Friday, August 05, 2016

(random note) Membandingkan Cinta : Dulu & Sekarang

Kali ini nulis tema tentang percintaan, hihihi...tumben ya. Percintaan, tentang dua manusia yang tentu tidak jauh dengan isu cinta pertama, perselingkuhan, kesetiaan dan komitmen. 

Awalnya saya teringat film yang sempat booming beberapa bulan lalu, AADC 2. Meneruskan film pertamanya, AADC, sekuel kedua menceritakan kelanjutan kisah Cinta dan Rangga yang belum usai di film pertama. Setelah hilang kontak 14 tahun dan bahkan Cinta sudah bertunangan dan akan menikah, pertemuannya dengan Rangga membuyarkan rencana tadi dan di ending cerita si Cinta kembali ke Rangga. Kalau kata penonton filmnya sih ini cinta yang belum usai lalu bersatu lagi gitu (hahaha, mohon maaf sebenernya saya kagak nonton kedua film ini). 




Yang bikin tertarik sih saya mengingat perdebatan penonton. Ada yang pro, bahwa percintaan yang belum usai tapi kalau memang cinta sejati tentu tak akan terlupakan meskipun bertahun tidak bertemu (walopun saya berpikir keras juga sih, kalau 14 tahun terhitung sejak SMA dan umur udah 32 tahun, bisa diceramahin ortu terus umur segitu kagak mau dikawinin hehehe). Intinya yang pro ini setuju kalau Cinta ya harus balikan sama Rangga, soalnya ini cinta sejatinya. Sedangkan yang kontra sebaliknya, menghujat Rangga yang dituding merebut tunangan orang dan Cinta yang selingkuh, uda punya tunangan kok sempat-sempatnya jalan sama pria lain...mana jalannya sama 'mantan' pula? Tega amat sama tunangannya ya? Apalagi si Rangga juga, lha kalau suka kok cemen amat ninggalin wanita yang dicintainya belasan tahun, wew, sumpeh loe itu yang namanya cinta? 

hayooo, deketin tunangan orang yaaa Kak?

Kalau saya, posisi saat ini tentunya ikutan yang kontra dong. Buat saya pernikahan itu bukan main-main, dan bukan sekedar masalah perasaan cinta semata. Apalagi setelah tahu kalau di dalam Islam, wanita yang sudah menerima pinangan pria dilarang untuk dipinang orang lain. Jadi menurut saya kalau udah tahu ada yang tunangan ya jangan dideketin lagi, kagak boleh tuh!

Pria sejati itu, menurut saya juga semestinya berani dong ngelamar wanita yang disukai saat sudah mampu. Dalam artian umur cukup, mampu mencari nafkah untuk keluarga, dll. Jadi kalau ngediemin wanita sebegitu lama (14 tahun kayaknya luamaaa banget ya? berasa KPR-an) menurut saya gimana gitu, hihihi.

Selain itu setelah mengarungi bahtera rumah tangga, saya jadi ngeh bahwa pernikahan itu tidak sekedar butuh cinta saja. Ya, mungkin benar cinta yang mempertemukan saya dan mas Suami tercinta. Tapi untuk menjaga pernikahan, ternyata butuh komitmen, rasa tanggung jawab, kesadaran hak & kewajiban sebagau suami-istri serta yang paling penting butuh ketaqwaan tinggi. Sehingga bukan asal ada "ketidakcocokan pasangan" bisa sebegitu mudahnya minta cerai. Walah, lha wong perjanjian nikahnya aja di depan Allah, minta izin ke Tuhan lho, jadi gak main-main lah ya.

Namun lucunya saya mendadak teringat film lain dengan cerita sejenis, judulnya Cintapuccino. Nah kalau yang ini dulu saya cuiiinta mati sama filmnya, sama buku novelnya juga, sama artisnya (Sissy Prissilia) juga. Hihihi, sampe saya terobsesi pengen punya rambut kaya dese...hmm! 

pengen banget punya rambut dan body kaya mbak Sissy di film ini...sekarang sih saya sama mbak Sissy udah samaan, emak-emak beranak dua!


novelnya bahkan sudah saya khatamin jauh sebelum filmnya muncul

Saat saya masih di zaman itu, baca novel masih SMA dan lagi heboh-hebohnya pengen merasakan "jatuh cinta", saya serasa paham perasaan Rahmi yang jatuh cinta dan terobsesi dengan Nimo. Nginthilin ekskul apapun yang diikuti si kakak kelas, bahkan memilih kuliah dengan jurusan yang sama pun dilakukan untuk membuat obsesi "dicintai Nimo" berhasil. Kemudian setelah berada di masa dunia kerja, Rahmi sudah merasa gagal dan memilih membuka lembaran baru dan menerima Raka sebagai tunangannya. Eh lha malah si Nimo nongol lagi (belum tahu sih kalau Rahmi udah tunangan) dan berkata bahwa selama ini, semenjak sekolah sebenarnya dia menyukai Rahmi. Lha, sebagai cewek tentu saya pernah di posisi mirip, suukaaa banget sama cowok dan berharap di dia pun bakalan naksir saya ya, hihi, bayangan saya kalau kesampaian mah rasanya kayak dapar bulan runtuh deh (lebay, alay, maapkeun ya pemirsa). Tapi memang begitulah perasaannya, semacam pas mas Suami akhirnya nembak saya, buahahahaaa....seneng buanget! (buka kartu dah). 

kalau masih seumur gini mah, bisa jejeran sama gebetan hepi-nya to the moon and back deh wakaka

Walau pas nonton film ini saya juga kebayang gimana perasaan Raka yang memilih memutuskan pertunangannya karena ingin melihat Rahmi bahagia dengan Nimo (mirip kan sama Trian yang akhirnya membiarkan Cinta kembali ke Rangga?). Tapi ada juga sih yang bilang, "ya sebagai pria gentleman kalau udah tahu pasangannya ternyata masih memendam cinta ke pria lain ya lebih milih ngelepasin aja lah, ngapain juga mertahanin orang yang pikiran dan hatinya ke orang lain, gengsi juga kali"  dan it's ok ada benarnya juga lho. Pasti si pria milih pergi dan melanjutkan hidup dengan wanita lain saja.

Kalau gitu yang salah siapa? Tentunya Rangga dan Nimo ya, haha... nongol di waktu yang salah. Kalau suka cewek buruan ditembak dong!  Jangan hobi bikin baper dan PHP cewek aja. 
Atau yang salah penontonnya ya, ngapain film, sesuatu yang fiksi dibahas-bahas, hahaha.

Intinya, kembali ke awal saya jadi ngeh sama diri sendiri. Ternyata beda ya, pemikiran anak yang masih berharap jatuh cinta sama emak-emak yang udah sibuk ngurusin bocah, haha. Mungkin sudah lebih realistis. Yang cinta sejati itu adalah...siapa yang berani minta gue ke ortu gue lah ya, bukan yang cuma ngarep di belakang kagak bilang-bilang. Dan yang paling benar memang ternyata menjalankan apa yang diajarkan agama lho, mencintai seseorang karena kamu mencintai Allah. Jadi pilih jodoh itu juga yang sama-sama cinta Allah, karena kalau hanya mengandalkan cinta sesama manusia saja, tidak akan terlalu kuat menjalani pernikahan yang berlangsung seumur hidup (jangan pakai opsi cerai ya). Selain itu memahami juga, kalau belum menikah harus hati-hati sekali menjaga pandangan, bukan muhrim! 

Hehe, malah jadi serius. Oke lah ya, sekian dari saya. Yang jelas, lagu ini jadi mengalun di hati saya kembali... 

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template