Wednesday, June 19, 2013

(mommies journal) Hikmah dari Para Ibu Tetangga

Semenjak saya menjadi SAHM (stay-at-home-mother), maka saya mengisi hari dengan menemani baby Na di rumah. Salah satu agenda 'penting' bagi baby Na (kalau gak terlaksana nih baby jadiya ngambek) adalah nyamperin tetangga (baca : geng bayi) di belakang rumah (soalnya di gang saya populasi bayi dan anak kecil gak sebanyak belakang rumah). Jadilah (hampir) setiap sore seusai mandi saya dan baby Na mampir ke belakang rumah. Sekedar melihat anak seusia TK-SD yang asyik naik sepeda, para balita yang disuapin ibunya, serta bayi di bawah 1 tahun yang dipangku ibunya (nah, saya jadi salah satu member yang ini nih). Dan asyiklah kami (sesama ibu) saling bercerita mengenai banyak hal, mulai mengasuh anak, pekerjaan ato suami, keuangan dan lain-lain.


Tapi, kalau saya jadinya lebih banyak diam sih pada akhirnya (mentok bilang iya cuma mesem aja). Apalagi kalau yang diobrolin seperti ini,

1. Saya pake susu formula merk X yang harga segini, eh begitu ganti merk Y yang lebih murah anak saya gak mau... (Duh ibu, kasihan itu bayinya masi belum setaun aja uda dicekokin susu formula. Lah dirimu kenapa gak mau nyusuin? *posisinya si ibu masih muda dan bayi ini adalah anak pertamanya, jadi saya gak yakin kalau ASI-nya ga ada*. Ingin saya teriak kalau sufor banyak gula-nya. Mom-breastmilk is the best!)

2. Wah, abis ini anak saya uda mau setaun ASI eksklusif (atau lebih dari 6 bulan), ntar deh saya campur sama susu formula. (Wah, sayang ibu...cukup ASI + MPASI saja kalau ASI-nya lancar.  Dan kalau pengen nambah susu, sebenernya susu UHT lebih sehat daripada susu formula bubuk).

3. Ngapain pendidikan tinggi-tinggi ujung-ujungnya di rumah? (Loh, justru karena berujung mendidik anak maka seseorang harus berada di posisi terdidik.)

Namun, ada juga (banyak) pelajaran yang bisa saya petik dan mengingatkan saya untuk lebih semangat.

1. Anak saya pakai popok sekali pakai cuma kalau pergi, di rumah ya gak pakai apa-apa. Biarin pipis ini namanya juga masih kecil, paling cucian aja sih yang numpuk. (Karena diucapkan oleh ibu yang punya anak lebih dari satu, maka bikin saya *mak-jleb*. Saya cuci pakai mesin cuci, ada ART yang bantu jemur-setrika, eh masa baby Na lebih banyak pake dispo di rumah! Emang sih seminggu ini belajar pakai clodi juga. Yah, semoga saya bisa meneladani ibu satu ini.)

2. Wah, ngalah ya demi anak (resign dari kerjaan, red). Tuh sekarang dedek-nya lebih ceria dan gemuk. Kalau masih kecil kaya gini emang anak nomer satu yang dipikirin. (Alhamdulillah kalau yang ini.... makasih dukungannya ya Bu. *peluk*)

3. Main ke pasar malam depan kompleks perumahan yuk! Dekat ini tinggal jalan kaki. (Menohok saya yang biasanya merengek pengen nge-mall atau pergi keluar kota yang bakalan borosin uang jajan, sementara keluarga lain bisa bahagia dengan cara sederhana dan bersahaja).

Ilmu memang bisa didapat dari mana saja ya?


2 komentar:

  1. Saya suka sama artikel mbak tentang hikmah dari para ibu tetangga, hehe..Saya sebagai seorang single parents memang harus bekerja, jadi terkadang kalau ada waktu untuk berkumpul dengan geng tetangga, jadi mesam mesem sendiri dan bingung harus bilang apa..salam sukses bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir baca hehehe... maaf jarang buka pake PC jadi jarang bales komen... sukses juga ya bu!

      Delete

thanks for stopping by

 
catatan Miss Putri Blogger Template by Ipietoon Blogger Template