Tuesday, March 24, 2015

(book pick) Resensi #07 : Lotta

Kali ini saya baca buku anak-anak yang santai aja ah. Judulnya Lotta karya Astrid Lindgren. Astrid Lindgren ini adalah salah satu penulis buku anak yang terkenal karya-karyanya. Saya memiliki beberapa buku karyanya, hasil hunting di Gramedia Book Fair jaman kuliah. Dan saya suka style ilustrasi di setiap bukunya. So classic!



DATA BUKU

Judul : Lotta
Judul asli : Barnen På Bråkmakargatan & Lotta På Bråkmakargatan
Karya : Astrid Lindgren
Copyright : Saltkråkan AB/ Astrid Lindgren
Published : Rabén & Sjögren Borkförlag AB, Stokholm - Sweden

Hak cipta terjemahan Indonesia : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan kedua Juli 1991
Cetakan ketiga September 2007
Tebal : 184 halaman
ISBN-10: 979 - 22 - 3152 - 8
ISBN-13: 978 - 979 - 22 - 3152 - 6



BLURB

Jonas, Maria dan Lotta adalah anak-anak keluarga Nyman. Mereka anak-anak yang cerdas dan banyak akalnya. Kalau ada mereka, apa saja bisa terjadi. Terjatuh dari jendela, tercebur ke danau, berhujan-hujan agar cepat besar ---seperti tanaman--- dan macam-macam lagi. Anak-anak yang lincah dan periang ini membuat siapa saja yang mengenalnya tertawa ---tetapi kadang-kadang, juga kalang kabut. Terutama Lotta, si bungsu yang lucu dan ulahnya tak pernah bisa diduga.

Resensi & Sinopsis



Kali ini saya gak bisa nulis sinopsisnya, hihihi. Soalnya buku ini sebenernya menceritakan bagaimana keseharian Lotta dan tentu saudara-saudaranya. Bagaimana kebersamaan (baik saat rukun atau bertengkar), kejahilan serta kepolosan Lotta. Tak lupa bagaimana ayah dan ibu Lotta yang terkadang kerepotan menghadapi ulah Lotta. Namun buku ini sih menarik buat saya, saya kan penggemar cerita anak-anak. Hehehehe... Memahami bahwa di balik kenakalan mereka sebenarnya terkadang tersimpan ide-ide kreatif dan kecerdikan mereka. Dan dibutuhkan kebijakan orang tua untuk mengubah kenakalan masa kecil menjadi kreativitas mereka di masa mendatang.

Sebagai ganti sinopsis, saya ganti daftar isi saja deh buat menggambarkan apa cerita di buku ini. Oh ya, buku ini juga mudah dimengerti anak di bawah 10 tahun, karena cukup banyak ilustrasi di dalamnya. Bagus gambarnya!


Keluarga Lotta yang Bahagia
Lotta Ingin Besar
Bermain Setiap Hari
Lotta Keras Kepala
Bu Berg
Piknik
Ke Rumah Kakek dan Nenek
Lotta Tidak Mengumpat Lagi
Hari Sial Lotta
Lotta Dipenjara
Hari Natal yang Indah


Lotta Pindah Rumah
Serbasalah
Lotta Pindah
Ke Mana Lotta Pergi?
Lotta Menyewa Tempat Tinggal
Lotta Mendapat Tamu
Lotta Kesepian







0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template