Tuesday, March 24, 2015

(old day memories) Pemain Basket (Abal - Abal)

Kemarin anak tetangga saya yang duduk di bangku SMP, Hesty, memakai baju olahraga voli sekolahnya. Ow ternyata siang itu dia akan bertanding voli. Ada turnamen olahraga sekabupaten dan dia adalah salah satu wakil sekolah yang ditunjuk.

Ingatan saya jadi ikutan melayang ke jaman SMP. Dulu juga pengeeen banget bisa olahraga. Di SMP saya, olahraga yang agak 'hidup' di sekolah adalah voli (maklum sekolahnya bukan seperti di kota besar yang aktif di berbagai cabang olahraga). Sayangnya saya bukan anggota ekstrakulikuler voli. Lha sekedar ngelempar bola voli buat ujian praktek aja gak becus gimana bisa main voli beneran, hehehe.

Kemudian saat SMA kepikir lagi deh buat ikutan ekstrakulikuler olahraga. Abis ngeliat raport gak ada ekstrakulikuler berbau olahraga kok kurang sedeeep gimana gitu. Kemudian denger dari temen ada ekskul basket cewek (tahun lalu kebetulan hanya ada basket cowok), langsung deh mengiyakan ikut mumpung temen sekelas ada 2 orang yang juga ikut (maapkeun saya memang follower sejati haha). Jadi kalau dirangkum alasan saya ikut basket sangatlah cetek.
1. Buat keren-kerenan doang, katanya cewek sporty itu keren (plis, jangan muntah bacanya), 2. Sekalian diet (maklum obsesi langsing), 3. Cuci mata karena konon cowok bisa basket itu banyak yang cakep (ampuuun mas Suami, abis situ dulu gak daftar SMA yang sama sih, wekekeke), dan terakhir 4. Buat tambah-tambah nilai di raport, SMA kan cuma sekali seumur hidup hehe. Alhasil rajinlah saya ikut ekskul basket tiap Selasa dan Kamis.

Salah satu pengalaman lucu ikut ekskul basket ini adalah saat latihan. Biasanya ada hari tertentu di mana pelatih kami gak datang. Jadi saat malas, beberapa anggota gak ikut pemanasan malah cuma main bola sesukanya aja. Intinya dateng cuma isi absen aja. Seperti juga pada sore itu. Saya dan teman-teman kebanyakan juga lagi angot-angotan jadi kami rada ngawur di sesi pemanasan. Eh mendadak muncul si pak Pelatih dan berkata, "Ayo latihan lengkap hari ini!" alias latihan dilengkapi dengan...lari keliling lapangan belasan kali, lari sprint, sit-up skot-jump push-up puluhan kali dilengkapi latihan dribble dan shot puluhan kali. Hasilnya hari itu kami yang gak pemanasan merasakan tulang kaki tangan seperti remuk selama beberapa hari, hahaha.

Waktu terus berjalan dan anggota terus merosot karena udah males sehingga kalo gak salah tinggal sisa 7 anak perempuan saja. Pada saat yang sama ada Liga Basket di kabupaten. Karena anggota basket yang perempuan di sekolah cuma 7 tadi, maka otomatis saya ikut tim. Seneng dong bisa ikutan, padahal kalo ada seleksi beneran mungkin kedaftar di bangku cadangan aja enggak! Tapi sebagai remaja yang labil bersemangat, ya udah saya pede aja. Apalagi waktu kapten tim basket putra bilang, "Basket putri sekabupaten yang daftar cuma 3 sekolah doang," #selameeet.

Dan berlangsunglah Liga Bola Basket tersebut. Selain seneng bisa ikutan tanding dan bisa cuci mata tim sekolah lain, yang bikin hepi lagi adalah saat pertandingan siang maka anggota tim boleh pulang duluan sebelum jam belajar sekolah selesai. Jaman itu, bisa dadah-dadah ke temen di kelas yang lagi belajar rasanya...senangnya tuh di sini, di dalam hatiku!

Sayangnya ada hal yang bikin melas saat pertandingan. Sekolah dan pak Pelatih sepakat bahwa kostum untuk tim basket putri adalah...kostum pemain pria tahun lalu #terkesiap. Entah gak yakin bisa menang kali ya jadi biar gak boros ongkos sehingga keputusan itu dibuat. Segeralah saya mencari nomor kostum teman cowok yang keliatan rada bersihan untuk memastikan setidaknya biarpun bekas. *geli bayangin seragam bekas keringet paska tanding, herrr! Itupun saya sempat sial saat hari terakhir pertandingan ternyata celananya ketuker sama teman yang ukurannya XL. Oh My! Malangnya nasib tim putri. Makanya saya jealous berat waktu kuliah tahu ternyata 2 tahun setelah itu sudah ada budget untuk seragam basket putri. Weiks!

foto lama hehehe



Oh ya, trus gimana hasil liga tersebut? Sekolah kami juara 2 sekabupaten. Haha, mau bangga tapi kok juara 2 dari 3 peserta ini. Yah but it's nice memory lah. Itung-itung nambah wawasan, pengalaman juga teman. Karena ternyata skill basket saya tetap cetek sampe sekarang. Namun saya gak nyesel ikutan basket. Lucu sih kalo diingat. Dan satu saja kalimat pak Pelatih yang masih saya inget sampe sekarang, "...kalian boleh merasa bisa basket kalau sudah bisa mengendalikan bola ini (basket, -red),..." karena itu saya tahu kalau saya tetaplah bukan pemain basket! Pemain basket abal-abal.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template