Monday, June 09, 2014

(old day memories) Cerita Jaman Dulu tentang Televisi

Malam ini pada rame nonton Debat Calon Presiden nih ya. Ada yang nonton di rumah sendiri, rumah tetangga atau malah pada di Balai Sarbini. Awalnya tadi saya nonton sih biar gak kudet gitu, tapi kalah sama hawa-pengen-rebahan di kamar, jadinya pindah deh dari ruang tengah ke kamar tidur. Karena di kamar juga gak ada tivi, jadi ya uda deh mainan internet bentar sebelum bobo.

Kali ini tentang nonton tivi bareng. Jaman sekarang sih udah jarang ya acara nonton tivi bareng sama tetangga a.k.a nonton tivi rame-rame. Palingan kalo lagi musim bola aja, para pria pada nonton bareng di warung kopi atau kafe. Tentu karena sekarang hampir semua rumah punya tivi sendiri yes? malah sekarang rata-rata jumlah tivi di rumah udah pada lebih dari satu, karena ada tivi di ruang tengah, ruang tamu, kamar tidur, pos satpam, sampe kamar ART. Beda dong sama jaman dulu, jaman tivi masih barang mewah.

Kalo soal masih 'langka'-nya tivi jaman dulu sih saya keinget cerita Ibu saya. Dulu semasa kecil sampe menikah, Ibu tinggal sama Budhe saya (kakak tertua ibu) di sebuah desa. Nah jaman era 1970-an ato 1980-an gitu, yang namanya tivi masih barang langka jeuung. Soalnya bisa dikategorikan barang mewah (apalagi di desa). Jadi di satu desa palingan yang punya cuma satu dua aja, itupun biasanya yang punya kalo enggak pejabat desa ya orang kaya gitu, hehe. Nah, Alhamdulillahnya itu Budhe saya punya tivi jaman kala itu. Tapi jangan bayangin tivi-nya kaya jaman modern... Jaman dulu sih tivi-nya hitam-putih dan masih pakai tenaga aki buat nyalainnya. Ck ck ck ck...

Nah karena itu, momen nonton tivi jadi hal yang lumayan 'hits' soalnya masih pada penasaran dong gimana rasanya lihat tivi. Karena itu Budhe masang tivi sengaja di ruang tamu, tepat di daerah sekitar pintu jadi kalau para tetangga pengen ikutan nonton bisa duduk-duduk santai di ruang tamu, teras, kadang sampe di halaman. Rame yak? Trus, karena tenaga aki juga bisa dibilang mahal, maka tivi gak bisa dinyalain terus-terusan. Harus ada acara tivi tertentu yang dipilih untuk ditonton dalam satu hari. Kata Ibu saya sih, jaman dulu acara yang jadi idola warga itu acara Aneka Ria Safari (macem Indonesian Id*l jaman sekarang), Srimulat, Ludruk, Ketroprak, pokoknya acara yang dianggap seru aja yang dipilih. Jadi nonton tivi sih cukup malam hari saja. Serunya lagi, kalau ada acara spesial yang akan tayang hari itu, biasanya sih sejak pagi orang udah mulai nyebarin dari mulut-ke-mulut, misalnya ada Ludruk spesial Agustusan malam ini. Jadi orang udah siap-siap ntar malam bakal kumpul di rumah Budhe.

Kata Ibu saya, waktu kecil senang sekali saat berada dalam momen kumpul seperti ini. Menyenangkan sekali beramai-ramai berkumpul bersama teman dan tetangga untuk sekadar menonton tivi saja. Merupakan hal yang gak bisa keulang di jaman sekarang karena masing-masing orang sibuk dengan tivi masing-masing. Sedangkan dahulu, menonton tivi saja bisa menambah nuansa guyub antar tetangga.

Satu lagi, hal yang paling gak asyik dari acara nonton tivi ini adalah masalah tenaga aki-nya. Karena kadang, saat acara masih di tengah-tengah, tiba-tiba aki mulai habis, dan gambar di tivi perlahan menjadi garis tipis, tipis, makin tipis dan lalu hilang. Disambut ucapan, "Yaaaaaaaaah...." dari para penonton. Hihihi, kalo uda gitu pada bubar deh pulang ke rumah masing-masing. Soalnya kan gak mungkin isi aki malem-malem.

minjem gambar dari kaskus.co.id


Dan sekian tahun berjalan, makin bertambah kemakmuran, maka sedikit-sedikit jumlah pemilik tivi bertambah. Sehingga orang yang biasa berkumpul nonton tivi di rumah Budhe saya berkurang menjadi setengah, sepertiga, seperempat, dst. Hehe, kata Ibu saya jadi makin sepi. Tapi, saya sih pas kecil masih sempat ngerasain aura nonton bareng di rumah Budhe saya ya. Udah bukan tivi aki lagi, tapi udah tivi tabung pake listrik dan berwarna gambarnya *detil amat jelasinnya*. Jaman SD, kalau nginep liburan di sana, tiap malam masih ada para ibu-ibu yang suka datang untuk nonton sinetron bareng Budhe saya. Hihihihi, ya mungkin buat kaum ibu sekitar, rumah Budhe masih asyik dibuat jadi base camp kali ya. Jadi saya sempat merasakan aura 'ketegangan' kalo nonton sinetron, terutama kalo tokoh jahat datang, wah pada menghujat deh. Kata Bapak saya sih, "Nih misal yang jadi artis jahat itu jumpa fans ke kampung sini, bisa dilemparin sendal ibu-ibu kali ya. Tapi kalo yang dateng ke sini artis baik, bisa balik ke Jakarta bawa beras sekarung sama pisang hadiah dari warga." Hehe, kayaknya jaman itu akting para pemain sinetron Tersanjung cukup membuat terkesima ya?

Ah, begitulah kisah si tivi ini. Dari benda langka menjadi biasa saja. Apa lagi ya barang yang sekarang langka tapi besok menjadi benda lazim?

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template