Thursday, September 05, 2013

(mommies journal) baby Na in 6 & 7 months

Sebentar lagi baby Na genap berumur 8 bulan. Sebelum itu saya mau ninggalin jejak cerita mengenai perkembangan baby Na di usia 6 & 7 bulan yang belum saya tulis. Buat apa? ya, untuk pembelajaran saya di masa depan (syukur-syukur bisa sharing ke orang lain) dan sebagai memory kalau baby Na uda dewasa kelak.

Sebenernya sih malam ini saya rada galau karena ada problem keluarga. Tapi ya sudahlah life must go on, problem sudah terjadi dan moga besok pagi masalah perbankan ini bisa selesai jadi galau saya hilang. Amin!
Kembali ke baby Na. Jadi di usia 6 bulan dimana sudah mulai tahap MPASI, maka terjadi beberapa perubahan yang saya rasakan. Hmm, dilist nomor aja ya biar rapi.

1. Kesibukan saya nambah, nyiapin makanan bayi.
Di bulan-bulan awal yang saya kira adalah stage terberat, yaitu rajin begadang di 2 bulan awal, ternyata tidak bisa dibilang terberat. Karena di bulan selanjutnya (sekitar setelah 4 bulan), bayi berkurang jam tidur siang dan butuh diajak bermain. Sehingga saya tidak bisa hanya leha-leha nyusuin dan nidurin doang. Bayi perlu diajak ngobrol, ketawa, bernyanyi dan aktivitas lain.
Nah itu saja belum cukup saat menginjak 6 bulan. Bayi harus makan. Dan karena saya pengen makannya berkualitas saya mencoba sebisa mungkin makanan alami dan homemade.
Asli, awalnya rada males pagi harus cepet-cepet rebus kentang atau ngehalusin pisang (padahal gampang. Dasar pemalas saya!) Maklum selama ini keenakan cuma nyusui sambil tiduran sih #pantesgembrot.

2. Bayi makin banyak gerak saat mandi
Baby Na makin aktif saat beranjak dewasa (Alhamdulillah). Awalnya kaget saat dia tidak se-calm down kala belum bisa tengkurap. Sejak bisa tengkurap, maka melepas dan memakaikan baju saat mandi menjadi sesi yang harus dilakukan telaten dan cepat. Kalau kelamaan baby Na ngamuk. Tapi mau kecepetan makein baju juga gak bisa wong tangan dan kaki gerak kemana-mana. Ibarat kata : pakaikan kaos kaki kanan lepas yang kiri, pakaikan yang kiri lepas yang kanan*looping #berlaku juga saat memakaikan celana.

3. Waspada, dia guling sana guling sini
Ini masih terkait dengan pergerakan bayi. Karena sudah handal tengkurap dan balik badan, maka kalau meletakkan baby Na di tengah kasur, bisa dalam beberapa detik dia uda ada di pojok atau pinggir kasur. *jangan tanya ya, saya juga uda gak mbayangin apa jadinya kalau dia uda bisa merangkak! By the way, baby Na sekarang uda latian angkat pantat. Kata orang tua sih tanda-tanda mau duduk dan merangkak #singsingkanlenganbaju.

4. Mudah bosan permainan
Awalnya sih baby Na dikasi kertas atau plastik uda bisa awet 'asyik' setengah jam. Kalo sekarang? Wah...kalo uda bosen dicuekin aja. Dan yang lebih heboh, kalo baby Na nemu mainan yang dianggapnya seru, dia akan melompat-lompat (seolah mau lari dari gendongan) untuk mengejar mainan tersebut.
Lagi disukai saat ini : mobil remote, benda berbunyi nyaring, baby walker, ayam, kucing... #ya,kitabiasakejarayam

5. Punya metode kabur dari makanan
Awal MPASI gampang, apa aja disuapin nah baby Na mau. Sekarang, kalo beneran gak mau disuapin dia bisa mingkem gembok rapet mulutnya (hehe, kalo diliat lucu sih). Bikin desperate saya yang pengen dia makan lahap.
Tapi masih mending. Soalnya kalo dia berhasil dialihkan perhatiannya, maka saat baby Na 'lenyah' saya bisa sisipkan makanan ke mulutnya. Kalo sekarang, akhir-akhir ini dia punya metode baru, bisa mengeluarkan makanan di mulut dengan air liur! Aduh...

6. Punya keinginan lebih besar dengan apapun
Ini nih. Baby Na uda gak suka lagi hanya 'sekedar dibaringkan'. Dia lebih suka posisi didudukkan atau digendong dan diajak jalan-jalan. Tidak mau di posisi stagnan lah intinya.
Selain itu baby Na mudah tertarik dengan benda yang saya pegang. Entah pulpen, kotak pensil, tahu, tempe, krupuk...pokoknya bangsa apapun yang dia kenal akan dia coba keroyok sebisanya deh.
Yah begitulah beberapa hal yang saya ingat untuk dituliskan. Semoga baby Na sehat selalu :)

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template