Monday, June 02, 2014

(old day stories) Tentang Ujian Jaman Sekolah

Sebulanan kemarin heboh pada UNAS ya, mulai SD, SMP, SMA. Trus sekarang sih musimnya para adek kelas Ujian Semester. Hmm hmm, mendadak inget gimana jaman masih ngerasain ujian macem gitu... Gini nih kalo versi saya.

1. Semacam kondisi antara 'Hidup-Mati'

Ini untuk kondisi UNAS ya. Jaman saya SD kayaknya sih masih pake istilah EBTANAS. Bukannya khawatir gak lulus, tapi ya gitu kepikiran kan ujian kelulusan, malu ih kalo nilainya jelek. Hehehe... Padahal yakin deh, saya gak bego-bego amat (Alhamdulillah). Jadinya ya belajarnya rajin sangat. Jaman SD sampe punya guru privat gitu, ama mbak mahasiswa.
Trus jaman SMP saya rada lupa gimana rasanya. Ya resepnya cuma belajar giat aja sih ya. Nah yang rada 'horor' dikit mungkin SMA. Soalnya kan udah lebih dewasa, mau kuliah pula. Walaupun jaman saya udah mulai berlaku: "nilai minimum untuk kelulusan", saya waktu itu belum terlalu kepikir 'bakal gak lulus', tapi lebih takut nilainya bakal jelek. Eh belagu bener gue *lempar sendal*. Yah, syukurlah memang pada akhirnya lulus. Dan gak sempat mengalami depresi jaman sekarang yang bahkan ada di berita saking takutnya UNAS sampai bunuh diri. Astagfirullah...

2. Boleh request "Sarapan Idola"

Hihihi, karna lagi ujian boleh dimanja dikit lah ya sama Ibu. Karena jaman saya kecil makanan paling dibatesin adalaaaah : mie instan. Jadi saya kesempatan dong minta sarapan mie instan. Hehe. Favorit saya Indomie Goreng, Sarimie isi 2 rasa Ayam Kecap sama Gagamie 100 Mie Goreng Pedas. Sluuurp!!!
Kalo gak gitu, palingan saya request nasi pecel langganan sama nasi bungkus yang biarpun murah tapi enyaaak banget lho.

3. Contekan sama Temen

Bukannya ngandelin contekan buat ngisi jawaban ya. Tapi buat saya adegan nyontek ini memerlukan sebuah 'strategi jitu' untuk membuat gak ketahuan pengawas. Hehe, kalo berhasil tanpa guru tahu itu serasa tentara sukses latihan mata-mata. Tapi seinget saya jaman UNAS sih gak sempet contek-contekan, paling beberapa yang saya bener-bener lupita *tenang aja bisa diitung jari doang*. Soalnya menurut saya waktunya uda singkat ya jadi gak sempat deh cocok-cocokan jawaban.
Tapi contekan ini suka saya praktekin kalo ujian biasa aja, ujian semester atau ulangan harian gitu. Katanya jaman SMA gak sempurna kalo gak merasakan asyiknya contekan. Hehe, ya buat sensasi seru-seruan lah yaa! Walopun jaman tua gini jadi mikir, "kok gue ada di kasta lebih rendah ya dari golongan yang nyontekin-doang-tapi-gak-minta-contekan?" Hahaha...malu euy kok gak rajin belajar.


Itu sih yang keinget. Betewe nih jadi keinget jaman 2006 dulu waktu pertama kali berlaku nilai minimum kelulusan dan 3 mata pelajaran wajib UNAS (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika). Nah, ternyata paling horor taun 2006 itu Matematika-nya sodara. Inget banget soalnya 30 dan lumayan nguras waktu buat ngehitung dan mikir. Nas pas itu di sekolah sebelah, kebetulan saya punya temen. Sebut saja namanya A. A ini temen SMP saya dan lumayan pinter lah. Jadi temen sekelasnya banyak ngandalin A tiap ujian, termasuk saat UNAS Matematika. Waktu itu dia juga keteteran ngerjain, tapi sempet ngasi contekan ke temen yang duduk di belakangnya, sebut aja B. Nah yang jadi masalah, waktu itu si B rada siwe, nomor yang mestinya 16 dia isi ke 17, 17 ke 18, dst. Jadi sampe nomer akhir salah tempat semua. Fatalnya dong, si B nyebar jawaban yang dia dapet ke 4 anak di belakang dan 4 anak di sampingnya. Hasilnya 9 anak tadi ternyata gak lulus dan harus mengulang kelas 3. Heboh sekali karena pada masa itu belum lazim cerita siswa yang tidak lulus karena UNAS. Sedih sih karena dari sekian orang ada 2 yang saya kenal baik...Pengalaman itu bikin kita sadar ya, nyontek itu emang gak baik teman. Jangan ditiru adek-adek!

Ya yang jelas sih harapan saya semoga ke depannya UNAS bukan menjadi hal menyeramkan yang bikin seorang murid ketakutan atau putus asa sih ya. Kalaupun harus dihadapi semoga dihadapi dengan usaha dan doa saja. Bukan harus mendadak bikin istighosah yang ngajak murid nangis, bikin murid parno, ngajarin murid contekan atau cari bocoran soal... Kalaupun memang gak lulus, ya sudah mungkin mengulang harus dijalani.


Dan lagi, ternyata setelah perjalanan hidup bertambah, masih lebih banyak lagi "ujian" di hidup yang lebih lebih sulit, kejam dan horor. Hahaha...

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template