Friday, January 17, 2014

(mommies journal) Tentang Clodi dan sedikit Tips Mencucinya


Kalau kemarin saya ngebahas soal pemakaian popok sekali pakai (pospak) atau disposable diapers, maka sekarang lebih konsen ke bahas cloth diapers (clodi). Kebetulan barusan datang pak Pos nganterin paketan clodi Na. Kemarin emang saya beli di www.clodicorner.com, buat nambah jumlah clodi Na. Kali ini saya beli yang model pants 2 dan model velcro 1. Saya beli yang model pants soalnya Na uda mulai banyak gerak, berdiri, latihan jalan gitu jadi rada susah kalau pakai model velcro (yang pake perekat itu lho). Loh, tapi kok saya beli yang model velcro lagi? Hehe, soalnya saya tertarik bahan beludru dan motifnya :D *laperMata.

Jadi sekarang kalau ditotal Na punya 4 macam merk clodi, yaitu:
1. Pempem!
2. Cluebebe (punya 2)
3. Sobi
4. Coolababy
Yang merk 1~3 lokal semua, made in Indonesia. Tapi kualitasnya bagus loh (padahal belum pernah nyoba yang impor semacam Burberry dll juga sih, hihi...) ah pokoknya saya yakin bagus. Dari bahan aja uda kelihatan bagus soalnya. Lembut dan terlihat nyaman untuk dipakai bayi.
Sedang yang nomer 4 buatan China. Saya beli soalnya penasaran sama bahan covernya yang dari bamboo charcoal. Gitu.
.
Masing-masing clodi ntar saya tulis di post berbeda aja ah, soalnya kayaknya panjang direview jadi satu.
Nah, bicara soal clodi, maka hal yang saya kira paling dikhawatirkan ibu-ibu adalah masalah nyucinya. Betul, betul, betul? Soalnya clodi gak bisa kaya pospak yang sekali pakai bisa buang. Saya sendiri juga kenapa sebelumnya hanya punya 2 clodi, yaitu alasan males nyuci, kedua alasan biaya inisialisasi yang tinggi (soalnya harga 1 clodi setara 1 pak pospak isi 30-40, tampak menggiurkan ya?)
.
Namun kali ini aseli saya mau tobat. Saya mau Na merasa nyaman. Apalagi sekarang Na uda mau jalan. Kasian banget kalo pahanya kena bahan pospak terus (biarpun saya udah berusaha milih pospak terbaik semampu saya: baca post). Di samping itu saya mau buktiin dari segi finansial, kira-kira bisa hemat berapa persen dibanding belanja pospak. *ada juga sih alesan tambahan: motifnya itu lhoooo...aseli lucu-lucu! Tapi ya gini ini, musim lagi musim hujan kayaknya saya bakal mendapat ujian & cobaan berupa HUJAN. Soalnya ada selembar cover clodi Na yang udah seharian belum kering juga, hiks. Tapi lupakan, saya mencoba beriman. (lagian gak boleh dong nyalahin alam, lha kalo kekeringan minta ujan, giliran ujan masa minta panas? Duh jangan ya...semuanya adalah berkah dari Allah :)


.
Soal cuci-mencuci nih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatiin dalam mencuci clodi ini. Terutama cara cucinya yang emang kadang sedikit #ehm 'ribet' dibanding baju biasa. Bayangin aja dalam pertama kali mempelajari clodi dulu, saya sampe males pakein clodi lantaran baca term&condition -nya. Alih-alih ngelajanin, saya malahan cuek aja dan main nyampur aja semua cucian jadi satu ke mesin cuci *muahahaha* #janganDitiru. Untungnya clodinya gak sampe rusak ato gimane-gimane. Tapi karena niatnya tobat, baiklah mari kita perbaiki masalah pencucian seonggok kain ini. Tapi perhatikan saya berusaha membuat bahasanya sederhana biar kesan ribetnya ilang. Begini skenario-nya:

POSISI : Clodi baru datang / dibeli. 
Prosedur prewash
1. (biarpun motifnya unyu banget), jangan langsung dipake ke bayi. Mari kita prewash.
2. Cuci terpisah dengan cucian lain.
3. Masukkan ke mesin cuci, cuci tanpa detergen.
4. Jemur sampai kering
5. Cuci lagi
6. Jemur lagi
Keterangan : jadi prewash  ini supaya clodi mengembang dan performanya lebih bagus, daya serap ompolnya akan lebih maksimal!

POSISI : Clodi sudah selesai dipakai
Prosedur pencucian
1. Siram dulu pake selang atau kran dengan air yang deras, sehingga ompol atau pup akan mengalir dan pergi...hush hush
2. (apabila masih belum bersih pup-nya), kucek dikit pake tangan. Kalau bisa jangan pakai sikat. Kalau masih susah juga ilang nodanya kasih detergen dikiiiiiit aja.
3. Masukkan ke mesin cuci, untuk sekitar 5-10 potong clodi, cukup pakai setengah sendok detergen aja.
4. Selesai bilas, jemur deh

*Term & Condition*
>> Detergen yang digunakan tidak boleh pakai pemutih, pelembut, pewangi, enzym, dll (bisa menurunkan performa insert). Kalau ada budget beli aja detergen khusus clodi. Kalau gak ada, detergen yang relatif aman adalah; Daia Bunga atau Attack Easy.
>> Bilas pakai air dalam jumlah memadai. Jadi biarpun detergennya dikit, tapi clodi dijamin tetap bersih dan segar lagi baunya.

Oh iya, ada lagi nih hal yang diperlukan untuk maintenance kualitas clodi (terutama insert-nya), yaitu: Stripping. Ada beberapa cara, tapi kalau saya pilih yang metode rendam insert dengan air hangat sekitar 10 menit sehingga residu detergen bisa hilang. Indikator residu hilang adalah insert akan kembali lembut dan tidak keras (mirip saat baru beli gitu deh).

By the way, gimana? cara pencuciannya udah kelihatan sederhana gak? *kayaknya tetep ribet deh Jeng* hehehe. Ya kalau gitu, mindset aja bahwa cara di atas gak ribet. Yang penting adalah niat, untuk memilihkan yang lebih sehat untuk anak juga untuk lingkungan (juga uang belanja dari suami :D. Mari bareng-bareng yuk, beralih ke clodi!

==== nyambung-gak nyambung, foto Na dan ayah harus tetep ada ====




2 komentar:

  1. hohoho bar ribet, tp aku tetep niat makein clodi kok mbak. moga2 dimudahkan niatku ini. lahiran masih Maret 2016 tp aku udah kelar prewash insert (insert litty-nya Pempem kudu prewash 6x booo! hahaha) sejak sblm masuk musim penghujan. salam kenal mbak. mampir kemari hasil browsing pengalaman ibu2 berclodi :)

    https://whileinsydney.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. waaah saya belum pernah prewash sebanyak itu, sekali doang langsung pake hehehe... ok makasi infonya mbak

    ReplyDelete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template