Wednesday, March 25, 2015

(random note) culinary - Sirup Pokak dari Pasuruan

Saya pernah baca tentang wedang Pokak, salah satu minuman tradisional di Jawa Timur (kalau gak salah ada yang bilang dari Madura). Yang jelas karena wedang adalah istilah Jawa untuk minuman hangat, maka wedang Pokak ini tentunya juga jenis minuman anget-anget ya.

Nah kemarin Mas Suami bawain oleh-oleh Sirup Pokak Bu Endang sehabis ngerjain proyek di Umbulan, Pasuruan. Bentuknya sirup jadi lebih praktis tinggal menyeduh layaknya sirup biasa. Cuma kalo yang ini cocoknya ya seduh air hangat ya.


Sirup Pokak Bu Endang
Minuman Tradisional Rempah-Rempah
Khas Pasuruan

Produksi : Tiga Putri Ef


Bahan-bahan :
Gula pasir, gula merah, Bunga pala, Merica, Cengkeh, Cabe, Kapulaga, Sereh, Keningar, Jahe, Bahan lain.

Cara Penggunaan :
- Kocok dahulu sirup ini sebelum dipergunakan
- Tuangkan ke dalam gelas 2-3 sdm kemudian tuangkan air panas atau air dingin sesuai selera




Trus saya nyobain dong pas lagi pengen minuman anget. Sebelumnya saya gak terlalu merhatiin komposisinya. Dan begitu minum rasanya...wow, ini mah bukan hanya hangat tapi hot. Maksudnya rada pedes pedes anget gitu di tenggorokan. Memang pas sih kalo diminum pas cuaca dingin atau lagi gak enak badan. Begitu saya baca botolnya, "oooh pantesan bahan rempah-rempahnya lengkap bingit yang bikin hot," hehehe.

Saya rasa produsennya cukup kreatif membuat 'wedang dalam bentuk sirup', karena biasanya minuman tradisional sering dianggap gak praktis bikinnya. Kalo ini kan gampang tinggal tuang. Selain itu rasa aseli bahan-bahannya juga kerasa, gak kaya sirup yang kadang pemanis buatannya banyak itu. Soalnya tenggorokan saya sensi sama pemanis buatan, jadi saya mudah menebak jenis sirup. Kalo yang ini gula merahnya kerasa maknyus... Sayangnya saya gak tahu harganya, abis si Mas juga dikasi temennya hehe.

Nambah lagi deh wawasan tentang kuliner asli Indonesia. Pssst, gara-gara rempah-rempah ini bikin bangsa Eropa dulu rebutan negeri kita lho. Jadi jangan lupa jaga warisan kuliner milik kita ya!

4 komentar:

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template