Wednesday, March 18, 2015

(our family story) Na : Belajar Jadi Kakak

Punya anak dua dengan umur dekat alias antara kakak-adek masih sama-sama kecil kadang bikin hati suka deg-degan. Gimana enggak mikirin apakah kakak siap nerima kehadiran adeknya? Apakah sempat perhatian ke adek sedangkan ngurusin si kakak aja kerepotan?

Dan ternyata saya gak sempat mikir lagi karena mereka berdua sudah 'kadung' ada di depan mata saya dan harus dihadapi, buahahaha... Trus gimana dong?

Awal-awal Na emang sebel sih sama adeknya, sampe gak mau tidur sekamar sama saya. Tapi kemudian setelah saya selesai masa nifas dan diperbolehkan melakukan kegiatan agak berat seperti ngegendong Na lagi, lama-kelamaan Na berkurang deh ngambeknya. Dan saat usia si baby Ka mendekati 4 bulan rupanya Na udah mulai ngeh bahwa 'makhluk imut' baru di rumah adalah adeknya yang merupakan bagian dari keluarga. Misalnya waktu ngoceh sendiri, dia suka bilang, "Naik mobil... Ayah, Bunda, Atha, Dedek... empat!"
*) Na = Atha, kalo masalah angka 4 bukan berarti dia udah bisa ngehitung tapi dia sukanya bilangan empat, hihihi
Eh tapi bener lho sekarang dia maunya ke mana-mana berempat. Pernah pas mau belanja kepikir buat ninggal baby Ka di rumah aja sama kakek-neneknya. Eh si Na bilang, "Dedek ikut!" alias ngajak adeknya.

Dulu Na juga sering marah kalau saya ngasih ASI ke baby Ka, malah maksa ikutan pengen dipangku #elapKeringet. Tapi kalo sekarang sih santai aja dia. Malah kalau mereka berdua kebangun sama-sama di malam hari, saya juga udah gak khawatir akan kerewelannya. Soalnya si baby Ka kalau haus tinggal kasih ASI. Nah kalo Na haus tinggal minum UHT kotak kecil deh. Abis masing-masing kenyang langsung pada tidur. Na bahkan udah bisa mapan nyari bantalnya sendiri dan langsung ngelanjutin tidurnya, zzz...zzz.

Sering juga sewaktu saya ada di luar kamar sementara tiba-tiba baby Ka yang ada di kamar menangis dan kebetulan Na tahu, maka Na akan berlarian mencari saya sambil bilang, "Nda...nangis! Dedek!" maksudnya ngasihtau kalo dedeknya nangis. Dan kemudian Na akan bersama saya masuk ke kamar lalu berkata pada saya, "Mik, mik!" atau nyuruh baby Ka minum ASI hehehe...

Na dengan gayanya juga bisa momong baby Ka walaupun emang masih gak karuan. Sering dia ikut mengayun bouncer warisan Na baby Ka sambil berseru, "Dedek, dedek, dedek!". Kalau saya bilang, "Atha tungguin dedek ya," maka (kalau lagi nurut) Na oke aja nungguin baby Ka di kamar saat saya sibuk ngambil popok misalnya. Haha, ini anak kecil nungguin anak kecil.



Ya memang sih gak mudah juga memberi pengertian ke Na tentang adik barunya. Tapi Alhamdulillah Na kok ya lama-lama ngerti. Saya juga gak menyangka diberi Allah kemudahan seperti ini. Awalnya ya memang harus sering memposisikan mereka selalu bersama. Sambil sering bilang, "Dedek diajak ya," atau "Bobok sama dedek ya," sambil deg-degan sih secara nempatin satu bayi dan satu balita di satu tempat. Hahaha...

Oh ya urusan nidurin anak-anak juga PR banget deh! Kalau kondisi baik-baik saja, biasanya baby Ka menjelang magrib udah ngantuk jadi tidur duluan. Sedangkan Na akan ngantuk menjelang Isya jadi ketika baby Ka udah tidur baru deh Na masuk kamar. Kadang Na tidur di kasur yang berbeda sama baby Ka (iya saya punya kasur dobel deh di kamar hehe), tapi sering juga Na mau tidur sebelahan sama baby Ka. Kalo baby Ka udah pules sih aman ya, soalnya sebelum tidur sih Na suka 'ngoceh' alias bercerita banyak hal dulu yang tentunya bikin kamar berisik, hihihi. Kadang ada juga kejadian ajaib, seperti kemarin keduanya lagi berjejeran dan sama-sama melek tapi posisi ngantuk sepertinya. Saya diemin dan liat dari pojok aja. Eh malah lama-lama tidur sendiri. Tapi ya kadang juga repot sih memposisikan tidur sekamar seperti ini. Bisa sama-sama gak jadi tidur. Hal ini sering kejadian pas tidur siang. Baby Ka baru aja tidur, eh Na lewat dan berisik. Akhirnya baby Ka bangun. Trus Na maksa tiduran di bantal sebelahan sama baby Ka. Saat ganti Na mulai mengantuk eh mendadak baby Ka yang nangis. Yah, batal deh semua tidur termasuk saya #mewek.



Soal nangis bareng juga suka bikin rese', karena kadang mendadak mereka kaya ngelindur di malam hari dan nangis kenceng bareng! Trus saya cuma pasrah sambil bilang, "Sst...sst...sst," eh malah pada diem trus balik tidur. Sambil saya mikir, ini pada ngimpiin apaan sih? Haha.

Yang paling miris buat emaknya adalah saat jam tidur mereka gak bisa bareng. Misalnya baby Ka tidur siang terlalu awal, saya tinggal dong buat nyuapin Na makan siang. Nah gantian begitu Na kenyang dan udah tidur siang, eh kok baby Ka udah bangun trus ngajak maen. Jadilah nasib miris saya, gak kebagian jam tidur siang, huahuahua...

Kembali ke topik, apapun itu, terima kasih Na udah belajar jadi kakak imut buat dedek yang masih kecil. Kiss,

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template