Monday, June 09, 2014

(mommies journal) Balita (pengen) Mandiri

Cerita soal anak lagi ah (sok jadi mamah-mamah blogger kece). Kali ini soal step perkembangan anak dimana anak jadi pengen mandiri. Ciyuus? Yup, mungkin masa umur segini anak ngerasa asyik meniru dan ingin mencoba segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan orang dewasa.



Jadi sempat heran juga ngeliat Na di umur segini. Mau minum susu UHT, pengen nusukin sedotan sendiri ke kotaknya. Mau makan wafer, pengen sobek sendiri bungkusnya. Mau makan roti, juga asyik sendiri nyobekin roti jadi kecil-kecil kemudian dimakan sendiri. Yang rada heboh kalo makan buah kali ya, belepotan kemana-mana. Kalo kotornya sih saya gak masalah. Yang ribet karena Na gak bisa makan sambil diem, mondar-mandir, duduk sana duduk sini. Nah jadi pas jalan beresiko kepeleset air dari si buah yang dia makan. Bikin saya harus stand by bawa lap pel deh *elap keringet*.

Kalau anak berada di fase seperti ini, menurut saya sih ini moment yang pas juga sekalian ngajarin si anak belajar mandiri. Jadi kalau liat Na kayak pengen minum, saya kasih tau, "Itu ada air/ susu di atas meja. Adek ambil ya?". Trus ntar si Na tinggal jalan 'ala-bebek' ke meja (baru lancar jalan soalnya, hehe) *asyik juga kan anak udah bisa minum sendiri, jadi gak repot kita ambilin? #baladaEmakMales.

Fase ini juga artinya si anak udah pandai mengingat kejadian sehari-hari. Jadi saya kaget juga pas bilang, "Ayo Dek mandi dulu.". Maka si Na udah langsung memandang ke bak mandinya, lalu berjalan dulu menuju ke jemuran tempat handuk lalu memanggil saya seakan mengajak saya ngambilin handuknya dan jalan bareng ke tempat mandi. Uhuuy, asik banget lah ngeliat balita beranjak gede.

Tapi ya gitu deh...arti paling sulit bagi fase ini adalaaaaah...menjadi teladan yang baik bagi anak. Soalnya apa yang kita ajarin ya itu yang dia terapin. Apa yang dia lihat ya itu yang dia tiru. Oke, mari belanja stok kesabaran dan ketelatenan banyak-banyak. Sama kata si Ayah sih, "Banyak-banyak ngaji ya Bund."

:)

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template