Friday, June 21, 2013

(our family story) Tempe Goreng Tepung yang Gagal (Total)

Saya dan suami sama-sama pecinta tempe goreng tepung, tempe mendoan, tempe goreng biasa, tumis tempe (khususnya saya), dkk tempe yang lain. Saya juga (kadang) jago sih bikin tempe goreng tepung. Makanya tadi pagi saya berniat memasak tempe goreng tepung tsb. Biasanya komposisi idealnya adalah : tepung terigu, tepung bumbu (kemasan) -biar kress-, sedikit tepung kanji, irisan daun bawang atau irisan cabai hijau kecil (ini kreatif saya sendiri lho). Tapi karna buru-buru jadinya yang saya pakai hanya trio tepung itu saja tanpa yang lain. Dan hasilnya...



Gagal saudara-saudara! Hiks, sedih banget saya. Ampe saya bongkar tepung-nya untuk mengetes kadar kelembekannya.

Jadi ceritanya ternyata ini salah komposisi. Saya kebanyakan pakai tepung kanji. Tapi ya oke-lah itu seni memasak. Kalau gagal senengnyaa bukan main (plus perut kenyang), kalau gagal juga pengen mewek (soalnya makanan kalau ga dimakan langsung dibuang kan sayang bangeet). Huff...

Buat catatan (diri sendiri), maka ternyata memasak tempe goreng tepung harus memperhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Usahakan minyak penuh di wajan sehingga posisi tempe tenggelam (kalau mau hemat minyak, pakai wajan kecil aja... kalau pakai wajan besar ya gapapa sih, tapi kayaknya itu better untuk tukang gorengan yang goreng dalam jumlah besar).

2. Tempe masuk dalam kondisi saat minyak sudah panas ya, karena kalau enggak panas, biasanya crunchy-nya kurang gimana gitu...

3. Bahan baku saya sebenarnya udah bener (apabila lengkap), sayangnya saya enggak lengkap membuat adonan tepungnya, ditambah lagi komposisi yang salah (terlalu banyak tepung kanji bikin lembek). Oh ya, kalau suami saya sih suka kalau ada irisan cabai hijaunya, katanya bikin aroma lebih mantap!

Ntar deh mungkin kalau lain kali sukses bikin tempe goreng tepung-nya akan saya posting fotonya. (Maklum kalau pas bikin enak uda keburu abis duluan sebelum inget nge-fotoin!. hohoho -pede abis-)


NB : Ini postingan pertama saya soal masakan, hehe... biarpun gagal tetap posting! Semangat!

0 komentar:

Post a Comment

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template