Sunday, September 29, 2013

(mommies journal) catatan baby Na, after Sedih : Jatuh dan ISK, hiks...

Jadi ini masih soal kelanjutan cerita sakit kemarin. Setelah sempat sembuh, ternyata baby Na tampak sakit lagi. Rewel lagi (baby Na bukan tipe bayi mudah rewel).

Ditambah terjadi insiden. Baby Na jatuh dari tempat tidur. Iya, jatuh dari tempat tidur!!! Saya akui hal ini terjadi karena kelalaian saya. Saya tidak melindungi tepi tempat tidur dengan guling seperti biasanya. Sehingga baby Na jatuh dan menangis kencang. Hiks! Jangan tanya perasaan saya seperti apa. Seperti terbangun dari mimpi buruk ketika mengangkat baby Na dari lantai dan menenangkan tangisannya. Ibu saya terbangun kaget dan membantu menenangkan baby Na sambil memarahi kecerobohan saya. Dan asli, saya yang masih shocked membayangkan perasaan baby Na. Wong yang udah besar gini jatuh dari tempat tidur aja gak enak. Gimana kalo anak kecil?

Pagi itu juga muncul ruam merah di baby Na. Walah saya langsung parno aja soal DB. Maka pagi itu saya ke dokter, dan baby Na harus test darah dan urine. Duh, lagi-lagi susahnya menahan perasaan sedih melihat baby Na diambil darahnya dengan jarum suntik. Dua kali pula, lengan kanan dan kiri. Huks huks huks...
Tapi ternyata hasil lab tidak menunjukkan DB tau thypus. Ternyata baby Na sakit Infeksi.Saluran Kencing (ISK). Penyebabnya bisa 2 hal. 1, salah dalam membersihkan pup bayi (arah untuk bayi perempuan adalah dari depan ke belakang sehingga jangan sampai bagian kelamin terkena bakteri E-coli) atau membersihkan kurang bersih. 2, terlalu banyak pakai diapers sekali pakai (disposable diapers), karena jadi lembab dan bisa memicu penyebab pertama.

Lagi-lagi saya amat merasa bersalah. Karena kurang telaten merawat baby Na. Dan sudah punya clodi (cloth diapers) tapi malah lebih suka pakai dispo (disposable diapers). Dan karena kecerobohan saya maka baby Na harus sakit dan minum obat antibiotik selama 5 hari. Hiks hiks hiks...

Menyesal memang di belakang ya? Jadi saya berbagi di sini. Semoga para ibu baru lain bisa memetik hikmahnya. Mari kurangi penggunaan disposable diapers untuk anak kita.
*masi speechless*

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template