Monday, December 08, 2014

(baby product) Minyak (cap) Tawon

Hehe aslinya rada aneh memasukkan minyak ini ke post Baby Product. Tapi memang saya sih familiar sama benda ini (dan aneka minyak lain seperti minyak telon dan minyak kayu putih) setelah punya anak. Kalo dulu entah kenapa saya suka males pegang minyak-minyakan gitu. Licin di kulit sih!

Oke mari kembali ke Minyak cap Tawon atau yang lebih dikenal sebagai Minyak Tawon. Siapa dia?



Setau saya dulu minyak ini biasa dipakai buat pijat atau ngilangin bentol karena digigit serangga. Trus saya kira ini minyak tradisi Jawa, tapi eh kalo diperhatiin kok di botol minyaknya ada huruf Cina. Apa ini resep tradisional Cina? Tapi bingung lagi pas baca yang produksi adalah sebuah pabrik di Sulawesi. Nah jadi ini aseli mana ya? Hehe...

Yang pasti pas baca di kertas pembungkusnya, ternyata banyak banget manfaat healing-nya. Dan bisa dilihat kemasannya kayaknya udah jadul banget ya...mungkin sejak produksi udah gini kemasannya.

Keterangan Produk


Bee Brand Medicine Oil
(Minyak Gosok cap Tawon)


Adalah obat tradisional yang diproduksi sejak 1912.

Komposisi:
Oleum Cocos, Oleum Cajuputi, Oleum Citronella, Oleum Terebinthinae, Zingiberis Rhizoma, Allium Sativum, Piperis Nigri Radix, Curcumae Rhizoma, Corrigent, dll.

Description
Oleum Cocos : as a constituent
Oleum Cajuputi : counter irritant, carminative
Oleum Citronella : as a parfume and mosquito repellent
Oleum Terrbinthinae : counter irritant, carminative
Zingiberis Rhizoma : as a flavoring agent, intestinal stimulant carminative, diaphoretic and fungiside
Allium Sativum : antiseptic, antipasmodic, diaphoretic and fungiside
Curcumae Rhizoma : antiseptic, stimulate, granulation
Mentholatum : as a corrigent, counter irritant, antipurtic and carminative
Champora : as a corrigent, antiseptic and antiprutic

POM TR. 072 667 431
Diproduksi PT. Tawon Jaya Makassar - Sulawesi


Nah abis baca kertas pembungkusnya baru deh saya rada ngeh apa sih isinya si Minyak Tawon. Trus apa dong gunanya buat anak saya? Jadi ternyata minyak ini simpel banget buat bantu masalah :

1. Bekas Gigitan Nyamuk atau Serangga lain
Sebel kan liat ada bentol di kulit anak (paling sering sih nyamuk). Nah kalo saya liat cepet deh saya kasi Minyak Tawon ke bentolnya itu (iya seuprit atau setotol aja tepat di bekas gigitan). Biasanya gak sampe 2 hari ilang. Makin cepet dioles abis digigit makin cepet ilangnya...kadang sehari juga udah hilang.

2. Ruam Popok
Banyak ibu yang repot cari krim-krim penghilang ruam popok. Untung anak-anak jarang kena sih... Alhamdulillah. Tapi kalo mendadak kena, saya oles tipis Minyak Tawon, trus saya kasih dikit Bedak yang ada Zinc Oxide-nya (di pantat aja ya, jangan dekat tempat pipis/ pup). Trus saya istirahatin kulit anak dari pospak.

3. Biang Keringat
Ini juga mirip sih, biasanya saya kasih tipis Minyak Tawon sama bedak yang ada Zinc Oxide-nya. Biasanya kasus biang keringat yang ada di lipatan kulit.


Nah itu deh fungsi si Minyak Tawon ini buat saya. Betewe, bedak yang saya pake merk Cusson (warna kuning) atau Zwitsal (tutup ungu).

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template