Monday, April 18, 2016

(book pick) Resensi #13 : Lion Boy ~ Petualangan Dimulai (Buku I)

Buku ini ditulis oleh Zizou Corder. Dari namanya saya kira penulisnya laki-laki. Ternyata itu hanya nama pena, karena penulisnya seorang anak dibantu ibunya, Louisa Young & Isabel Adomakoh Young. Hehehe, dan Zizou itu nama kadal peliharaan mereka. 



 Berikut mengenai buku Lion Boy

Buku I : LION BOY - Petualangan Dimulai
by Zizou Corder, 2003
alih bahasa B. Sentra Tanuwidjaja
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN 979-22-2274-x
228 halaman

Blurb

Petualangan Liar dan Persahabatan yang Luar Biasa

Charlie Ashanti mampu berbicara bahasa Kucing. Ia menganggap kemampuan itu biasa saja - tapi saat ibu dan ayahnya menghilang, ia hanya bisa mengandalkan kucing. Dengan tekad menemukan orangtuanya, diam-diam Charlie menumpang kapal sirkus besar yang berlayar ke Paris. Di kapal ia bertemu enam singa angkuh yang butuh bantuannya. Dengan bahaya mengancam dan ketidakpastian membentang di depan, mereka bersama-sama menempuh petualangan terhebat sepanjang masa.

<

SINOPSIS & REVIEW


Buku ini menceritakan Charlie, anak pasangan ilmuwan Aneba dan Magdalena - percampuran kulit putih dan Afrika yang punya kemampuan spesial, mampu berbicara bahasa Kucing (termasuk kerabatnya kucing, macan!). Konon ini didapatkannya karena saat kecil ketika terluka darah Charlie terpercik ke kulit anak macan terluka yang sedang ditolong ayah Charlie di hutan, dan sebaliknya darah anak macan itupun terpercik ke luka Charlie. Mungkin 'pertukaran darah' ini yang membuat Charlie dan bangsa kucing saling memahami.

Suatu ketika orang tua Charlie menghilang. Dan Charlie hanya mendapat surat berisi pesan rahasia dari ibunya (ya, inilah yang membuat yakin ada yang tak beres dari menghilangnya orang tuanya). Berbekal tas dan beberapa obat penting ciptaan ibunya, Charlie berkelana setelah hampir diculik Rafi (ini juga dicurigai Charlie sebagai anggota komplotan penculik ayah ibunya) serta sebuah perkamen -yang ternyata amat berharga. Saat itu pula Charlie mendapat pesan dari para kucing, bahwa orangtuanya diculik dan dibawa ke Paris. Sehingga Charlie menumpang sebuah kapal sirkus besar, Circe demi dapat sampai di Paris.



Di dalam Circe, Charlie akhirnya dipercaya sebagai asisten pawang singa, Moccomo. Moccomo memiliki enam singa yang dilatih untuk pertunjukan. Saat Charlie bercakap-cakap dengan salah satu singa, dari situlah Charlie tahu bahwa keenam singa merasa tak berdaya dan jemu berada di sirkus. Mereka merindukan kampung halamannya!
Sejak itulah misi Charlie bertambah, mencari orang tuanya dan membebaskan singa di Circe! 



Pada hari sesampainya rombongan sirkus tiba di Paris, maka misi Charlie pun dimulai. Para kucing di Paris mengabarkan bahwa orang tua Charlie sedang menuju Venesia. Maka Charlie pun berusaha mencapai Venesia sambil membawa keenam singa itu. Ya, dengan cara yang pastinya kalian akan takjub kalau membaca buku ini, maka Charlie, 6 singa ditambah seekor singa asing akhirnya dapat menyusup ke Orient Express, ke gerbong eksekutif khusus dimana Raja Bulgaria, Boris ditempatkan.


Apa reaksi Raja Boris dengan tamu asing di gerbongnya? Setelah menjelaskan penjelasan Charlie, rupanya sang Raja malah berbaik hati menutupi penyusupan ini dari petugas kereta, dan malah berjanji akan memberikan singa tempat tinggal di Venesia. 

Bagaimana cerita selanjutnya? Apakah Charlie akan menemukan orang tuanya? Apakah para singa dapat menemukan kebebasan yang mereka impikan?

Eh ternyata ini ada di buku II, kelanjutannya... Jadi tunggu di postingan selanjutnya ya!

Tapi saya bisa sedikit review mengenai buku Lion Boy sedikit nih. Untuk ukuran anak-anak yang membuat buku petualangan ini, tentu Isabel hebat sekali memiliki ide petualangan seorang anak kecil dengan para hewan. Imajinatif! Di buku ini selain menceritakan keluarga Charlie,  banyak sekali diceritakan detail soal sirkus. Ya, menurut saya rombongan sirkus amatlah unik. Bagaimana rombongan dapat hidup nomaden untuk mencari pendapatan, dengan melakukan keterampilan yang tentunya amazing dan unik. Seperti melakukan akrobat, berjalan di atas tali tinggi, melatih keterampilan hewan, menari, dll. Kalo saya sih herrr ngeri ya, gimana itu belajarnya sampe bisa ahli? Heheheee...

Selain,itu di buku ini terdalat beberapa diagram peta yang cukup membantu pembaca dalam menginajinasikan jalan cerita. Gimana sih besarnya Circe? Gimana sih bentuk Orient Express dan alur rute sembunyi para singa? Nah, terima kasih pada Fred van Deelen...saya amat suka tambahan ilustrasi seperti ini. Bagus, dan bikin seru! Selain itu bahkan ada musik-musik (yang kalau dimainkan) bisa semakin menajamkan gambaran jalan cerita saat kita membaca lho, komposisi ini dibuat oleh Robert Lockhart. Keren ya,





Karena baru buku pertama tentu harus lanjut buku kedua untuk bisa melanjutkan bahasan ini. Ayo ke postingan selanjutnya!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template