Sunday, October 12, 2014

(mommies journal) Short Review : Disposable Diapers

Disposable diapers alias popok sekali pakai atau kalau yang nama merk yang dianggep namanya oleh orang awam adalah Pampers. Hehe...ini permajasan semacam kalau orang bilang air mineral adalah Aqua ya? Padahal merk air mineral ada macem-macem mulai Aqua, Total, Club, Cleo, dsb dsb... Lha malah bahas air. Hihihi... Walopun saya dah pernah bahas tentang pospak (popok sekali pake) ini, mau bikin catetan dikit deh, singkat aja seputar merk pospak yang pernah saya coba buat anak.

1. Pampers
Ini merk yang tadi saya bilang jadi perluasan makna pospak, hehe. Mungkin karena dia merk pertama pospak ya? Untuk yang tipe perekat atau tape, Pampers adalah pospak tertipis yang saya tahu. Kalau ibarat pembalut wanita gitu tipe yang slim, jadi bayi gak ngerasa gerah ato berat pakainya. Selain itu juga ada gel alo vera untuk meminimalisir iritasi.
Untuk Pampers tipe celana atau pant, menurut saya adalah the best soalnya bagian pinggang celananya (maksud saya yang bagian samping itu lho) gak pake karet. Jadi ga ada deh bekas karet popok di area pinggang bayi soalnya permukaan popoknya mulus.
Kelemahan Pampers adalah...mahal, haha. Untuk tipe perekat rata-rata per pcs Rp 2.800, sedang untuk tipe celana Rp 4.000
Selain itu Pampers juga mengeluarkan lini Ekonomis. Tapi tentu berbeda bahan walaupun untuk ketipisannya sama. Beda bahan ada di plastik bahan dan karetnya yang lebih kasar. Ya memang lebih murah sih harganya.

2. Mamy Poko
Untuk tipe perekat saya juga suka dengan Mamy Poko. Soalnya permukaan penampung ompolnya halus. Hanya saja memang lebih tebal daripada Pampers tipe perekat. Untuk harga hampir sama. Biasanya sih kalo saya ke Carrefour ato Hypermart merk Mamy Poko lebih sering diskon daripada Pampers. Jadi saya beli liat mana yang diskon hehe. Ato saya juga sering stok sih antara kedua merk ini.
Sayangnya untuk tipe celana, saya tidak suka Mamy Poko karena bagian pinggangnya ada karetnya. Padahal harganya sama kaya Pampers. Jadi kalo butuh tipe celana saya pilih Pampers saja. Sama mahalnya tapi tanpa karet pinggang.
Mamy Poko juga punya lini Ekonomis untuk popok celana. Dan tipe ini paling mudah ditemui bahkan di warung kelontong sekalipun (itu tuh yang dijual sachetan warna kuning). Ya lumayan kalo kepepet keabisan popok malem-malem...

3. Merries
Jarang beli karena jarang diskon dan harganya juga mahal. Hihihi, tapi padahal merk ini juga baguuus banget. Permukaannya lembut lho buibu. Sayangnya setau saya Merries gak ngeluarin tipe celana, cuma perekat aja.
#edit: eh di iklan uda keluar versi Merries pant yang sachet-an juga ternyata, hmm tapi saya belum nyoba nih

4. Baby Happy
Popok murah tapi lembut? Saya jagoin merk Baby Happy. Harganya murah mendekat merk-merk lain di kelas menengah bawah, tapi menurut saya permukaannya cukup lembut. Bisa lah buat pilihan pas uang lagi mepet, hehehe. Kelemahannya adalah isi kapas di dalam popok gampang geser kalo kelamaan dipake bayi (walopun gak kena pipis), jadi harus diperhatiin jam pakainya. Selain itu juga kemasan palinh gede isinya cuma 20, kurang puas gitu kalo ga beli pospak yang sekalian tas gede isi 40-an, hehe (rempong amat sih ane, beli aja 2 / 3 sekaligus ya, hahaha). Trus sayangnya juga Mamy Poko gak ngeluarin tipe celana. Padahal kan lumayan kali aja mau ngeluarin tipe celana yang tanpa karet di pinggang yang murah #penting banget bahas karet hehe...


Itu aja sih 4 merk idola saya di bidang popok sekali pakai. Merk-merk lain yang harganya lebih murah juga pernah coba beberapa kali. Dan menurut saya jenisnya hampir sama. Kalau tipe perekat kelemahannya di bagian perekatnya, sekali pasang gak bisa dibetulin kalo kurang pas dan bahannya biasanya plastik licin (kelemahannya di bahan perekatnya). Juga kelemahan lain adalah karet di bagian paha bayi yang kadang kurang sreg gitu. Sedangkan untuk tipe celana kelemahannya ya rata-rata karet di bagian pinggang itu sih, hehehe.

Oh ya mungkin heran ya saya kok coba popok ini-itu. Hehe, alhamdulillah Na gak sensitif walopun pake popok berbagai merk. Tipsnya sih yang penting perhatikan jam pakainya, jangan kelamaan. Untuk pipis maksimal 2 kali ompol uda ganti. Kalo pup ya sekali langsung buang lah, hehe. Pernah sih saya lalai agak telat ganti popok dan agak muncul ruam di pantat bayi. Terus saya oles deh minyak andalan orang tua, minyak tawon (aslinya sih merknya Minyak Cap Tawon). Dua kali oles langsung hilang, alhamdulillah... Gak perlu deh beli segala macam cream ruam popok, hihihi.

Moga sedikit catatan saya membantu buat yang penasaran kenapa popok itu beda-beda harganya.

6 komentar:

  1. Iya pampers mahal, padahal designnya ga usah bagus-bagus ya. Barangkali harganya bisa lebih murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasa liat di promosikatalog online, yang lagi ada promo pampers disini http://blj.co/pampers34 , lumayan dapet tambahan diskonnya 15%

      Delete
  2. saya beli merk Pampers nunggu diskon biasanya heheee...suka merk ini karna tipis-nya

    ReplyDelete
  3. Pampers mahal yah, bisa nguras kantong hehee...anak aku coba pake merek Pokana langsung cocok dan gak bikin ruam cepet kering lagi harga juga bersahabat buat emaknya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul makanya saya cm beli Pampers kalo ada diskonan aja. Lagian anak sy dikasi merk lain jg gak ruam hihihi...bersyukur ya kulit anak kita gak rewel

      Delete
  4. Hello Ibu Putri! ada kontak yang bisa dihubungi terkait kerjasama? Terimakasih :)

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template