Thursday, October 23, 2014

(mommies journal) Balada Senam Hamil

Pas hamil pertama, waktu mulai trimester kedua, bu dsog bilang ke saya, "Sesekali disempatkan ikut senam hamil ya Bu. Apalagi kan ini pengalaman pertama. Biasanya di RS sini tiap Sabtu pagi rame kok yang pada senam hamil di lantai atas."
Trus temen saya, mbak Evi yang abis melahirkan juga bilang, "Ikut aja Put, minimal sekali deh. Bagus lho. Diajarin gerakan yang bikin rileks. Trus ada latihan nafas waktu mengejan juga."

Dan walopun dari awal udah pengen ikutan, tetep aja karena niat kurang kuat, ikutan senam hamil pertama baru terlaksana pas udah cuti ngantor. Ceritanya bosen di rumah, juga penasaran gimana rasanya ikut senam hamil. Kalo di tipi kan keren gitu ya liat ibu hamil pada senam bukannya pada tiduran mlulu.

Akhirnya Sabtu pagi itu berangkatlah ke RS langganan, RS Mitra Keluarga Cikarang. Sampe sana daftar ke kasir, bayar Rp 15.000 kalo gak salah. Trus naik ke lantai 6, kasih struk ke Bidan (sekaligus instruktur), lalu dapet kartu kecil yang menunjukkan frekuensi senam hamil. Dari kartu itu sih keliatan kalo disarankan senam hamil sebaiknya minimal 6 kali gitu deh. Oke sip.

Selanjutnya saya (dan beberapa ibu lain yang dateng bareng) dikasi baju khusus senam. Asik deh jadi gak perlu bawa baju sendiri. Yang saya ingat sih baju senamnya disponsori Pr*nagen. Setelah ganti baju para bumil memasuki sebuah ruangan, semacam aula yang cukup luas dan duduk di masing-masing matras yang disediakan. Kemudian para perawat mendatangi peserta satu persatu untuk mengecek tekanan darah ibu dan detak jantung bayi.



Senam hamil kemudian dimulai. Beberapa bidan dan perawat yang menjadi instruktur memulai gerakan-gerakan contoh disertai penjelasan apa saja manfaat gerakan tersebut. Serta menyarakan agar di rumah gerakan yang diajarkan diulang-ulang sehingga diharapkan proses persalinan akan lebih lancar.

Sayangnya sekarang saya udah lupa hampir semua gerakannya! Yang saya inget cuma satu... Ada gerakan merebahkan diri di matras, lalu rileks, ambil nafas sambil gerakin kaki...yang bikin saya errr mengantuk! Ini bukan ngantuk karna bosen. Tapi ngantuk karna aseli suasana di situ bikin rileks (sakinh rileksnya). Matras empuk, ruangan wangi, AC menghembuskan angin sejuk, musik lembut... Zzzz zzz zzz sempurna buat bumil ketiduran, hahaha *maklum di rumah kontrakan kagak ada AC. Jadi ceritanya sambil berusaha keras mengingat jenis-jenis gerakan, saya juga harus berusaha keras melawan ngantuk *berabe kalo mendadak ketiduran bener di situ, haha.

Dan ternyata senam hamil waktu itu benar-benar jadi senam pertama dan terakhir saya, gara-gara males ini sih. Padahal dipikir-pikir senam hamil itu menyenangkan lho (abaikan proses ngantuk saya). Kalau bisa ingat gerakan dan cara ambil nafas yang benar, maka saat persalinan memang perasaan bisa lebih tenang. Apalagi kebetulan di RS tadi fasilitasnya lumayan baik dan bersih, mana pulangnya dapet susu hamil gratis segelas terkadang setelah sesi senam hamil ada seminar kesehatan ibu dan anak gratis dapat snack satu kotak pula. Jadi kangen pengen senam hamil. Sayangnya sih di RS langganan saya di kota ini (setau saya) gak ada layanan senam hamil. Padahal pengen suasana ngantuk rileks itu lagi nih!

2 komentar:

  1. matur nuhun atuch, artikel mantap oy.. oh iya teteh mau tanya ni, tempat jual baju senam wanita yang daerah surabaya dimna ya ?

    ReplyDelete
  2. wah saya gak pernah beli baju senam.hamil khusus...palingan pake legging hamil sama kaos longgar aja

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template