Monday, October 27, 2014

(our family story) Saat Listrik Mati...

Barusan nulis ini setelah mengalami hampir 1,5 jam mati lampu di rumah. Eh istilah 'mati lampu' ini beken ya padahal sebenernya istilah 'mati listrik' lebih bener, pan yang mati bukan lampu doang :D

Mati lampu sejam lebih, rasanya jelas... Garing bo! Dan di musim kemarau seperti ini rasanya bener-bener bikin nambah keringet aja. Panas, gak bisa nyalain AC atau kipas angin. Bingung mau ngapain, dipake tidur juga gak bisa karena prasyarat saya tidur itu banyak! Mulai dari pake baju yang pewe ; sprei dalam posisi rapi (lurus), bersih dan wangi; ada cahaya cukup di kamar dan ada hawa sejuk. Jadi kalo listrik mati pasti juga jadi mati gaya, hehe. Tapi trus keinget cerita kalau di luar Jawa itu sering banget mati listriknya (bahkan ada daerah yang masih belum 'tersentuh' listrik). Aih jadi malu kalo mengeluh hanya karena kejadian yang mungkin dalam setahun hanya hitungan jari saja. Selain itu juga jadi keinget sebuah artikel, katanya sih mbetulin instalasi listrik PLN terkadang gak semudah yang kita bayangkan. Saat kita sibuk mengeluh gelap di dalam rumah, terkadang di luar sana ada petugas yang mempertaruhkan nyawa untuk memperbaiki entah kabel, jaringan atau part penyebab gangguan mati listrik ini. Jadi saya berusaha untuk menjauhkan keluhan dari pikiran saya dan mikir lagi : enaknya ngapain ya ini?



Untungnya Na uda pules tidur. Dan bersyukurnya saya...punya raket nyamuk yang ada senternya! Haha, lumayan lah ya gak jadi lumanyun, minimal kamar saya ada cahayanya lah. Maklum punya emergency lamp tapi rusak kagak bisa dipake sih, jadi sumber cahaya ya pake senter ini aja. Tugas selanjutnya adalah nyari angin. Ya pasrah deh si tangan ini bekerja. Kipas-kipas pake kertas cyiin. Jangan sampe Na kebangun dan rewel gara-gara gerah ato didatangin nyamuk. Oke telapak tangan bekerja keras.

Selanjutnya cari hiburan lagi. Akhirnya pake hp buat browsing, baca berita yang kebanyakan bahas para Menteri baru (beserta komen para lover dan hater-nya, hihi), trus karena bosen akhirnya cari review beauty blogger soal body lotion, hehe cari inspirasi soalnya body lotion pada abis.

Listrik belum nyala juga sementara uda mulai bosen mainan hp. Akhirnya ingatan melayang-layang waktu jaman SD mati listrik di rumah; saya, adek dan kakak sepupu saya suka memanfaatkan waktu bosen dengan mainan bayangan di tembok. Itu lho bikin bayangan pake gerakan tangan. Persis kaya salah satu episode Upin Ipin. Aih kangen masa anak-anak. Trus ibu saya juga suka cerita, jaman dulu biasa hidup tanpa lampu. Malam pun cukup diterangi lampu petromax atau ublik saja (itu yang bahan bakarnya minyak tanah). Dan anak-anak jaman dahulu tiap abis magrib sering kumpul di halaman rumah, bermain bersama di bawah sinar bulan. Katanya sih entah kenapa jaman dahulu pun rasanya biasa aja tuh ga ada lampu atau listrik di malam hari. Everything is ok. Jadi apakah kebutuhan kita akan listrik ini hanya masalah 'kebiasaan' aja ya? Hehe...ah males mikir jawabannya.

Satu lagi kenangan pas mati listrik. Waktu itu saya dan Mas baru pindah di sebuah perumahan baru yang sumber airnya dari WTP (Water Treatment Plant mandiri, yang kalo mati listrik entah kenapa air juga ikutan mati! Dan waktu itu saya belum bikin tandon buat rumah. Jadi pas apes air kamar mandi abis dan saat itu mati lampu. Waktu itu karena matinya tengah malem jadi saya udah ketiduran. Trus Mas mendadak hilang. Eh ternyata Mas abis sholat di masjid perumahan baru (yang Alhamdulillah letaknya dekat rumah kami). Pulangnya bawa 'oleh-oleh' beberapa ember air buat isi kamar mandi. Katanya sih Mas gak tega kalo sampe keabisan air mengingat istrinya ini pasti bangun tiap tengah malam buat pipis sih, hehehe. Deuh, cinta bener deh gue sama suami tercintaku ini!

Betewe sekarang listrik di rumah uda nyala nih. Horeee! Tangan akhirnya bisa leyeh-leyeh. Lampu nyala, kipas angin nyala. Bobo dulu ah...

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template