Monday, December 01, 2014

(mommies journal) Lagi-lagi Problem ASI, Lagi-lagi 'Kuning'

Balada mau ngasih ASI eksklusive itu ya adaaa...aja! Mulai dari hari 1-3 yang dikatain:
"Loh kok ASI-nya masih dikit?" atau "Udah bikinin aja sufor daripada bayinya laper," dll yang pokoknya sering bikin pusing. Di satu sisi secara teori ASI yang dimiliki ibu pasti mencukupi kebutuhan anaknya, dan di awal masa melahirkan memang rata-rata ASI masih sedikit karena lambung bayi pun masih seukuran kelereng. Tapi di sisi lain kok ya bayi rewel kaya laper terus. Ditambah kok sepertinya kulitnya mulai kuning ya? Jadi keinget jaman Na dulu, sebel banget udah Na harus ambil darah bolak-balik (kasian kan sakit), nginep di RS, masih pula harus minum sufor gara-gara suster bilang ASIP yang saya setor masih kurang... werrr!

Eh lha ini keulang lagi. Baby Ka kuning. Dan pas pula ketauan dokter soalnya kuningnya pas jadwal kontrol ke dokter anak. Langsung deh harus 'nginep' di sana. Hanya bedanya RS ini sangat pro-ASI. Jadi dokter dan suster di sana lebih mempersuasi saya untuk memompa ASI terus-menerus saat saya mulai 'putus asa' dan berniat memesan sufor untuk baby Ka. Iya sih, saya jadi inget, emang kunci kuningnya bayi cepet ilang ya harus minum yang banyak sih. Kalo kata orang tua juga sama dijemur. Malah kalo bidan desa biasanya masih menoleransi sampai 14 hari. Dan memang perawatannya cukup simpel, dijemur dan disusui sebanyak mungkin. Lebih hemat (iya lah, secara 24 jam sinar aja habis hampir sejeti ~___~). Trus saya kadang jadi galau, "Kalo bisa dijemur aja di rumah kenapa gue harus nginep di RS???"
*emosi*
*sambil tetep mompa ASI dan ngunyah kacang di pojokan*
Untunglah cuma semalem baby Ka disinar, abis itu pulang deh. Apalagi ASI saya udah banyak dooong #sombong.

Begitu deh rasanya sebel ya, tapi ya mungkin saya bisa ambil hikmah yang lain, seperti pelajaran sabar.

Baby Ka, sehat selalu yaaaaa...!!!


0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template