerah Jababeka ada yang jual! Penjualnya juga orang Jawa, hehehe. Dan disana pelanggannya banyak banget. Saking langkanya, biarpun menurut saya mahal untuk ukuran tahu tek yang biasanya harganya Rp 5.000, tahu tek yang dihargai Rp 9.000 ini teteup laris manis. Kalo diinget-inget sih sama sama si Mas doyannya ke sini kalo Jumat malam (tapi bukan berarti tiap minggu beli ya). Hehe, gak tau kenapa kalo hari lain gak pengen tuh makan tahu tek.



Balik lagi ke saat ini. Saya nulis setelah baru aja ngabisin tahu lontong. Memang ada beda dikit sih di bumbunya, petisnya itu lho saudara-saudara. Terus juga tahunya polos gak dibungkus telur dadar. Selain itu juga kalau biasanya makan tahu tek ditemani krupuk bawang, di tahu lontong ini ditemani tempe goreng tepung. Selain itu yang unik di desa ini tahu lontong terasa lebih artistik karena dibungkus daun pisang dan daun jati. So nostalgic! Walaupun beda sama tahu tek, tahu lontong ini tetep enak kok *emang gue doyanan*, dan cukup mampu membangkitkan kenangan saya sama tahu tek, hihihi. Apakah kamu juga suka tahu tek? Atau lebih suka tahu lontong?

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template