Tuesday, March 24, 2015

(our family story) Happy B-Day Adekku Yusuf

Hari ini adek saya yang bungsu, Yusuf berulang tahun. Haha dasar anak kecil, dari tadi sibuk Whatsapp nitip pesen kado. Padahal kalo abege biasanya sibuk make a wish, sementara kalo orang 'dewasa' makin sibuk nyembunyiin umur, hihihi.

Oh ya, back to topic, tentang si adek saya yang satu ini. Dia lahir 10 tahun lalu, 24 Maret 2014 sewaktu saya duduk di kelas 1 SMA. Jarak yang cukup jauh ya? Karena kedua anaknya perempuan, tentu orang tua saya hepi banget akhirnya genap sudah punya anak lelaki.

Sebagai anak kecil beranjak besar, tentu adek saya ini bisa dibilang bandel banget! Ada aja tingkahnya yang bikin pusing atau heboh. Kalo Mami saya bilang, "Seneng banget sih Dek dimarahin orang?" karena kadang tingkahnya yang suka bikin orang jengkel. Saya sendiri pun termasuk kakak yang paling sering ngomelin dia. Makanya saya ngakak waktu liat di kontak HP-nya dan mendapati nomer saya diberi nama Kak Ros. Iya, galaknya saya ke adek saya emang mirip bener sama Kak Ros ke Upin Ipin itu, hehehehe...

Mengingat Yusuf saya kadang merasa bersalah kalau sering marah. Ya walaupun suka bikin jengkel, tentunya juga bikin kangen karena setelah berkeluarga saya tidak tinggal serumah lagi dengan Yusuf. Apalagi adek saya ini sayaaang banget lho sama Na dan Ka. Walopun bandel, dia suka bermain dengan keponakannya (walopun kadang caranya agak ngawur sih, hehehe). Namun yang jelas juga bikin Na suka kangen sama Om-nya ini (kalo baby Ka belum tahu saya, kan belum bisa ditanyain).



Yusuf sering sekali punya pertanyaan lucu yang bikin ngek jawabnya. Misalnya,
"Mbak, kena strectmark nggak abis ngelairin?" ---> keseringan liat iklan Glyderm
"Mbak, keputihan itu apa sih? Kulitnya putih?" ---> efek iklan Betadine Feminine Hygiene
de el el.

Adek saya hobi banget minum susu sampe sekarang, udah deh rutin tiap bangun tidur pagi sama sebelum tidur malem pasti minta dibuatin (dan kalo enggak dibuatin ngambek). Tapi anehnya kalo lagi nginep di rumah orang lain gak pernah ribut minta dibuatin susu, ck ck ck. Ya, emang ada beberapa kebiasaan sedari kecil yang belum hilang sepenuhnya. Semoga makin dewasa nanti dia bisa lebih mandiri juga ya.

Namun selain jahil dan bandel, adek saya bagaimanapun sayang lho sama saya, kakaknya yang galak ini. Makanya kalau inget jaman pas dia masih TK saya suka terharu-biru. Jaman seusia itu saya, Shinta (adek tengah) dan Yusuf hobi sekali jalan-jalan sore naik sepeda motor keliling sekitar rumah. Pernah kami punya pengalaman lucu waktu JJS di sebuah TK. Saat mencoba ayunannya, eh suaranya kok 'krek - krek - krek' kaya di film horor gitu. Udah gitu rasanya memang sekitar TK itu sepi sekali dan auranya bikin merinding. Saya dan Shinta juga entah kenapa kompak turun dari ayunan dan langsung menuju motor sambil membawa Yusuf. Setelah beberapa meter dari TK dan dekat perumahan orang saya dan Shinta tertawa, "aduh Mbak kok perasaan horor kita sama ya!", trus saya jawab, "lha gimana rasanya suepi trus suara ayunannya kayak gitu, apa sekolahnya udah gak kepake ya?" Sejak saat itu kami suka menjuluki 'sekolah hantu'. Padahal jelas hipotesa kami salah karena keesokan paginya saat kami lewat TK iti lagi suasananya normal kaya sekolah lain. Si Yusuf masih suka nyeletuk sampai sekarang, "ah Mbak Dian sama Mbak Shinta nih, dulu ngapain sih ngajak aku kabur dari situ, hahaha..."

Kenangan saat saya masih jadi 'kakak di rumah' yang lain adalah saat kami bertiga setiap sore mengejar tukang pentol langganan. Seru sekali setelah ketemu pentol kesukaan kami akan mencari tempat duduk yang adem sambil makan bersama. Hmmm... Selain itu kami juga suka banget foto bareng bertiga (tapi dulu ga ada istilah selfie, wefie, dkk ituh), sayang nulis ini pake hp jadi belum bisa deh aplod foto jaman lawas itu.

Namun ada satu kenangan yang paling membekas di saya. Waktu itu saya sedang mahasiswa semester akhir, sedang kelimpungan mengerjakan berbagai tugas dan Tugas Akhir sehingga tiap pulang ke rumah akhir pekan agak malas diajak ke mana-mana, bawaannya pengen males-malesan aja gitu. Ditambah lagi kalo cuaca panas, maklum lagi obsesi kulit putih *kemakan slogan Shinzui -putih itu cantik, ck ck ck. Jadi saya menolak ajakan Yusuf naik sepeda bersama. Padahal biasanya setiap sore atau pagi kalau saya santai (ato malah lagi libur kuliah) kami biasa naik sepeda bersama muterin jalanan desa. Maklum Yusuf lagi baru pinter-pinternya abis belajar naik sepeda. Saya bilang, "males nih Dek...panas ntar item akunya". Namun Yusuf tetap keukeuh ngajak saya untuk segera mengambil sepeda saya sementara dia sudah siap dengan sepedanya. Akhirnya dengan malas saya pun turutin dia untuk bersepeda. Eh di tengah perjalanan dia mengendarai sepeda di pinggiiir banget. Katanya, "lewat sini nih Mbak Dian, kena bayangan pohon kan adem, jadi Mbak Dian enggak item..." sambil terus memancal sepedanya dengan gembira. Saya speechless, terharu ternyata omongan iseng saya pun dia tanggepin. Dan dia memikirkan cara supaya saya tidak menolak ajakan bersepeda bersama lagi. Juga memikirkan kecemasan saya soal takut kulit gosong supaya saya tetap senang. Duh, maafin Mbak ya Dek... Kalau ingat itu rasanya saya ingin memutar waktu sebentar untuk menemanimu bersepeda lagi, karena sekarang Mbak sudah sibuk dengan keluarga, kamupun lebih suka bersepeda dengan teman-temanmu. Gantian Mbak yang pengen bersepeda sama kamu Dek...


foto jaman adek masih TK :D saya masih remaja belia, huek


***

Anyway, yang jelas, Selamat Berulang Tahun ya Adekku! Semoga bertambah usia semakin bertambah pula kedewasaanmu dan bertambah baik akhlakmu, hehe. Walopun kalo kamu baca postingan Mbak ini entah kamu mudheng maksudnya ato enggak ya. Jangan bandel sama Mami Papi di rumah ya Dek.

Salam sayang dari Kak Ros :*

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template