Sunday, September 15, 2013

(random note - renungan) Menaiki Stage Kehidupan

Kadang saya berpikir kehidupan terdiri dari stage yang tren-nya akan selalu naik, seperti tangga. Ibaratnya anak SD, setiap tahun akan lebih sulit. Dari kelas 1, 2 dan seterusnya sampai kelas 6, maka mata pelajaran yang didapat akan semakin sulit dipelajari.

Hidup juga seperti itu. Jaman masih SMA saya ingat, ingin segera lulus dan kuliah. Alasan yang saya inget sih, pengen merasakan jadi anak kost dan belajar mandiri mengatur hidup. Kemudian merasakan menjadi mahasiswa. Memang menyenangkan, tapi kadang ngiler kalo lihat barang mahal pengen dibeli. Karna skala uang saku saya memang untuk kebutuhan pokok, bukan untuk kebutuhan gak jelas macam barang-barang branded itu. Akhirnya saya berpikiran ingin segera pindah stage selanjutnya, bekerja dan punya gaji sendiri.

Akhirnya saya lulus kuliah dan punya pekerjaan. Dan benar, saya punya uang cukup untuk membeli barang-barang yang saya idamkan. Tapi ternyata, tidak semudah itu menghabiskan uang. Karena saya jadi tidak punya waktu. Terlalu sibuk bekerja dengan berbagai deadline. Ditambah jarak lokasi kerja dengan pusat perbelanjaan yang lengkap cukup jauh membuat saya malas menghabiskan weekend di jalan. Ketimbang melihat macet saya memilih tidur saja di kost.

Nah, hal yang sama juga terjadi di kala saya menjadi ibu. Waktu jaman hamil, perut besar, malas diajak jalan ke mana-mana. Pengen liburan tapi ngerasa berat banget badan buat diajak jalan. Alhasil ndekem aja di rumah. Pikir saya, ntar aja travelling kalo bayi uda lahir. Kemudian si bayi unyu lahir. Dan saya baru sadar jadi ibu di awal-awal sungguh adaptasi yang mengejutkan (dibilang berat kok kaya mengeluh, hehe). Belum ditambah baby blues. Bayi umur 0-3 bulan amat banyak tidur. Tapi tiap saya berpikir mau keluar rumah untuk nyalon, entah kenapa tidak tega meninggalkannya di rumah. Saya pikir, ah nanti menginjak umur 6 bulan mungkin ngasuh bayi lebih mudah. Saya nyalon ntar-ntar aja. Eh tapi ternyata di usia 6 bulan ke atas bayi menjadi amat aktif. Suka guling-guling, belajar angkat pantat, tidak mau dipangku atau digendong monoton. Belum lagi nangis drama untuk nyuapin MPASI. Dan hasilnya saya tetap gak bisa nyalon (nyahahaha).

Hikmah yang saya petik... kita tidak perlu berharap perpindahan stage kehidupan berjalan lebih cepat sehingga tidak menikmati stage saat ini. Mau sekarang ini bayi terlihat kesusahan belajar merangkak, biarkan saja. Jangan dipaksa bisa cepat merangkak di luar waktunya. Anggap saja bayi memberi kesempatan kita istirahat leyeh-leyeh. Karena mungkin beberapa minggu lagi kita harus ngos-ngosan ngejar bayi di kolong meja. Sekarang kondisi punya uang gak punya waktu? Ya nikmati saja uangnya tabung dulu, mungkin suatu saat berguna. Kalau punya waktu tapi gak punya uang? Ya tak apa, karena sesungguhnya waktu tak akan bisa dibeli.

Enjoy your life-stage!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template