Wednesday, December 03, 2014

(beauty topic) Perawatan Paska Melahirkan - Beberapa Tips

Setelah bahas perjamuan sekarang bahas lagi perawatan yang laen. Hehehe, jangan heran ya sekarang saya jadi puteri keraton ala-ala yang rempong sama perawatan abis lairan...abis lairan di kampung halaman sih ya. Kalo seenak jidat bisa digetok Kanjeng Mami ama Kanjeng Ibu Mertua eike :D Yah tapi dinikmati aja lah, kali aja kalo manut ntar saya segera seksi kaya Olla Ramlan sehat.

Nah ini nih beberapa perawatan yang lagi saya coba tekuni :

1. Bengkung
Hmm ada beberapa istilah sih, kalo di sini ada yang bilang pakai angkingan, udet, atau istilah gampangnya pakai stagen itu loh.



Mungkin ini familiar banget ya di Indonesia. Kalo saya sih pake gurita trus didobel stagen. Ada yang cuma pake stagen doang. Ada juga yang pake gurita doang. Kalo saya pake gurita soalnya biar perut gak gatel kena stagen.



Hmm, ada yang bilang, "Ribet amat sih?". Kalo saya sih daripada mata eneg liat perut yang menggelambir emang lebih baik 'dibungkus' aja deh, hehehe. Kalo gurita sama stagen ini sukses bantu bikin perut rata lagi ya Alhamdulillah... Ya ngikutin tradisi nenek moyang boleh lah ya (walopun penasaran juga sih katanya secara medis memang 2 minggu setelah melahirkan secara alami rahim akan mengecil). Yang jelas saya sih tetep gak berani membiarkan perut 'kosongan', hehe.

2. Korset
Ini sih mungkin pakainya abis hari ke-40 aja... Kalo udah bosen pake stagen, heheh. Dan kayaknya butuh juga sih dipakai kalo keluar rumah *pasang imej langsing, hihihi.

3. Ramuan Penghilang Kaki Bengkak
Udah lazim kali ya liat kaki ibu yang abis melahirkan bengkak. Bersyukurlah yang tidak mengalaminya. Kalo saya sih ngalamin, dan yang kemarin lumayan parah soalnya saya kecapean. Eh untungnya dikasih ibu mertua ramuan yang mujarab banget! Asem matang (beli di tukang sayur) campur garam campur sir dikit aja, trus dioles ke kaki (dari jari sampai paha) sambil diurut lurus. Eh manjur banget dalam sehari udah berkurang drastis bengkak saya. Dalam 3 - 4 hari kaki saya kembali ke ukuran normal #senaaang!





Karena penasaran saya sempat googling apa khasiat asam Jawa dan garam ini. Hmm, ternyata memang kedua zat tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah. Ditambah kaki juga harus lebih banyak selonjor, jangan kebanyakan berdiri atau jalan kaki.

4. Air Rebusan Daun Sirih
Udah pada paham lah ya kepopuleran si daun sirih buat area kewanitaan, hehe.



Nah karena lagi (sok) centil maka selama hampir 2 minggu saya sih basuh area kewanitaan pake air rebusan daun sirih ini. Daun sirih itu punya antiseptik alami lho. Lebih sipp rebusan sendiri daripada sabun-sabun yang kadang malah bikin alergi.

5. Pijat Badan
Ini nih yang paling makjoss buat ibu-ibu yang lagi kecapean abis lairan plus rempong ngurus bayi. Pijat dong! Hehe...kalo ini mah saya doyan banget. Sayangnya jatah pijat di kampung saya dibatesin, cuma 3 kali selama masa nifas. Pas pulang dari RS, pas udel bayu copot (istilah di sini, pupak) sama pas hari lahir bayi bulan berikutnya (istilah Jawa-nya, selapan). Ah padahal tiap hari juga sih ayuuk ajah! Nah pelengkap saya untuk sesi pijat ini adalah Minyak Zaitun dari Mustika Ratu. Dijembrengin dikit ya info produknya :



Mustika Ratu Minyak Zaitun (Olive Oil)
Menjaga Kelembutan Kulit Kering dan untuk Pijat

Terbuat dari minyak zaitun, serta aromatic essentia Rose dan Jasmine oil berguna untuk perawatan kulit badan dan untuk pijat. Baik digunakan sebagai pelembab untuk melembutkan kulit kering dan bersisik, agar kulit tampak halus dan lembut. Mengandung buah Mojokeling untuk membantu menyegarkan kulit.

Komposisi :
Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Terminalia Bellerica Fruit, Jasminum Offiicinale Flower Oil, Rosa Damascena Flower Oil, Tocopheryl Acetate, CI 61566
Netto 175 ml
POM NA 18110101692


Selain bisa dipake jadi minyak pijat, biasanya sih saya campur bubuk kopi buat scrub (awalnya sih dulu saya pake EVOO - Extra Virgin Olive Oil, sayangnya di swalayan langganan saya gak ada... jadi ya uda pake ini aja sekalian)



Nah itu aja sih perawatan yang berusaha rutin saya kerjain. Hehe... Semangat Mamah-mamah Sehat!!!

*bingung bikin closing postingan*

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template