Thursday, June 12, 2014

(healthy life) Food Combining-er wannabe

Waaah, ada yang berubah dari blog ini? Mengapa mendadak bahas kesehatan? Hihihi, gapapa dong suka-suka eike. Ya ceritanya sih seiring bertambahnya umur kan pengennya tetep sehat dong. Mana udah jadi Emak, kudu latihan hidup sehat, syukur-syukur makin cakep jadi anak ikutan sehat dan suami hepi.

Tapi ya gitu ya, secara masih belajaran, sub topic blog ini sih bukan mengajarkan hidup sehat karena saya bukan pakar. Tapi isinya curhatan cerita saya nyoba hidup lebih sehat aja gitu, syukur-syukur ada yang mau nambah masukan buat saya kan.

Trus soal Food Combining (FC). Udah pada tau? kalau gak tahu seperti biasa pakai Google dong... Soalnya kalo saya njelasin konsepnya masih sungkan euy. Masih belajaran, belum baca buku-buku lengkapnya pula. Hihihi. Tapi yang jelas, semenjak pertama baca arti FC, saya langsung ngerasa klik dan berpikir FC adalah pola makan yang rasional menuju sehat. Karena dia mengatur manajemen apa yang kita makan, bukan asal masukin semua jenis makanan ke dalam perut. 4 sehat 5 sempurna? c'mon itu udah basi! Bayangin aja deh gimana perut ngelola makanan macem gitu? Yakin gizi-nya bakal terserap sempurna? Intinya, coba dulu deh baca tentang FC ini. Pahami dan resapi... huhuhu


Balik ke saya nih, apakah saya udah jadi FC-er? jawabannya adalah BELUM. Iya masih wannabe nih. Masih belum konsisten ikutin juklaknya. Tapi setuju banget sama juklak #ckckck. Namun, contekan-contekan yang saya ambil dari juklak ini lumayan lho, bikin hidup lebih nyaman. Padahal palingan saya baru ngejalanin sekitar 10%-nya aja, eh tapi manfaatnya kok udah lumayan maknyuss ya. Keren! (betewe, makasih banyak buat mbak Kiky yang yang sering retweet akun Erykar Lebang, hihihi...diam-diam saya kepo).

pinjem dari thecrohnsjourneyfoundation.org



Kapan dong mulai nyoba juklak FC?

Nah awalnya beberapa bulan lalu, lupa. Pertama yang dipraktekin adalaaah...memisahkan antara karbo dan protein hewani. Kenapa ini yang saya coba? Soalnya menurut saya ini paling susah bro! Bayangin dong kita makan ayam bakar tanpa nasi, makan bebek goreng tanpa nasi, makan ayam KFC tanpa kentang goreng, makan soto gak pake nasi, serta...makan nasi goreng gak pake telor? Haha...pasti orang lain bakal mengernyitkan dahi atau malah komen, "kok gak pake nasi sih? mana kenyang?". Ya namanya juga mau hidup sehat, bukan sekedar nyenengin lidah ya, hehe.
Lantas, apakah saya berhasil menerapkannya? Pastinya sih belum. Maklum karena tinggal sama ortu/mertua, jadi sering gak masak sendiri dan ikut menu yang ada. Godaan banget liat ayam goreng dan sambel pedas terhidang di meja, mau makan sayur kok gak ada stok sayur #cariAlesan. Hehehe...

Makanya saya sering malu kalo kadang lagi kepo sama akun Erykar Lebang tadi. Beliau mengkritik (saya lupa redaksinya, tapi kira-kira begini), "Bilangnya mau melakukan apa saja supaya sehat, tapi disuruh ngatur pola makan aja gak mau." Malah saya pernah denger ada yang makan apa-aja-makan sampe kolesterolnya kambuh, tapi katanya santai aja, toh bisa diobati ini. Wah, seneng dong RS, pasien banyak! Jadi bisa dibilang, pepatah "mencegah lebih baik daripada mengobati" mulai diabaikan orang ya, karena pada mulai mikir, "gakpapa sakit, kan bisa diobati" #amitamit.

Setidaknya, walaupun mungkin Anda gak sependapat sama prinsip FC, tetaplah mengukur dan mengatur pola makan. Minimal jangan berlebihan. Ya tahu sendiri kan berlebihan itu gak bagus (dalam hal apapun). *catet ya ibu Putri, karena sudah anda tulis di blog anda, maka anda bertanggungjawab pula mempraktekan.

Let's be healthy guys!



*bersambung*

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template