Tuesday, November 11, 2014

(story of life) Sepotong Cerita dari Desa ~ Selingkuh!

Sebenernya rada serem deh bahas masalah 'selingkuh' ini. Horor deh bagi saya, hehehe. Tapi denger cerita unik kalo gak ditulis kok rasanya gak afdol gitu hidup saya ya. Jadi saya tulis dikit deh di sini.


Seorang wanita yang sudah berusia sekitar 50-60 tahunan, sebut saja mbok Lam pernah bercerita pada saya, *sebenernya percakapan ini sih pake basa Jawa, tapi langsung saya translate bahasa Indonesia aja ya biar gampil bacanya*
"Ponakan saya tadi baru datang, ngabarin kalo mantan suami saya sekarang lagi sakit. Stroke katanya, badannya gak bisa gerak."
"Ooo gitu, trus mbok Lam mau jenguk?" tanya saya.
"Iya nih saya beliin buah semangka sama biskuit. Ntar sore saya jenguk. Hmm, palingan sakitnya juga kualat sih sama saya..." katanya enteng sambil bercanda. (kebetulan si mbok Lam ini orangnya ceplas-ceplos kalo ngomong, walopun hatinya sebenernya gak sepedes omongannya sih)
"Emang abis ngapain dia mbok?" tanya saya lagi.
"Lah dulu kan pas jadi suami saya dia selingkuh mbak. Bilangnya pergi ke tempat temen. Eh gak taunya ke pasar malam boncengan sama cewek. Trus akhirnya saya ditinggal." *maksudnya selingkuh dan kemudian gak jadi suaminya mbok Lam lagi, kalo orang kampung sih biasa gitu, gak pake ngurus surat cerai segala...pisah ya sudah langsung pisah aja*

Oooo, saya baru ngeh kalo si mbok Lam pisahnya gak terlalu 'baik-baik' gitu. Ditinggal selingkuh rupanya. Dan kata cerita orang sih setelah pisah, mbok Lam ya sudah hidup sendiri sampai tua sekarang. Penghasilannya didapat dari pekerjaannya sebagai asisten rumah tangga dan juga dari hasil sawah mantan suaminya. Iya, jadi sebagai 'ganti-rugi' perpisahan, mbok Lam dapat sawah milik suaminya.

Setelah kejadian pahit yang menimpa dirinya, mbok Lam menjadi tipikal yang suka menenangkan tetangga lain apabila ada yang mengalami kasus serupa. Contohnya waktu ada tetangganya, mbak Sar yang juga habis marah-marah gara-gara tahu suaminya yang kerja jadi tukang ojek ternyata selingkuh. Selingkuh sama seorang janda pemilik warung nasi. Dan uniknya si janda itu loyal bener sama suaminya mbak Sar, sering beliin baju dan beberapa barang sehari-hari. Bahkan pernah membelikan sepeda Polygon dan pasir satu truk waktu suami mbak Sar lagi mbangun rumah untuk keluarganya. *aneh kan*

"Udah Sar, gak usah marah-marah. Percuma cuma jadi tontonan orang toh udah kejadian. Ribut-ribut juga gak dapat apa-apa... Diem aja. Biar Gusti Allah yang mbales semuanya. Lagian masih mending secara gak langsung keluarga kamu dapat 'materi' dari si perempuan itu," hiburnya pada mbak Sar.
Gubrakkk, batin saya.

Oh ya balik lagi ke cerita mbok Lam ya. Yang jelas saya jelasin lagi mbok Lam bukan orang yang kejam. Bahkan dia orang yang pemaaf. Saat si selingkuhan suaminya itu kemudian menjadi istri baru suaminya dan kemudian sakit di usia tuanya, mbok Lam bahkan dengan ikhlasnya datang untuk menjenguk. Termasuk memaafkan saat si wanita meminta maaf atas perbuatannya di masa lalu. Tak hanya itu, saat dua tahun lalu si wanita meninggal, mbok Lam ikut memandikan, memangku jasad si wanita dan membasuh badannya.


Sungguh errr... Aduuuh bingung ah ya, kejadian-kejadian "kepasrahan wanita" seperti ini. Apa terjadi karena wanita cenderung nerimo sama takdir yang didapat ya? Karena ya memang tak dipungkiri masih banyak perempuan di pedesaan Indonesia yang kurang edukasi, keterampilan dll. Beda banget kalo kejadian gini menimpa wanita kota yang berpendidikan. Walah, bisa ribut dari masalah hak asuh anak sampe harta gono-gini kali ya?


Udah ah, saya gak mau beropini. Hahaha, serem pokoknya kalo bahas selingkuh. Apalagi saya tipikal orang kompetitif dan obsessive compulsive, hehehe. Wis, pokoke ojo sampe kejadian, amit-amit!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template