Monday, December 01, 2014

(mommies journal) Bayinya Besar ya?

Nulis yang ringan-ringan dulu ah. Kali ini soal bayi saya yang katanya jumbo, hehehe... 4,8 kg! Sampe pas saya datang ke RS gegara baby Ka kuning, eh lha kok para perawat di ruangan bayi juga pada nyeletuk gini,
"Wah, ini ya si bayi yang jumbo itu. Lucu ya gede banget..."
"Loh ini ya anak yang hampir 5 kg itu. Yang katanya ibunya sampe sini uda bukaan 9. Cepet banget ini lairnya."
"Bu kok pinter ya ngeden ngeluarin bayinya? Bagus banget bisa lairan normal."

*terima kaseeh mbak-mbak*
*ternyata Ny. Ardana ini jadi seleb dadakan yang jadi bahan obrolan suster dan bidan RS*

Eh gak maksud pamer ya cerita di sini. Ini sekedar cerita ringan tentang jarang yang lairan dengan bayi di atas 4 kg. Dan itu pemirsah, sungguh hal yang amat berat dalam proses melahirkannya. Secara ngeden berasa gak selese-selese dan butuh banget tenaga ekstra. Jadi paham kenapa disarankan (kalau bisa) pas di perut bayinya jangan gede-gede. "Ngegedheinnya pas di luar aja," gitu kalo kata para orang tua.

Jadi mari evaluasi apa 'kesalahan' saya, hehe...mungkin bisa jadi pelajaran bagi yang lain. Menurut ingatan saya sih, jaman hamil baby Ka saya amat doyan nasi. Terutama di pagi hari. Kalau lauknya cocok, walah kadang saya sampe sarapan 2 kali, hihihihi. Trus kesalahan saya yang lain, kalo wiken suka banget beli eskrim (pikir saya kalo sekali seminggu gapapa lah ya, hehe #penggemarCornetto #bukanPenggemarMagnum). Tapi kayaknya ngaruh ya? Ditambah saya dua minggu sekali beli sebungkus Silver Queen (pikir saya juga kan jarang, haha). Tapi menurut suami saya itu juga ngaruh!

Nah, selain itu saya juga suka buah-buahan. Namun jeleknya saya sih, saya gak menjadwalkan makan buah dengan benar (padahal udah berniat ikut Food Combining) eh ternyata kalau makan buah tanpa 'perencanaan' yang bagus maka hasilnya juga gak pas ya?

Trus apa lagi ya? Ya sementara sih itu yang saya ingat. Mungkin buat pertimbangan ibu-ibu hamil yang lain. Nutrisi itu perlu tapi jangan kebanyakan juga ya, heehee...ntar berat badan naik 20 kg lho *nakut-nakutin orang ah! hehehe Jadi asupan gizi harus seimbang tapi tidak berlebih. Selain itu juga ukuran bayi juga menjadi pertimbangan untuk ibu yang memiliki panggul kecil. Sebab tidak sedikit juga yang memilih operasi caesar untuk melahirkan dengan bayi ukuran besar. Nah buat ibu-ibu yang lagi berencana lairan normal, ukuran bayi juga perlu diperhatikan ya.

Kembali ke baby Ka. Walaupun udah sederet kemungkinan penyebab di atas, mungkin udah suratan takdir saya ya punya baby Ka yang endut lucu ini (saking gedenya berasa udah lairan sebulan lalu aja). Yang bikin ketawa ya itu, baju-baju newborn baby gak jadi deh dipakein ke baby Ka. Lha gak muat, ck ck ck. Liat baby Ka dibedong juga kerasa lucu, "Gede gini kok dibedong,". Dan juga saya merasa janggal sama dsog saya yang sekitar 2 minggu ngukur bayi saya lewat USG. Beliau bilangnya, "Beratnya sekitar 3,3 ~ 3,5 ya Bu," (yang sebenarnya ukuran 3,5 kg juga udah bikin saya ngeri karena target saya sih bayi 3 kg aja pas lair, hehehe). Nah yang menjadi misteri adalah :
1. Dsog salah ngukur berat bayi
2. Dsog udah tau kalo ukurannya besar tapi sengaja gak bilang ke saya. Kali takut saya pingsan di tempat kalo tau ukuran sesungguhnya. Apalagi si dsog ini dikenal pro- lairan normal, tidak menuruti permintaan lairan operasi caesar apabila alasan medisnya tidak kuat sekali.

Ah tapi Bunda bersyukur kamu terlahir sehat Nak. Tugas Bunda nih buat badan kamu makin tumbuh besar dan jadi anak yang sehat. Kiss, cup!

1 komentar:

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template