Monday, March 16, 2015

(mommies journal) baby Ka dan Seputar Imunisasi

Hal yang bikin saya rada males waktu punya bayi adalah...nganter imunisasi. Abisnya menurut saya imunisasi itu penting dan perlu. Tapi ngeliat anak di-enjusss dokter dan nangis itu bikin rada deg-degan. Ditambah kadang orang lain suka nakut-nakutin imunisasi itu bikin anak rewel. Mana makin gede anak itu ternyata makin ewuh ngajak anak imunisasi, kaya si Na itu. Makin dia gede makin hafal dia bentuk RS langganan kami beserta seragam para dokter dan suster, haha. Jadi belum disuntik juga uda nangis minta kabur deh dia.

Nah karena saya punya baby Ka berarti saya harus memulai lagi drama imunisasi *tarik nafas dulu. Dan kali ini lebih rumit karena suami gak bisa nganter imunisasi kaya jaman Na masih baby dulu. Saya harus berangkat sendiri (ya walopun ada temen tapi kalo bukan sama suami sendiri itu rasanya rada gemes-gemes gimana gitu *ngelirik suami) jadi kalau ada tangisan bayi berarti saya harus siap ngehadapin sendiri deh.

Karena alasan itu ditambah sekarang asuransi kesehatan keluarga pakai BPJS, maka imunisasinya berarti gak bisa di dsa kaya jaman Na yang dicover perusahaan tempat kami bekerja. Artinya baby Ka ikut imunisasi Pemerintah yang ada di Puskesmas. Selain itu kebetulan juga jarak Puskesmas dengan rumah kediaman saya deket banget dibanding harus ke RS/ dsa yang harus lintas kecamatan. Akhirnya dengan alasan kepraktisan dan hemat mensukseskan program Pemerintah, maka saya ikutin deh imunisasi dasar baby Ka di Puskesmas. Selanjutnya untuk imunisasi lain seperti PCV, MMR de-el-el rencananya baru ke dsa.

Nah kemudian saya nerima jadwal imunisasi seperti ini dari buku Kesehatan yang diberi Puskesmas dan teringat sesuatu...sepertinya ada yang beda deh dengan imunisasi jaman baby Na.




sekarang ada tambahan subsidi vaksin HIB (kalau gak salah sekitar tahun 2014)


Setelah browsing sana dan sini akhirnya saya baru ngeh kalo dulu baby Na ikutan jadwal imunisasi IDAI, sedangkan yang akan baby Ka ikutin adalah jadwal imunisasi Kemenkes. Kalo jadwal baby Na pakai yang ini nih.



Jenis imunisasinya tentu juga berbeda. Seperti misalnya yang bikin saya bingung adalah soal jadwal di umur 2 bulan baby Ka adalah imunisasi DPT + Hep.B + HIB + Polio. Nah kalau di Puskesmas kemarin baby Ka pakai vaksin dari Biofarma namanya Pentavalen (karena isinya sekaligus combo 5 vaksin) ditambah Polio tetes (OPV). Trus saya inget, loh kok dulu baby Na pakai Pediacel ya? Sementara vaksin Pediacel ditambah OPV saat umur 3 bulan. Pediacel ini isinya adalah combo DPT + HIB + Polio. Loh trus vaksin Hep.B nya baby Na kemana dong kok gak bareng kayak baby Ka. Ealah trus saya baru inget, ternyata jadwal pemberian vaksin Hep.B berbeda antara IDAI dan Kemenkes alias vaksin Hep.B diberikan di bulan terpisah *lega setelah nyadar, abis khawatir ada yang kurang lengkap gitu vaksinnya, hehehe.

Jadi pengalaman baru deh buat saya, ternyata ada 2 versi jadwal berikut jenis imunisasi. Jenis imunisasi ini juga beda banget terutama di harga (jaman baby Na sih sekali ke RS bisa hampir 700 - 800 ribu tiap bulan karena vaksinnya produksi luar, sementara baby Ka sekarang gratis karena disubsidi Pemerintah).

Trus opini saya? Hmmm, jujur awalnya sempat gengsi dan menyangsikan juga sih, ya karena otak cetek saya membandingkan antara harga yang terpaut jauh serta perbedaan fasilitas RS swasta yang cukup mewah di Bekasi dengan Puskesmas sederhana di kecamatan, haha. Tapi setelah baca sana-sini akhirnya saya insha Allah gak ragu lagi karena Biofarma ini bukan perusahaan sembarangan lho (silahkan googling sendiri ya).

Trus gimana baby Ka setelah mendapat vaksin Pentavalen pertamanya? Karena denger-denger si Pentavalen ini bikin bayi demam sedangkan Pediacel gak bikin bayi demam. Alhamdulillah sih malam harinya baby Ka tetap tidur pulas dan gak rewel walaupun pas saya pegang keningnya eh ternyata emang agak anget. Tapi saya cuekin aja sih, hehe wajar mungkin penyesuaian di dalam badannya aja. Nganggur deh si Paracetamol!



Ngomong-omong soal imunisasi, bukan hanya sekedar beda antara vaksin impor mahal dan vaksin lokal bersubsidi, jadwal IDAI dan Kemenkes, masih ada lagi topik imunisasi dasar yang diwajibkan Pemerintah dan imunisasi tambahan yang harus merogoh kocek sendiri atau dicover asuransi swasta. Ada yang menganggap perlu dan ada juga yang enggak. Bahkan ada juga yang menganggap imunisasi sama sekali gak perlu disertai isu vaksin haram. Aih mempelajari imunisasi ternyata panjaaang urusannya, hehe. Menurut saya sih program Pemerintah untuk subsidi imunisasi ini bermanfaat sekali lho. Dipikir-pikir seperti kecamatan saya yang jauh dsa dan RS tentunya kehadiran imunisasi di Puskesmas amat membantu lho. Ditambah gratis tentunya membuat masyarakat terbantu secara biaya serta gak perlu pikir-pikir lagi untuk imunisasi anak.

Akhir kata, semoga pilihan saya perihal imunisasi ini tepat ya, siapa sih orang tua yang pengen anaknya sakit. Buat Na dan baby Ka, walopun jenis vaksin kalian berbeda, semoga kalian selalu sehat, aamiiien!



NB : Saya juga berharap cepet tinggal satu kota dan satu rumah deh sama Mas suami, biar ada yang nemenin baby Ka imunisasi, hehehehehe.

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template