Wednesday, January 15, 2014

(mommies journal) saya, Na dan televisi

Saya pernah baca di forum parenting, katanya tv tidak bagus untuk anak (apalagi bayi), karena bisa membuat anak terpaku secara visual dan membuat lambat kemampuan verbalnya, alias jadi telat bicara. Sehingga disarankan untuk melarang anak nonton tv sebelum 2 tahun. No television under 2 years old! 

How can?

Ini selanjutnya pertanyaan yang bikin saya puseeng. Piye carane? Soalnya salah satu hiburan ibu-ibu macem saya ini sambil nungguin anak maen kan ya nonton tv. Gak selalu acara gosip lho ya, tapi sebagai human being setidaknya saya butuh nonton berita, acara musik, serial drama dan...kartun. Yap, saya penggemar film animasi (liat aja isi blog saya jaman bujang). Jadi sesekali saya pengen juga nonton tv. Akhirnya otomatis Na ikutan nonton tv. Apalagi area main Na (baik dirumah ortu saya atau ortu Mas) adalah di ruang tengah. As you knew, mostly there are a television on a living room, rite? Dan akhirnya dong...Na ikutan nonton tv.

Na uda bisa nonton tv sebenernya uda dari jaman 3 bulan (jaman saya tinggal kerja dan dia dijaga pengasuh). Selanjutnya saat saya gak kerja lagi, saya berusaha kurangi nonton tv saat bersama Na. Biasanya saya cuma nonton saat Na tidur. Tapi akhir-akhir ini (sekitar umur Na 10-11bulan), intensitas Na nonton tv meningkat. Apalagi kalau yang dinyalain channel yang nayangin kartun...wah...bisa ndomblong bareng deh ibu dan anak terlalu menghayati cerita!

Well, sebenernya saya sih gak terlalu gembira atau bangga tahu Na doyan kartun di usia yang setahunan ini. Tapi ya, mau bagaimana lagi rada susyeh secara makin lama saya juga butuh hiburan saat jenuh. And it work when this thing turned on. Lumeyen yee kalo cape ngoceh sama bayi atau pas bayi juga uda bosen sama mainannya. #realitasHidup.

Namun karena saya tahu ini gak bagus, ceritanya saya tetep belajar mau ngurangin intensitas nonton tv-nya. Ini nih beberapa langkah saya:
  1. Usahakan kalau nonton tv pilih tayangkan acara yang benar-benar untuk anak. Sedikit banyak apa yang dia tonton akan terekam di memorinya. Jadi kalaupun kartun saya pun pilih yang 'ramah-anak',bukan kartun yang rada 'gimana' gitu. Yang ditonton Na palingan: Teletubbies (it's her first fave serial), Pororo, Cocomong, Upin Ipin (yang ini emaknya juga suka banget), Shaun the Sheep. 
  2. Saat dia terlihat terlalu asyik nonton tv, coba sambil terangkan apa yang dia lihat. Misalkan, "Waah itu bagus ya dek, main sama temennya. Pinter." *ini nih yang jago ngajarin ayahnya.
  3. Biarpun dia nonton tv, karena menurut saya matanya butuh istirahat, sesekali sambil saya sodorkan mainan yang lain supaya perhatiannya teralihkan dan gak terlalu saklek ke layar tv.
  4. Kalo uda kelamaan banget nontonnya sih, cara singkatnya saya panggil aja Na supaya noleh, trus cepet-cepet matiin tv dan ajak main mainan yang lain.
  5. Kalo cara di atas belum ampuh, langsung deh gendong trus diajak main ke teras atau halaman samping.
Tapi Alhamdulillah-nya, nampaknya Na juga punya batasan saat nonton tv. Biasanya gak sampesejam juga dia bosen sendiri dan merengek duluan minta mainan yang lain. Hehe...*apalagi kalo emaknya yang ternyata keasyikan nonton tv.
Jadi yaa...gitu deh kisah saya, Na dan tv. By the way, sekarang saya jadi 'terharu' soalnya Na uda paham fungsi remote, yaitu untu ganti channel tv. Jadi dia bisa sok-sok pencet-pencet remote (iya, tentu saja random tombol) sampai channel tv bisa keganti. Dan semalem, kebetulan kabel satelite tv rumah saya rusak jadi tv mati. Dan langsung Na nyari remote buat dipencet dengan harapan sang kotak menyala. Gagal. Dan pagi ini dicoba lagi!

Akhirnya saya ngalah ngajak Na nonton tv di kamar yang kabel-nya gak bermasalah. *padahal niatnya ngajak puasa nonton tv.
Duh!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template