Tuesday, November 18, 2014

(random note) Nulis-nulis Jaim

Saya hobi blogwalking, membaca berbagai cerita orang tentang hobi, kehidupan dan inspirasinya. Setaun terakhir ini juga hobi baca newsfeed FB. Yap, baca berbagai share cerita atau kondisi teman, link lucu dan kabar-kabar lainnya. Yups, di dunia internet ini semakin banyak orang yang pintar menulis loh. Kalo jaman dulu pengen nulis harus nunggu lomba mengarang, tugas karya tulis, ato minimal nulis di diary, maka sekarang tinggal ketik-ketik hp/ laptop, langsung deh bisa bikin 'pengumuman' ke jagad raya soal segala sesuatu, bahkan bisa lengkap dengan foto atau videonya lho *buat yang punya semboyan no pict = hoax, hihihi...

Dari berbagai tulisan orang yang saya baca, saya sering merasakan sensasi 'seru' buat penulis yang bisa cerita blak-blakan atau punya tulisan ekspresif. Misalnya nulis tentang kenalan ato teman yang lucu, nulis galau waktu sedih atau mungkin tulisan marah saat mengalami kecewa. Seru, soalnya yang tipe begini bisa cerita lengkap-gamblang tanpa jaim. Gak perlu ada yang ditutup-tutupi. Nah kalo saya, entah kenapa seriiing banget mikir ulang kalo mau nulis atau share sesuatu. Mau nulis tentang pengalaman teman ato sodara, takut si empunya cerita marah ato tersinggung (misalkan kalo yang mau saya ceritain itu hal konyol atau gak mengenakkan). Bahkan opsi ngasih nama samaran-pun juga masih khawatir, lha kalo ada yang ngerasa dirinya saya expose ceritanya tanpa 'restu', saya berarti menyakiti hatinya dong? Aih nambah musuh, lha nyari temen aja susah kok malah cari musuh. Alhasil saya suka kagok kalau mau bikin postingan [personal story], mikir-mikir... Paling nulis hal-hal positif atau pengalaman baek aja lah, itung-itung ngasih inspirasi kali ada yang nyasar ke blog saya. Dan minimal kalo si empu-nya cerita baca blog saya dia jadi gak tersinggung. Ini pun akhirnya kadang saya minta izin dulu ke empu-nya cerita kalo saya mau posting sesuatu, hehe. Riweuh!

Trus saya juga jadi sering malu kalo baca FB jaman dulu. Haha... Deuh mungkin banyak banget update status saya yang ngisin-isini. Pamer sesuatu, terlalu mengeluh sesuatu, serta status yang berbau galau. OMG, kalo bisa dihapus saya hapus deh. Tapi semua yang keluar udah gak bisa ditarik dong? Udah masuk ke database-nya Mark Zurkenberg (eh mbuh lali hurufnya) sonoh. Hehe, malu kenapa? Iya dong malu... Soalnya kalo baca status abegeh yang belum dewasa sekarang, banyak banget mereka yang hobi bikin status macam, "Aku kangend banged cama kamuh", "Caia tag bisah hidup tanpamoe", "Duh sebel nih guru suka kasih PR banyak, emg gw sibuk ini doank"...eh berharap dulu gak pernah nulis macem begitu #AmitAmit. Atau misal status pamer punya HP baru macem punya BB di era booming-nya (trus bikin setting apdet "sent from Blackberry smartphone"). Trus kan gak lucu saat beberapa taun kemudian jamannya gadget lain yang canggih muncul, eh saya udah gak ngikutin. Nah loh semacam OKB kan? Pamer pas ada duit, ngilang pas lagi kere. Udah gitu nambah dosa, pamer ke orang. Padahal sejatinya hidup manusia seperti roda, bisa di atas bisa di bawah. Dan apapun yang kita punya hanya titipan. Mau pamer hal bagus-bagus (dengan tujuan membanggakan diri) atau hal buruk-buruk (dengan tujuan menyalahkan takdir) kayaknya hal yang salah ya?

Akhir kata saya sering ribet mau nulis apa-apa. Hehe, tapi saya hanya berharap, semoga bila ada yang pernah baca tulisan saya mengambil hal-hal baik saja. Meskipun tulisan saya mungkin buruk.




Ajining diri soko lathi,
ajining raga soko busana.

(Identitas diri seseorang ada pada isi ucapannya,
identitas raga seseorang nampak dari penampilannya)

Kalo jaman sekarang :
Apa yang kamu tulis, itulah dirimu.
Tulisanmu, ucapanmu juga.


Inspirasi Tulisan ini : FB saya sendiri, haha...

Berbicara di depan umum, tentu ingat bahwa apa yang kita sampaikan menunjukkan diri kita. Berbicara dengan orang lain, berarti sebaiknya memperhatikan juga kondisi lawan bicara. Sama dengan posting di Blog, share status di FB/ Twitter, bukan hanya sekedar mengeluarkan uneg-uneg, tapi lebih baik lagi bila yang keluar bermanfaat untuk yang lain, ato minimal tidak mengganggu yang lain.
*edisi kurang setuju kalo ada yang bilang sosmed sebagai 'ajang nyampah
*edisi emak (lagi) bijaksana bijaksini
Dan lebih asyik lagi kalo membaca hal-hal yang menyenangkan sih ya... Yuk mari menulis lagi!
# buka Blogspot

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template